RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2 : Tugasku
Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama empat
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.1
Menulis catatan tentang tugas sekolah
4.2.6
Mempresentasikan informasi yang ditulis.
PPKn
3.1.1
Mengidentifikasi simbolsimbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2
Menjelaskan arti simbolsimbol Pancasila
3.1.3
Memberi contoh sikap yang mencerminkan
nilai Pancasila
4.1.9
Membuat tabel tentang perilaku yang
mencerminkan nilai Pancasila.
Matematika
3.5.5
Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6
Menulis waktu yang ditunjukkan jarum
jam.
SBdP
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama empat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera,
siswa dapat memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
¡ Dengan teks cerita tentang kegiatan upacara bendera pada
hari Senin, siswa dapat membaca lancar dengan memperhatikan EYD secara cermat.
¡ Dengan membaca teks cerita tentang kegiatan upacara bendera
pada hari Senin, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan penuh kedisiplinan.
¡ Dengan pertanyaan dari teks cerita yang dikerjakan, siswa
dapat mendiskusikan jawaban pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri.
¡ Dengan teks bacaan dan gambar tentang kegiatan upacara
bendera, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar
dengan penuh percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar Burung Garuda Pancasila, siswa
dapat mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila, siswa
dapat menjelaskan arti pada simbol-simbol Pancasila dengan cermat dan percaya
diri.
¡ Dengan mengamati gambar dan membaca teks bacaan tentang
perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat memberi contoh sikap
yang mencerminkan nilai Pancasila dengan cermat dan displin.
¡ Dengan contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila,
siswa dapat membuat tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
dengan disiplin.
¡ Dengan tabel yang dibuat tentang perilaku yang mencerminkan
nilai Pancasila, siswa dapat menjelaskan tabel yang dibuat dengan displin dan
penuh percaya diri.
¡ Dengan demonstrasi guru tentang pola irama lagu, siswa
dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik
ritmis dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan penugasan dan demonstrasi, siswa dapat memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat dengan penuh percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar jam analog, siswa dapat membaca
waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar jam analog, siswa dapat menulis
waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan cermat.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menggambarkan jam analog
dengan disiplin dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
¡ Simbol-simbol Pancasila
¡ Pola irama lagu
¡ Mengenal Satuan Waktu.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar dengan
cermat.
§
Siswa mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera
dengan cermat (mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan upacara bendera
pada hari Senin (mengamati).
§
Setelah mengamati gambar dan membaca teks bacaan siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§
Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugasnya
disekolah (menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat berdasarkan isi teks
bacaan (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan
disiplin dan percaya diri (mengasosiasi).
§
Guru memandu siswa untuk membuat pertanyaan dan menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa untuk memahami tata tertib.
§
Siswa mengamati gambar Burung Garuda Pancasila (mengamati).
§
Siswa dibimbing guru untuk dapat menyebutkan simbolsimbol
yang terdapat pada gambar Burung Garuda Pancasila berdasarkan pengamatan
gambar.
§
Guru mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan arti simbol-simbol dalam Pancasila dengan penuh percaya diri.
§
Siswa bertanya tentang arti simbol-simbol pada gambar Burung
Garuda Pancasila (menanya).
§
Siswa mengamati demonstrasi guru menyanyikan lagu Aku
Anak Indonesia sambil bertepuk tangan dan jalan ditempat dengan berbagai pola
birama (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan
guru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan gerakan
tepuk tangan dan jalan di tempat dengan pola birama empat (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar jam analog (mengamati).
§
Siswa membaca jam analog yang menunjukkan waktu tertentu
(mengomunikasikan).
§
Siswa menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam analog dengan
cermat (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk dapat mempresentasikan tulisannya
dengan percaya diri.
§
Siswa mempresentasikan tulisan yang dibuatnya dengan mengaitkan
nilai yang ada sila pertama, kedua dan ketiga (mengomunikasikan).
§
Siswa menuliskan tugasnya di sekolah pada hari Senin pada
lembar kerjanya (mengasosiasi).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar Kegiatan Upacara Bendera di hari Senin
¡ Gambar Siswa Berdoa dengan Khusyuk Ketika Upacara Bendera
¡ Gambar Seorang Siswa Sakit Perut saat Pelajaran
¡ Gambar Burung Garuda Pancasila
¡ Gambar Jam Analog
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar