RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
PembelajaranKe : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PJOK
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.5
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
4.3.2
Menerima keberagaman individu di
sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5.8
Membedakan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5
Menyimpulkan isi teks permintaan maaf
untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
PJOK
3.6.1
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmik.
3.6.3
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas ritmik.
4.6.1
Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
tanpa iringan musik.
4.6.2
Melangkah ke berbagai arah sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik.
Matematika
3.1.6
Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
4.1.4
Menuliskan beberapa deret bilangan
dengan pola tertentu
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan
mengamati media gambar, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡ Dengan
mengamati media gambar, siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak
dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
ritmik dengan teliti.
¡ Dengan
penugasan guru, siswa dapat bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa
iringan musik dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan
penugasan guru, siswa dapat melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan)
tanpa iringan musik dengan percaya diri dan santun.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menye-butkan
keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan teliti.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan sikap yang
dilakukan agar gerakan lokomotor dan non-lokomotor dilakukan dengan baik dengan
santun dan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks ber-main
di sekolah dengan lafal dan intonasi yang tepat de-ngan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa
da-pat menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman yang telah dibaca dengan teliti
¡ Dengan teks yang dibaca, siswa dapat membuat pertanyaan
yang berkaitan dengan teks dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan
kegiat-an pada saat istirahat di sekolah dengan bahasa lisan de-ngan percaya
diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks dengan teliti.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menerima keberagaman
individu di sekolah dengan santun.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat membedakan contoh sikap
hidup rukun dan tidak tukun dalam kemajemukan dengan teliti.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat memban-dingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak
dengan teliti.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan beberapa
deret bilangan dengan pola tertentu dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan
musik.
¡ Melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik.
¡ Membaca teks tentang bermain di sekolah dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
¡ Menceritakan kegiatan pada saat istirahat di sekolah dengan
bahasa lisan.
¡ Menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap
rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
¡ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
¡ Menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati dan membaca teks
pada buku dengan teliti.
§
Siswa mengamati dan membaca teks pada buku (meng-amati).
§
Guru membimbing siswa untuk melangkah ke berbagai arah
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar variasi pola gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak ritmik (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak ritmik (menalar).
§
Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak
dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas ritmik (menalar).
§
Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan
musik (mencoba).
§
Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan)
tanpa iringan musik (mencoba).
§
Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan jenis kelamin (mencoba).
§
Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan sikap yang dilakukan
agar gerakan lokomotor dan non-lokomotor dilakukan dengan baik (menanya).
§
Guru membimbing siswa membaca teks dengan intonasi dan
lafal yang tepat dengan percaya diri.
§
Siswa membaca teks bermain di sekolah dengan lafal dan
intonasi yang tepat (mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks Bermain di
Sekolah (mencoba)
§
Siswa menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca (mencoba).
§
Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks
(mencoba).
§
Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuatnya dengan teman
sebangku.
§
Siswa menjawab pertanyaan temanyang didapatkannya
(menalar).
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan pada
saat istirahat di sekolah dengan percaya diri (me-ngomunikasikan).
§
Siswa menceritakan kegiatan pada saat istirahat di
sekolah dengan bahasa lisan (mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sebagai panduan dalam
bercerita.
§
Siswa melakukan tanya jawab agar dapat menerima
keberagaman individu di sekolah (menanya).
§
Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak tukun
dalam kemajemukan (menalar).
§
Guru membimbing siswa berlatih membandingkan dua kumpulan
benda dan deret bilangan dengan pola tertentu dengan teliti.
§
Siswa mengamati media gambar membandingkan dua kumpulan
benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak pada buku
(mengamati).
§
Siswa membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah
lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak (mencoba).
§
Siswa menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola
tertentu (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhirikegiatan
pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar gerak lokomotor dan non-lokomotor sesuai irama
ketukan.
¡ Teks bermain di sekolah.
¡ Gambar untuk membandingkan kumpulan benda lebih ba-nyak,
lebih sedikit, dan sama banyak.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan teks bermain di sekolah.
Instrumen: tes tertulis
Banyak soal: 1 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
Meminta maaf.
b. Membuat pertanyaan berdasarkan teks bermain
di sekolah
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
1. Disesuaikan dengan pendapat siswa.
2. Disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Menulis benda lebih banyak, lebih sedikit
atau sama banyak
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 5 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
1. 367 kumpulan buku lebih sedikit dari 376 kumpulan buku.
2. 158 kumpulan pensil lebih banyak dari 157 kuempulan pensil.
3. 497 kumpulan kapur lebih banyak dari 489 kumpulan kapur.
4. 278 kumpulan bolpoin lebih sedikit dari 378 kumpulan
bolpoin.
5. 127 kumpulan pensil warna sama banyak dengan 127 kumpulan
pensil warna.
d. Melengkapi barisan bilangan dengan pola +8
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 5 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
1. 25 33 41 49 57
2. 17 25 33 41 49
3. 43 51 59 67 75
4. 64 72 80 88 96
3. Penilaian
Keterampilan
a. Rubrik Penilaian Gerakan Bersama sesuai
dengan Irama Ketukan.
Penilaian: Pengamatan (Observasi).
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
|
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan
|
|
|
3.
|
Siswa mampu bergerak bebas mengikuti irama ketukan.
|
|
|
4.
|
Siswa mampu melangkah ke berbagai arah sesuai irama ketukan.
|
|
|
Hasil
Pengamatan Melakukan Gerakan Bersama sesuai dengan Irama Ketukan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
b. Membaca Teks Narasi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca Teks Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks.
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
c. Menyimpulkan Isi Teks Permintaan Maaf untuk
Menjaga Sikap Hidup Rukun dalam Kemajemukan Teman
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Menyimpulkan Isi Teks Permintaan Maaf untuk Menjaga Sikap Hidup Rukun
dalam Kemajemukan Teman
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul
atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang dari setengah isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum
sesuai
|
2.
|
Jumlah kata yang digunakan
|
50 atau lebih kata
|
35 sampai 49 kata
|
15 sampai 34 kata
|
kurang dari 15 kata
|
3.
|
Tulisan yang digunakan
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang halus dan indah
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang halus tapi kurang indah
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang kasar tapi indah
|
Tidak menggunakan tulisan tegak
bersambung
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar