Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 2 (Tugasku Sehari-Hari di Sekolah) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2                   :     Tugasku Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda  Pancasila”
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

Matematika
3.5    Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan  penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.5   Membaca lancar teks bacaan
4.2.1   Menulis catatan tentang tugas sekolah
4.2.6   Mempresentasikan informasi yang ditulis.

PPKn
3.1.1   Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2   Menjelaskan arti simbolsimbol Pancasila
3.1.3   Memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.9   Membuat tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila.

Matematika
3.5.5   Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6   Menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam.

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera, siswa dapat memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
¡  Dengan teks cerita tentang kegiatan upacara bendera pada hari Senin, siswa dapat membaca lancar dengan memperhatikan EYD secara cermat.
¡  Dengan membaca teks cerita tentang kegiatan upacara bendera pada hari Senin, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan penuh kedisiplinan.
¡  Dengan pertanyaan dari teks cerita yang dikerjakan, siswa dapat mendiskusikan jawaban pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri.
¡  Dengan teks bacaan dan gambar tentang kegiatan upacara bendera, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan penuh percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar Burung Garuda Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila, siswa dapat menjelaskan arti pada simbol-simbol Pancasila dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar dan membaca teks bacaan tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila dengan cermat dan displin.
¡  Dengan contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat membuat tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila dengan disiplin.
¡  Dengan tabel yang dibuat tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat menjelaskan tabel yang dibuat dengan displin dan penuh percaya diri.
¡  Dengan demonstrasi guru tentang pola irama lagu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan dan demonstrasi, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat dengan penuh percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar jam analog, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar jam analog, siswa dapat menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan cermat.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menggambarkan jam analog dengan disiplin dan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
¡  Simbol-simbol Pancasila
¡  Pola irama lagu
¡  Mengenal Satuan Waktu.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera dengan cermat (mengamati).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan upacara bendera pada hari Senin (mengamati).
§  Setelah mengamati gambar dan membaca teks bacaan siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugasnya disekolah (menanya).
§  Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat berdasarkan isi teks bacaan (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan disiplin dan percaya diri (mengasosiasi).
§  Guru memandu siswa untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa untuk memahami tata tertib.
§  Siswa mengamati gambar Burung Garuda Pancasila (mengamati).
§  Siswa dibimbing guru untuk dapat menyebutkan simbolsimbol yang terdapat pada gambar Burung Garuda Pancasila berdasarkan pengamatan gambar.
§  Guru mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan arti simbol-simbol dalam Pancasila dengan penuh percaya diri.
§  Siswa bertanya tentang arti simbol-simbol pada gambar Burung Garuda Pancasila (menanya).
§  Siswa mengamati demonstrasi guru menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia sambil bertepuk tangan dan jalan ditempat dengan berbagai pola birama (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan guru (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan gerakan tepuk tangan dan jalan di tempat dengan pola birama empat (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar jam analog (mengamati).
§  Siswa membaca jam analog yang menunjukkan waktu tertentu (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam analog dengan cermat (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk dapat mempresentasikan tulisannya dengan percaya diri.
§  Siswa mempresentasikan tulisan yang dibuatnya dengan mengaitkan nilai yang ada sila pertama, kedua dan ketiga (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan tugasnya di sekolah pada hari Senin pada lembar kerjanya (mengasosiasi).

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar Kegiatan Upacara Bendera di hari Senin
¡  Gambar Siswa Berdoa dengan Khusyuk Ketika Upacara Bendera
¡  Gambar Seorang Siswa Sakit Perut saat Pelajaran
¡  Gambar Burung Garuda Pancasila
¡  Gambar Jam Analog

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar