Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke          :     2
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3    Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3    Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.2    Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.

Matematika
3.5    Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10       Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.3.2 Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.

PPKn
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
3.2.5 Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

Matematika
3.5.2 Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam.
4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam

PJOK
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar gerakan pemanasan, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
¡  Dengan memperhatikan gambar gerakan pemanasan, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan disiplin.
¡  Dengan memperhatikan gambar gerakan pendinginan, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan disiplin.
¡  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang tidak boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan disiplin.
¡  Dengan menentukan kegiatan yang diperbolehkan, siswa dapat menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡  Dengan menentukan kegiatan yang tidak diperbolehkan, siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar berbagai pilihan kegiatan Siti, siswa dapat menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan gambar berbagai pilihan kegiatan Siti, siswa dapat berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan dengan cermat.
¡  Dengan memilih media gambar berbagai pilihan kegiatan Siti, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati media gambar berbagai pilihan kegiatan Siti, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam secara percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam dengan cermat.
¡  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis dengan percaya diri.
¡  Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
¡  Menceritakan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
¡  Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
¡  Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
¡  Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
¡  Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari dengan cermat.
§  Siswa mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar berbagai gerakan pemanasan (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar berbagai gerakan pendinginan (mengamati).
§  Siswa menanya tentang lari pagi (menanya).
§  Siswa menanya tentang gerakan yang dilakukan Siti (menanya).
§  Siswa menanya tentang manfaat pemanasan (menanya).
§  Siswa menanya tentang pendinginan (menanya).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengumpulkan informasi).
§  Siswa memperhatikan gambar berbagai kegiatan Siti (mengamati).
§  Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§  Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§  Siswa mengelompokkan kegiatan yang tidak boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§  Siswa memberikan tanda centang (P) pada kegiatan yang diperbolehkan sebelum melakukan lari (mengasosiasi).
§  Siswa memberikan tanda silang (P) pada kegiatan yang tidak diperbolehkan sebelum melakukan lari (mengasosiasi).
§  Siswa menceritakan kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan sebelum berlari (mengomunikasikan).
§  Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan lari tanpa persiapan dan pemanasan (mengasosiasi)
§  Siswa mengamati gambar kegiatan Siti di rumah (mengamati).
§  Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa memberikan tanda centang () untuk kegiatan yang menunjukkan tugas sesuai tata tertib (mengasosiasi).
§  Siswa memberikan tanda silang () untuk kegiatan yang menunjukkan tugas tidak sesuai tata tertib (mengasosiasi).
§  Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan gambar.
§  Siswa mengingat semua perilaku yang biasa dilakukan dirumah (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis perilaku yang biasa di lakukan di rumah dengan disiplin.
§  Siswa menulis perilaku yang biasa di lakukan di rumah (mengomunikasikan).
§  Siswa menentukan kesesuaian perilaku yang biasa dilakukan dengan tata tertib (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran tubuh dengan percaya diri.
§  Siswa mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran tubuh (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mendiskusikan tentang manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mendiskusikan tentang akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga (mengomunikasikan).

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar kegiatan Siti melakukan kegiatan lari pagi di sekitar rumah.
¡  Gambar gerakan pemanasan, pendinginan, dan gerakan yang perlu dihindari.
¡  Gambar kegiatan Siti sesuai tata tertib.
¡  Gambar jam

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar