RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum
dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan
dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.3.2
Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
PPKn
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
3.2.4
Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
4.2.1
Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
dirumah.
Matematika
3.5.2
Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam.
4.5.1
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
PJOK
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum
melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari
sebelum melakukan aktivitas fisik.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar gerakan pemanasan, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar gerakan pemanasan, siswa dapat
mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik
dengan disiplin.
¡ Dengan memperhatikan gambar gerakan pendinginan, siswa
dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas
fisik dengan disiplin.
¡ Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
mengelompokkan kegiatan yang tidak boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik dengan disiplin.
¡ Dengan menentukan kegiatan yang diperbolehkan, siswa dapat
menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik
dengan percaya diri.
¡ Dengan menentukan kegiatan yang tidak diperbolehkan, siswa
dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar berbagai pilihan kegiatan Siti,
siswa dapat menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar berbagai pilihan kegiatan Siti,
siswa dapat berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan dengan
cermat.
¡ Dengan memilih media gambar berbagai pilihan kegiatan Siti,
siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar berbagai pilihan kegiatan
Siti, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu
tertentu yang berkaitan dengan jam secara percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menentukan lama
suatu kegiatan menggunakan satuan jam dengan cermat.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat
dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan akibat
dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat membacakan teks buku
harian kegiatan keluarga yang telah ditulis dengan percaya diri.
¡ Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan
berbagai kegiatan anggota keluarga dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dan tidak
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
¡ Menceritakan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik.
¡ Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
¡ Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
¡ Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
¡ Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah
ditulis.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati teks bacaan tentang
Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari dengan cermat.
§
Siswa mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan
jogging di pagi hari (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar berbagai gerakan pemanasan (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar berbagai gerakan pendinginan (mengamati).
§
Siswa menanya tentang lari pagi (menanya).
§
Siswa menanya tentang gerakan yang dilakukan Siti (menanya).
§
Siswa menanya tentang manfaat pemanasan (menanya).
§
Siswa menanya tentang pendinginan (menanya).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa
dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengumpulkan informasi).
§
Siswa memperhatikan gambar berbagai kegiatan Siti (mengamati).
§
Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Siswa mengelompokkan kegiatan yang tidak boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Siswa memberikan tanda centang (P) pada kegiatan yang diperbolehkan sebelum melakukan lari
(mengasosiasi).
§
Siswa memberikan tanda silang (P) pada kegiatan yang tidak diperbolehkan sebelum
melakukan lari (mengasosiasi).
§
Siswa menceritakan kegiatan yang diperbolehkan dan tidak
diperbolehkan sebelum berlari (mengomunikasikan).
§
Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan
gerakan lari tanpa persiapan dan pemanasan (mengasosiasi)
§
Siswa mengamati gambar kegiatan Siti di rumah (mengamati).
§
Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang bertentangan
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa memberikan tanda centang () untuk kegiatan yang menunjukkan
tugas sesuai tata tertib (mengasosiasi).
§
Siswa memberikan tanda silang () untuk kegiatan yang menunjukkan
tugas tidak sesuai tata tertib (mengasosiasi).
§
Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan gambar.
§
Siswa mengingat semua perilaku yang biasa dilakukan
dirumah (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menulis perilaku yang biasa
di lakukan di rumah dengan disiplin.
§
Siswa menulis perilaku yang biasa di lakukan di rumah (mengomunikasikan).
§
Siswa menentukan kesesuaian perilaku yang biasa dilakukan
dengan tata tertib (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan tentang tugas
menjaga kebugaran tubuh dengan percaya diri.
§
Siswa mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran tubuh
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa mendiskusikan tentang manfaat dipatuhinya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mendiskusikan tentang akibat dilanggarnya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
(mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar kegiatan Siti melakukan kegiatan lari pagi di
sekitar rumah.
¡ Gambar gerakan pemanasan, pendinginan, dan gerakan yang
perlu dihindari.
¡ Gambar kegiatan Siti sesuai tata tertib.
¡ Gambar jam
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar