Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 1 (Hidup Rukun di Rumah) Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SD KUNCUPP MELATI
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 1                   :     Hidup Rukun di Rumah
PembelajaranKe           :     4
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
3.2    Mengenal pola  irama lagu bertanda birama tiga,  pola bervariasi dan pola  irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8    Memainkan pola  irama bervariasi lagu  bertanda birama tiga

SBdP
3.3    Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki,dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.2   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3   Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang  dimiliki
4.3.3   Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang  berbeda sifat/ karakter

Bahasa Indonesia
3.1.1   Mengidentifikasi bahan- bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1   Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3   Menunjukkan pola  irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1   Memainkan pola  irama bervariasi lagu  bertanda birama tiga.

SBdP
3.3.2   Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang  lain.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat  mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡  Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan kebera- gaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
¡  Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan kebera- gaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang  dimi- liki dengan bahasa yang  santun.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang  santun.
¡  Dengan mengisi kolom  pernyataan, siswa dapat menyim- pulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang   telah dibaca dengan teliti.
¡  Dengan menyanyikan lagu   “Peramah dan  Sopan”,  siswa dapat menunjukkan pola  irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡  Dengan  bimbingan  guru,   siswa dapat  memainkan pola irama bervariasi lagu  bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡  Dengan menyanyikan lagu   “Peramah dan  Sopan”,  siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berda- sarkan sifat-sifat yang  dimiliki dengan bahasa yang  santun.
¡  Dengan bimbingan guru,  siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan- bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru,  siswa dapat menggambar imaji- natif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Contoh sikap hidup rukun.
¡  Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
¡  Pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
¡  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis.
¡  Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun yang   ada pada buku   siswa (mengamati).
§  Siswa menunjukkan gambar  yang   mencerminkan  sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).
§  Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang  beragam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
§  Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga ber- dasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
§  Siswa mengisi  kolom   pernyataan    tentang  kegemaran anggota  keluarga dengan  memberi tanda  centang pada pernyataan yang benar menurut siswa (mengomunikasikan).
§  Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
§  Siswa menyanyikan lagu   “Peramah  dan  Sopan” dengan percaya diri (mencoba).
§  Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan  Sopan” dengan  menggunakan  alat  musik ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
§  Siswa menuliskan sifat-sifat baik  yang  ada pada syair  lagu“Peramah dan Sopan” (menalar).
§  Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan sifat-sifat yang  dimiliki (menalar).
§  Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomuni-kasikan).
§  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat kar-ya seni rupa (menalar).
§  Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat karya kreasi menempel gambar alat musik (mengomunikasikan).
§  Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
§  Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba).
150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
¡  Teks lagu  Peramah dan Sopan.


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Tidak, karena mainan yang mereka mainkan berbeda.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

b.   Menuliskan sifat-sifat  baik  dan  buruk  yang  terdapat pada  syair  lagu  “Peramah   danSopan”.
Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1. peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin bekerja.
2. Congkak, sombong.

c.   Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2. Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa.

3.   Keterampilan
a.   Mengelompokkan contoh sikap hidup  rukun dan tidak rukun.
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik penilaian mengelompokkan contoh sikap  hidup  rukun dan tidak rukun

No
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
1.
Ketepatan Mengelompokkan gambar yang  mencerminkan hidup hidup rukun dengan tidak rukun.
Semua gambar dikelompokkan dengan tepat.
Ada 1gambar yang  salah dalam pengelompokkan.
Ada 2-3 dari gambar yang salah dalam pengelompokkan.
Lebih dari  3 gambar yang salah dalam pengelompokkan.
2.
Ketepatan Waktu penyelesaian soal.
Siswa menyelesaikan lebih cepat dari waktu yang disediakan.
Siswa menyelesaikan tepat waktu.
Terlambat maksimal 5 menit.
Terlambat lebih dari  5 menit.

b.   Menyanyi  dengan memainkan alat musik  ritmis
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik menyanyi sambil memainkan alat musik  ritmis
No
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang kon- sisten me- nyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang kon- sisten menyanyi dengan nada yang  tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nadayang  tidaktepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembangkan  ritmikdari  pola  yang disajikan.
Hanya mampu memainkan  ritmikdari  pola  yang disajikan , tetapi tidak mampu untuk mengembangkan.
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmik yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmik yang  disajikan.

c.   Menempel gambar alat musik  ritmis dari majalah atau  koran
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik penilaian menempel gambar alat musik  ritmis  dari majalah atau  koran
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
1.
Pemilihan Gambar.
Gambar sesuai tema (alat musik ritmis) dan lebih  dari
1.
Gambar sesuai tema (alat musik ritmis).
Gambar alat musik, tetapi bukan gambar alat musik ritmis.
Tidak ada gam- bar  .
2.
Keindahan
Menghias de- ngan tampilan yang  menarik disertai warna yang  berva- riasi.
Menghias de- ngan tampilan yang  menarik namun kurang bervariasi.
Hiasan terlalu sederhana.
Tidak menghias.


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar