RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.9
Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
4.3.8
Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.
Bahasa
Indonesia
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
4.5.9
Menemukan makna hidup rukun dalam
kegiatan pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak.
SBdP
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda
birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5.1
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola
irama yang bervariasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan memilih judul lagu dari daftar yang disediakan,
siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan percaya diri.
¡ Dengan menyanyikan lagu yang dipilih, siswa dapat
menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan
percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna
hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan makna hidup
rukun dalam pemungutan suara untuk memilih pendapat terbanyak dengan teliti.
¡ Dengan membaca isi laporan, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
¡ Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Lagu anak-anak dengan pola irama bervariasi.
¡ Pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik
ritmis.
¡ Makna hidup rukun.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan kegemaran.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati berbagai judul lagu yang akan dinyanyikan
dengan teliti (mengamati).
§
Bertanya jawab tentang judul lagu yang terdapat dalam
tabel (menanya).
§
Siswa memilih judul lagu yang terdapat dalam tabel
melalui suara terbanyak (menalar).
§
Siswa membuat syair lagu pilihan terbanyak dengan tulisan
tegak bersambung (mengomunikasikan).
§
Siswa menyanyikan lagu pilihannya dengan gerakan tepuk
tangan (mencoba).
§
Siswa mengamati gambar kegiatan menari secara berpasangan
(mengamati).
§
Siswa secara berpasangan menari dengan gerakan yang
menarik ketika menyanyikan lagu pilihan (mencoba).
§
Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan
tarian secara berpasangan.
§
Siswa menanggapi berbagai pernyataan teman yang
disampaikan secara lisan (mengomunikasikan).
§
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi yang
terdiri atas 3 sampai 5 orang siswa.
§
Siswa menjawab pertanyaan pada bukunya secara berkelompok
(menalar dan mengomunikasikan).
§
Guru perlu memberikan tata cara berdiskusi dengan bahasa
yang santun.
§
Guru membimbing siswa memperoleh simpulan hasil diskusi
dengan cara membantu siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
didiskusikan.
§
Guru mengarahkan siswa menjelaskan makna hidup rukun
dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§
Guru selanjutnya mengarahkan siswa menemukan makna hidup
rukun dalam pemungutan suara (menalar).
§
Siswa membuat kesimpulan hasil diskusinya
(mengomunikasikan).
§
Siswa membuat laporan hasil diskusi dengan petunjuk dan
format yang dibimbing guru (mengomunikasikan).
§
Siswa melengkapi teks bacaan rumpang secara mendiri
(mencoba).
§
Setelah melengkapi teks bacaan, siswa membaca teks dengan
bahasa yang santun.
§
Siswa diarahkan menemukan makna yang terkandung
berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
§
Siswa diarahkan menerima keberagaman teman berdasarkan
makna dari teks yang dibaca.
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
§
Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar gerakan anak-anak menari berpasangan
¡ Teks laporan kejadian pemilihan lagu
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok tentang
kerukunan
Kunci Jawaban
1. Sedikit kecewa dan sedih
2. Mengungkapkan rasa senang dengan sewajarnya dan member
pengertian kepad
3. Harus berlapang dada menerima kekalahan
4. Rasa saling menghargai dan menghormati
5. Disesuaikan dengan hasil diskusi
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan diskusi kelompok
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
4. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
5. Disesuaikan dengan jawaban
siswa
c. Melengkapi teks cerita rumpang
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban
siswa.
3. Keterampilan
a. Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Syair Lagu Menggunakan Huruf Tegak
Bersambung
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penulisan huruf
|
Seluruh syair telah ditulis sesuai bentuk penulisan huruf
tegak bersambung yang benar
|
Terdapat 1-2 huruf yang belum tepat penulisannya
|
Lebih dari 2 huruf belum tepat penulisannya
|
Belum mampu menulis tegak bersambung
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas, rapi, dan bersih
|
Tulisan jelas, tetapi kurang rapi atau bersih
|
Tulisan kurang jelas
|
Tulisan tidak bisa dibaca
|
b. Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Membuat Laporan Kelompok tentang Pemilihan Lagu di Kelas
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kelengkapan isi laporan
|
Isi laporan lengkap
|
Terdapat 1 komponen yang tidak tertulis pada laporan
|
Terdapat 2-3 komponen yang tidak tertulis pada laporan
|
Lebih dari 3 komponen tidak tertulis pada laporan
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas, rapi, dan bersih
|
Tulisan jelas, tetapi kurang rapi atau bersih
|
Tulisan kurang jelas
|
Tulisan tidak bisa dibaca
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar