RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda
birama tiga pada alat musik ritmis.
4.7.1
Membuat lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna.
4.7.2
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
Bahasa
Indonesia
3.5.9
Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman.
4.5.6
Menemukan peran permintaan maaf terhadap
sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
Matematika
3.1.5
Menentukan nilai tempat bilangan
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan menyanyikan lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat
membedakan pola irama lagu dengan alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡ Dengan mengikuti teks lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat
membuat syair lagu anak-anak sederhana sesuai irama lagu “Di Sini Senang di
Sana Senang” dengan bahasa yang santun
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu yang
telah dibuat sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan percaya
diri.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengelompokkan
contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡ Dengan bermain peran, siswa dapat menemukan peran
permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan
teliti.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menentukan nilai tempat
bilangan dengan teliti.
¡ Dengan membaca teks bacaan dan penugasan, siswa dapat
menentukan pola-pola bilangan sederhana kurang dari 100 dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik
ritmis.
¡ Membuat lagu anak-anak sederhana.
¡ Menyanyikan lagu anak-anak sederhana.
¡ Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun.
¡ Bermain peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
¡ Menentukan nilai tempat bilangan.
¡ Menentukan pola-pola bilangan.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati teks lagu “Naik Sepeda” dengan teliti
(mengamati).
§ Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu “Naik Sepeda”
sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengamati).
§ Guru memberi contoh beberapa lagu dengan pola irama bervariasi
pada alat musik ritmis.
§ Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama
bervariasi pada alat musik ritmis (menalar).
§ Siswa memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama
pada beberapa lagu menggunakan alat musik ritmis dengan teliti (mengamati).
§ Siswa menyanyikan lagu naik sepeda dengan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mencoba).
§ Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama
bervariasi pada alat musik ritmik dengan teliti (menalar).
§ Siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna dengan menggunakan sebuah irama lagu dengan percaya
diri (mencoba).
§ Guru membimbing siswa agar menuliskan syair lagu dengan
bahasa yang santun.
§ Siswa kemudian diarahkan untuk menyanyikan lagu yang
telah dibuat (mengomunikasikan).
§ Siswa membaca teks bacaan mengenai hidup rukun
(mengamati).
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
tenatng hidup rukun (menalar).
§ Siswa membuat teks percakapan yang berisi tentang
permohonan maaf (mencoba).
§ Siswa memperagakan teks percakapan yang dibuat di depan
kelas (mencoba).
§ Siswa mengamati gambar mengenai nilai tempat (mengamati)
§ Siswa mengisi tabel mengenai nilai tempat (menalar)
§ Siswa membaca teks bacaan tentang alamat rumah yang
memuat lambang bilangan (mengamati)
§ Siswa mengamati pola bilangan (mengamati)
§ Guru menjelaskan kepada siswa cara berdiskusi dengan
baik.
§ Siswa berdiskusi tentang kerukunan (mengomunikasikan).
§ Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§ Siswa menyimpukan pelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Contoh
teks lagu “Naik Sepeda”
¡ Gambar
cara menentukan nilai tempat
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menuliskan pendapat tentang hidup rukun
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. Menurutku, sebaiknya udin menolong edo menyelesaikan
tugasnya.
2. Menurutku, sebaiknya udin meminta maaf Edo kerena
tidak bisa membantunya
3. Menurutku, sebaiknya Edo memaafkan Udin
b. Melengkapi Tabel Tentang Nilai Tempat
Jumlah Soal: 2 Soal
Kunci Jawaban:
No.
|
Bilangan
|
Angka
|
Nilai Tempat
|
Nilainya
|
1.
|
163
|
1
|
Ratusan
|
100
|
6
|
Puluhan
|
60
|
||
3
|
Satuan
|
3
|
||
2.
|
274
|
2
|
Ratusan
|
200
|
7
|
Puluhan
|
70
|
||
4
|
Satuan
|
4
|
c. Melengkapi pola bilangan
Jumlah Soal: 1 Soal
Kunci Jawaban:
1. Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
2. Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
4. Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
5. Jawaban beragam
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Keterampilan
a. Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kesesuaian syair dengan tema (sikap saling memaafkan)
|
Seluruh isi syair sesuai tema
|
Setengah atau lebih isi syair sesuai dengan tema
|
Hampir keseluruhan isi syair kurang sesuai dengan tema
|
Syair tidak sesuai tema
|
2
|
Kesesuaian syair dengan irama lagu
|
Seluruh kalimat pada syair sesuai dengan irama lagu
|
Terdapat 1-2 kalimat pada syair yang kurang sesuai dengan
irama lagu
|
Lebih dari 2 kalimat pada syair kurang sesuai dengan
irama lagu
|
Seluruh kalimat pada syair tidak sesuai dengan irama lagu
|
Membuat Teks Percakapan Tentang Permohonan Maaf
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membuat Teks Percakapan Permohonan Maaf
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan
gambar
|
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan
gambar
|
Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan
urutan gambar
|
Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan
urutan gambar
|
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar