Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 3 (Hidup Rukun di Sekolah) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 3                   :     Hidup Rukun di Sekolah
PembelajaranKe           :     2
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.6    Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.5   Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin.
4.3.2   Menerima keberagaman individu di sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5.8   Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5   Menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.

PJOK
3.6.1   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.3   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas ritmik.
4.6.1   Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2   Melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik.

Matematika
3.1.6   Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
4.1.4   Menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas ritmik dengan teliti.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan percaya diri dan santun.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menye-butkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan teliti.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan sikap yang dilakukan agar gerakan lokomotor dan non-lokomotor dilakukan dengan baik dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks ber-main di sekolah dengan lafal dan intonasi yang tepat de-ngan percaya diri.
¡  Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa da-pat menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca dengan teliti
¡  Dengan teks yang dibaca, siswa dapat membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kegiat-an pada saat istirahat di sekolah dengan bahasa lisan de-ngan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan teliti.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menerima keberagaman individu di sekolah dengan santun.
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak tukun dalam kemajemukan dengan teliti.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat memban-dingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak dengan teliti.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu dengan teliti.


E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
¡  Melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik.
¡  Membaca teks tentang bermain di sekolah dengan lafal dan intonasi yang tepat.
¡  Menceritakan kegiatan pada saat istirahat di sekolah dengan bahasa lisan.
¡  Menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
¡  Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
¡  Menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati dan membaca teks pada buku dengan teliti.
§  Siswa mengamati dan membaca teks pada buku (meng-amati).
§  Guru membimbing siswa untuk melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas ritmik (menalar).
§  Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik (mencoba).
§  Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik (mencoba).
§  Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin (mencoba).
§  Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan sikap yang dilakukan agar gerakan lokomotor dan non-lokomotor dilakukan dengan baik (menanya).
§  Guru membimbing siswa membaca teks dengan intonasi dan lafal yang tepat dengan percaya diri.
§  Siswa membaca teks bermain di sekolah dengan lafal dan intonasi yang tepat (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks Bermain di Sekolah (mencoba)
§  Siswa menyimpulkan isi teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca (mencoba).
§  Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks (mencoba).
§  Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku.
§  Siswa menjawab pertanyaan temanyang didapatkannya (menalar).
§  Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan pada saat istirahat di sekolah dengan percaya diri (me-ngomunikasikan).
§  Siswa menceritakan kegiatan pada saat istirahat di sekolah dengan bahasa lisan (mengomunikasikan).
§  Siswa menjawab beberapa pertanyaan sebagai panduan dalam bercerita.
§  Siswa melakukan tanya jawab agar dapat menerima keberagaman individu di sekolah (menanya).
§  Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak tukun dalam kemajemukan (menalar).
§  Guru membimbing siswa berlatih membandingkan dua kumpulan benda dan deret bilangan dengan pola tertentu dengan teliti.
§  Siswa mengamati media gambar membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak pada buku (mengamati).
§  Siswa membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak (mencoba).
§  Siswa menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu (mencoba).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhirikegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar gerak lokomotor dan non-lokomotor sesuai irama ketukan.
¡  Teks bermain di sekolah.
¡  Gambar untuk membandingkan kumpulan benda lebih ba-nyak, lebih sedikit, dan sama banyak.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.   Menjawab pertanyaan teks bermain di sekolah.
Instrumen: tes tertulis
Banyak soal: 1 buah (skor 100)

Kunci jawaban :
Meminta maaf.

b.   Membuat pertanyaan berdasarkan teks bermain di sekolah
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)

Kunci jawaban :
1. Disesuaikan dengan pendapat siswa.
2. Disesuaikan dengan pendapat siswa.


c.   Menulis benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 5 buah (skor 100)

Kunci jawaban :
1. 367 kumpulan buku lebih sedikit dari 376 kumpulan buku.
2. 158 kumpulan pensil lebih banyak dari 157 kuempulan pensil.
3. 497 kumpulan kapur lebih banyak dari 489 kumpulan kapur.
4. 278 kumpulan bolpoin lebih sedikit dari 378 kumpulan bolpoin.
5. 127 kumpulan pensil warna sama banyak dengan 127 kumpulan pensil warna.

d.   Melengkapi barisan bilangan dengan pola +8
Instrumen : tes tertulis
Banyak soal : 5 buah (skor 100)

Kunci jawaban :
1. 25 33 41 49 57
2. 17 25 33 41 49
3. 43 51 59 67 75
4. 64 72 80 88 96


3.   Penilaian Keterampilan
a.   Rubrik Penilaian Gerakan Bersama sesuai dengan Irama Ketukan.
Penilaian: Pengamatan (Observasi).
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan


3.
Siswa mampu bergerak bebas mengikuti irama ketukan.


4.
Siswa mampu melangkah ke berbagai arah sesuai irama ketukan.




Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Bersama sesuai dengan Irama Ketukan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








b.   Membaca Teks Narasi
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Narasi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks.

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan





c.   Menyimpulkan Isi Teks Permintaan Maaf untuk Menjaga Sikap Hidup Rukun dalam Kemajemukan Teman
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Menyimpulkan Isi Teks Permintaan Maaf untuk Menjaga Sikap Hidup Rukun dalam Kemajemukan Teman
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai

2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata
35 sampai 49 kata

15 sampai 34 kata

kurang dari 15 kata

3.
Tulisan yang digunakan
Menggunakan tulisan tegak bersambung yang halus dan indah

Menggunakan tulisan tegak bersambung yang halus tapi kurang indah
Menggunakan tulisan tegak bersambung yang kasar tapi indah
Tidak menggunakan tulisan tegak bersambung


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar