RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan strategi
pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
PPKn
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Matematika
3.2.7
Mengidentifikasi gambar benda konkret
yang bersesuaian dengan pembagian yang hasilnya ditentukan.
4.3.2
Membuat kalimat pembagian yang mungkin
dari suatu bilangan asli (maksimal 500).
SBdP
3.1.3
Menjelaskan teknik membuat karya seni
rupa.
4.3.2
Mewarnai gambar imajinatif yang telah
dibuat dengan memanfaat beragam media.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar berwisata ke pantai, siswa dapat
menuliskan pertanyaan dan jawaban mengenai bermain di pantai dengan cermat.
¡ Dengan teks percakapan berwisata ke pantai, siswa dapat
membacakan percakapan dengan suara nyaring dan menarik dengan cermat.
¡ Dengan teks percakapan berwisata ke pantai, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di pantai dengan cermat.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis hal-hal pokok
aktivitas bermain di pantai dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis
kelamin dengan pecaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks percakapan berwisata ke pantai dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman
kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi contoh
berperilaku rukun ( ramah, tidak mengejek, toleran) dengan setiap teman sekolah
yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) dengan
percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjawab pertanyaan
tentang berwisata ke pantai dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menulis cerita
narasi sederhana tentang rencana wisata kelas dengan memperhatikan penulisan
EYD dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat
menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari
susunan benda konkret dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal
tentang membuat kalimat perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang
dari 5) dari susunan benda konkret dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat
menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5)
dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal
tentang menaksir hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari
5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan cermat.
¡ Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menggambar
bermacam-macam garis dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar ekspresi
dengan mengolah garis dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membaca teks percakapan berwisata ke pantai.
¡ Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu
kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
¡ Menulis kembali cerita tentang rencana berwisata ke
pantai.
¡ Menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka
kurang dari 5) dari susunan benda konkret.
¡ Membuat gambar ekspresi.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar
§
Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan
membaca dengan suara nyaring, menarik didengar secara cermat.
§
Siswa mengamati gambar berwisata kepantai (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar berwisata ke pantai (menanya).
§
Siswa menuliskan pertanyaan dan jawaban mengenai bermain
di pantai sesuai gambar (mengasosiasi).
§
Siswa membacakan teks percakapan berwisata ke pantai
dengan suara nyaring dan menarik (mengasosiasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di
pantai (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis hal-hal pokok aktivitas bermain di pantai
(mengomunikasikan).
§
Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan yang
dapat dilakukan bersama teman satu kelas mengenai keragaman jenis kelamin
(menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan
berwisata ke pantai (mengumpulkan informasi).
§
Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman satu kelas keragaman kegemaran/hobi (mengumpulkan informasi).
§
Siswa memberi contoh berperilaku rukun ( ramah, tidak
mengejek, toleran) dengan teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama,
suku, dan sifat (karakter) dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
§
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menjawab
pertanyaan tentang berwisata ke pantai (mengumpulkan informasi).
§
Siswa bermusyawarah untuk merencanakan kegiatan wisata
kelas (mengasosiasi).
§
Siswa ditugaskan menulis cerita narasi sederhana tentang
rencana wisata kelas dengan memperhatikan penulisan EYD dengan terlebih
dahulu diberi arahan (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk dapat mengerjakan soal
perkalian dan soal menaksirkan hasil kali dengan cermat, dan siswa mengamati
gambar dan contoh soal menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu
angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan bimbingan guru
(mengamati).
§
Siswa mengerjakan soal tentang membuat kalimat perkalian
(dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda
konkret (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengamati gambar dan contoh soal menaksirkan hasil
kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan
ke puluhan terdekat dengan bimbingan guru (mengamati).
§
Siswa mengerjakan soal tentang menaksir hasil kali dua
bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke
puluhan terdekat (mengumpulkan informasi)
§
Guru membimbing siswa untuk berkreasi dalam membuat
menggambar dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§
Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang dapat digunakan
untuk membuat karya seni rupa dengan petunjuk guru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk menggambar
ekspresi (mengasosiasi).
§
Siswa ditugaskan menggambar bermacam-macam garis
(mencoba).
§
Siswa mengolah garis menjadi ekspresi dengan dengan
bimbingan guru (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar berwisata ke Pantai
¡ Gambar kegiatan di kelas
¡ Teks percakapan berwisata ke pantai
¡ Gambar burung di pantai
¡ Kertas, pewarna dan tepung terigu yang dicampur air.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian tentang Menjawab pertanyaan
berdasarkan percakapan berwisata ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1) Karena Beni menyatakan pendapat tentang barang yang akan dibawa
ke pantai.
2) Iya, karena kita bisa bermain pasir dan berenang ( jawaban
bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
3) Saling menolong membawa barang dan bermain pasir dan berenang
bersama-sama ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
4) – pasir
- Sampah (plastik)
- Batok dan Sabut kelapa
- kerang
5) Senang dan bersatu
b. Menyelesaikan soal membuat kalimat perkalian
Tes tertulis : skor
Jumah soal : 3 buah
Kunci jawaban:
1) 11 x 2 = 22
2) 14 x 2 = 28
3) 18 x 2 = 36
Menyelesaikan soal
Menebak hasil perkalian
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
1) c. 50 ( karena jawaban yang sesungguhnya adalah 48)
2) b. 40 (karena jawaban yang sesungguhnya adalah 36)
3) a. 60 ( karena jawaban yang sebenarnya adalah 56)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian:
Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Menulis Hal-Hal
Pokok Aktivitas Bermain di Pantai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan menulis hal-hal pokok
|
Siswa mampu menulis keseluruhan hal-hal pokok
|
Siswa mampu menulis sebahagian besar hal-hal pokok
|
Siswa mampu menulis sebahagian kecil hal-hal pokok
|
Siswa belum mampu menulis hal-hal pokok
|
2.
|
Ketepatan isi dalam menulis hal-hal pokok
|
Siswa sangat tepat menulis hal-hal pokok
|
Siswa cukup tepat menulis t hal-hal pokok
|
Siswa kurang tepat menulis hal-hal pokok
|
Siswa belum tepat mencatat hal-hal pokok
|
3.
|
Ketepatan ejaan dalam menulis hal-hal pokok
|
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
|
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang
tepat
|
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang
tepat
|
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat
|
b. Rubrik Penilaian Menulis Cerita Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Keruntutan cerita
|
Seluruh kegiatan tersusun dengan runtut
|
Setengah atau lebih isi karangan tersusun runtut
|
Kurang dari setengah isi karangan tersusun runtut
|
Seluruh isi karagan belum runtut
|
3.
|
Ketepatan ejaan
|
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
|
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang
tepat
|
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang
tepat
|
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat
|
c. Rubrik Penilaian Kegiatan Membuat Gambar
Ekspresi dengan Mengolah Garis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan membuat macam-macam garis
|
Siswa mampu membuat berbagai macam garis dengan sangat
tepat tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu membuat seluruh macam garis dengan
bimbingan guru
|
Siswa mampu membuat beberapa (lebih dari 2 ) macam
garis dengan bimbingan guru
|
Siswa hanya mmapu membuat 1 atau 2 garis dengan
bimbingan guru.
|
2.
|
Variasi gambar yang dihasilakan
|
Hasil gambar yang diolah siswa sangat bervariasi
(lebih dari 5 bentuk gambar)
|
Hasil gambar yang diolah siswa bervariasi (4 bentuk
gambar)
|
Hasil gambar yang diolah siswa sangat cukup (3 bentuk
gambar)
|
Hasil gambar yang diolah siswa kurang bervariasi ( 2
bentuk gambar)
|
Penilaian
: Pengamatan/observasi
d. Rubrik Penilaian Berprilaku Rukun
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Berprilaku ramah dengan setiap teman
|
....
|
....
|
2
|
Tidak mengejek teman
|
....
|
....
|
3
|
Bersikap toleran terhadap teman
|
....
|
....
|
Hasil Pengamatan
Berprilaku Rukun Dengan Teman Sekolah
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
e. Lembar Pengamatan Berdiskusi Saat Berwisata
ke Pantai
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Keaktifan saat berdiskusi
|
....
|
....
|
2
|
Kerjasama saat berdiskusi
|
....
|
....
|
3
|
Menyatakan pendapat dengan ramah
|
....
|
....
|
4
|
Menghargai pendapat teman
|
....
|
....
|
Hasil
Pengamatan Berdiskusi saat berwisata ke pantai
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
f. Rubrik Penilaian Pengamatan Menaksir Hasil
Kali Dua Bilangan Dua Angka Dan Satu Angka (Kurang Dari 5) Dengan Pembulatan Ke
Puluhan Terdekat
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan dalam menaksirkan hasil kali dua bilangan
dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan
hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
dengan jawaban yang sangat tepat.
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan
hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
namun ada jawaban yang kurang tepat.
|
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal
menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan
benda konkret dengan tepat
|
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal
menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan
benda konkret dengan tepat.
|
2.
|
Kejelasan angka yang ditulis dan kerapian tulisan
|
Siswa mampu menulis angka pada seluruh jawaban dengan
jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan sangat rapi.
|
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian besar
jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan rapi.
|
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian kecil
jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihattulisan kurang rapi.
|
Siswa belum mampu menulis angka dengan jelas, tulisan
tidak sulit dibaca guru dan tidak rapi.
|
3.
|
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksirkan hasil
kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
|
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang
telah ditetapkan
|
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah
ditetapkan
|
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir
benda hingga ke bilangan satuan terdekat
|
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat
waktu.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar