Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 2 (Hidup Rukun dengan Teman Bermain) Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 2                   :     Hidup Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe           :     3
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7    Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.2.2   Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.7.1   Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
4.7.2   Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.

Bahasa Indonesia
3.5.9   Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6   Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

Matematika
3.1.5   Menentukan nilai tempat bilangan
4.1.1   Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan menyanyikan lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat membedakan pola irama lagu dengan alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡  Dengan mengikuti teks lagu “Naik Sepeda”, siswa dapat membuat syair lagu anak-anak sederhana sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan bahasa yang santun
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu yang telah dibuat sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan bermain peran, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menentukan nilai tempat bilangan dengan teliti.
¡  Dengan membaca teks bacaan dan penugasan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana kurang dari 100 dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
¡  Membuat lagu anak-anak sederhana.
¡  Menyanyikan lagu anak-anak sederhana.
¡  Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun.
¡  Bermain peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
¡  Menentukan nilai tempat bilangan.
¡  Menentukan pola-pola bilangan.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati teks lagu “Naik Sepeda” dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu “Naik Sepeda” sesuai irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengamati).
§  Guru memberi contoh beberapa lagu dengan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
§  Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis (menalar).
§  Siswa memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama pada beberapa lagu menggunakan alat musik ritmis dengan teliti (mengamati).
§  Siswa menyanyikan lagu naik sepeda dengan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mencoba).
§  Siswa diminta membedakan pola irama rata dan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik dengan teliti (menalar).
§  Siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan menggunakan sebuah irama lagu dengan percaya diri (mencoba).
§  Guru membimbing siswa agar menuliskan syair lagu dengan bahasa yang santun.
§  Siswa kemudian diarahkan untuk menyanyikan lagu yang telah dibuat (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca teks bacaan mengenai hidup rukun (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan tenatng hidup rukun (menalar).
§  Siswa membuat teks percakapan yang berisi tentang permohonan maaf (mencoba).
§  Siswa memperagakan teks percakapan yang dibuat di depan kelas (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar mengenai nilai tempat (mengamati)
§  Siswa mengisi tabel mengenai nilai tempat (menalar)
§  Siswa membaca teks bacaan tentang alamat rumah yang memuat lambang bilangan (mengamati)
§  Siswa mengamati pola bilangan (mengamati)
§  Guru menjelaskan kepada siswa cara berdiskusi dengan baik.
§  Siswa berdiskusi tentang kerukunan (mengomunikasikan).
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§  Siswa menyimpukan pelajaran dengan bahasa sendiri.

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Contoh teks lagu “Naik Sepeda”
¡  Gambar cara menentukan nilai tempat


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menuliskan pendapat tentang hidup rukun
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. Menurutku, sebaiknya udin menolong edo menyelesaikan tugasnya.
2. Menurutku, sebaiknya udin meminta maaf Edo kerena tidak bisa membantunya
3. Menurutku, sebaiknya Edo memaafkan Udin

b. Melengkapi Tabel Tentang Nilai Tempat
Jumlah Soal: 2 Soal
Kunci Jawaban:
No.
Bilangan
Angka
Nilai Tempat
Nilainya
1.
163
1
Ratusan
100
6
Puluhan
60
3
Satuan
3
2.
274
2
Ratusan
200
7
Puluhan
70
4
Satuan
4

c. Melengkapi pola bilangan
Jumlah Soal: 1 Soal
Kunci Jawaban:
1. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
2. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
4. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)
5. Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa)

3.   Keterampilan
a. Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Membuat Syair Lagu dengan Kata-kata Sendiri
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Kesesuaian syair dengan tema (sikap saling memaafkan)
Seluruh isi syair sesuai tema

Setengah atau lebih isi syair sesuai dengan tema

Hampir keseluruhan isi syair kurang sesuai dengan tema
Syair tidak sesuai tema

2
Kesesuaian syair dengan irama lagu

Seluruh kalimat pada syair sesuai dengan irama lagu

Terdapat 1-2 kalimat pada syair yang kurang sesuai dengan irama lagu
Lebih dari 2 kalimat pada syair kurang sesuai dengan irama lagu
Seluruh kalimat pada syair tidak sesuai dengan irama lagu


Membuat Teks Percakapan Tentang Permohonan Maaf
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Membuat Teks Percakapan Permohonan Maaf
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.

Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik

Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

2
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar

Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar

3
Penulisan

Penulisan kata sudah tepat

Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya

Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.

4
Penggunaan kalimat yang efektif

Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif

Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif

Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar