Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 4 (Bermain di Tempat Wisata) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4                   :     Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media


PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.2    Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media

PPKn
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.



Matematika
3.2.7   Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan pembagian yang hasilnya ditentukan.
4.3.2   Membuat kalimat pembagian yang mungkin dari suatu bilangan asli (maksimal 500).

SBdP
3.1.3   Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.3.2   Mewarnai gambar imajinatif yang telah dibuat dengan memanfaat beragam media.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar berwisata ke pantai, siswa dapat menuliskan pertanyaan dan jawaban mengenai bermain di pantai dengan cermat.
¡  Dengan teks percakapan berwisata ke pantai, siswa dapat membacakan percakapan dengan suara nyaring dan menarik dengan cermat.
¡  Dengan teks percakapan berwisata ke pantai, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di pantai dengan cermat.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis hal-hal pokok aktivitas bermain di pantai dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin dengan pecaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan berwisata ke pantai dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi contoh berperilaku rukun ( ramah, tidak mengejek, toleran) dengan setiap teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
¡  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang berwisata ke pantai dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang rencana wisata kelas dengan memperhatikan penulisan EYD dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal tentang membuat kalimat perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal tentang menaksir hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡  Dengan petunjuk guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan cermat.
¡  Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menggambar bermacam-macam garis dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar ekspresi dengan mengolah garis dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca teks percakapan berwisata ke pantai.
¡  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
¡  Menulis kembali cerita tentang rencana berwisata ke pantai.
¡  Menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret.
¡  Membuat gambar ekspresi.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan membaca dengan suara nyaring, menarik didengar secara cermat.
§  Siswa mengamati gambar berwisata kepantai (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar berwisata ke pantai (menanya).
§  Siswa menuliskan pertanyaan dan jawaban mengenai bermain di pantai sesuai gambar (mengasosiasi).
§  Siswa membacakan teks percakapan berwisata ke pantai dengan suara nyaring dan menarik (mengasosiasi).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di pantai (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menulis hal-hal pokok aktivitas bermain di pantai (mengomunikasikan).
§  Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman satu kelas mengenai keragaman jenis kelamin (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan berwisata ke pantai (mengumpulkan informasi).
§  Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan bersama teman satu kelas keragaman kegemaran/hobi (mengumpulkan informasi).
§  Siswa memberi contoh berperilaku rukun ( ramah, tidak mengejek, toleran) dengan teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
§  Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan tentang berwisata ke pantai (mengumpulkan informasi).
§  Siswa bermusyawarah untuk merencanakan kegiatan wisata kelas (mengasosiasi).
§  Siswa ditugaskan menulis cerita narasi sederhana tentang rencana wisata kelas dengan memperhatikan penulisan EYD dengan terlebih dahulu diberi arahan (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk dapat mengerjakan soal perkalian dan soal menaksirkan hasil kali dengan cermat, dan siswa mengamati gambar dan contoh soal menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan bimbingan guru (mengamati).
§  Siswa mengerjakan soal tentang membuat kalimat perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar dan contoh soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan bimbingan guru (mengamati).
§  Siswa mengerjakan soal tentang menaksir hasil kali dua bilangan dua angka dan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat (mengumpulkan informasi)
§  Guru membimbing siswa untuk berkreasi dalam membuat menggambar dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa dengan petunjuk guru (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk menggambar ekspresi (mengasosiasi).
§  Siswa ditugaskan menggambar bermacam-macam garis (mencoba).
§  Siswa mengolah garis menjadi ekspresi dengan dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar berwisata ke Pantai
¡  Gambar kegiatan di kelas
¡  Teks percakapan berwisata ke pantai
¡  Gambar burung di pantai
¡  Kertas, pewarna dan tepung terigu yang dicampur air.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian tentang Menjawab pertanyaan berdasarkan percakapan berwisata ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1)      Karena Beni menyatakan pendapat tentang barang yang akan dibawa ke pantai.
2)      Iya, karena kita bisa bermain pasir dan berenang ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
3)      Saling menolong membawa barang dan bermain pasir dan berenang bersama-sama ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
4)      – pasir
- Sampah (plastik)
- Batok dan Sabut kelapa
- kerang
5)      Senang dan bersatu

b.   Menyelesaikan soal membuat kalimat perkalian
Tes tertulis : skor
Jumah soal : 3 buah
Kunci jawaban:
1) 11 x 2 = 22
2) 14 x 2 = 28
3) 18 x 2 = 36
Menyelesaikan soal
Menebak hasil perkalian
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
1) c. 50 ( karena jawaban yang sesungguhnya adalah 48)
2) b. 40 (karena jawaban yang sesungguhnya adalah 36)
3) a. 60 ( karena jawaban yang sebenarnya adalah 56)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Menulis Hal-Hal Pokok Aktivitas Bermain di Pantai

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan menulis hal-hal pokok
Siswa mampu menulis keseluruhan hal-hal pokok
Siswa mampu menulis sebahagian besar hal-hal pokok
Siswa mampu menulis sebahagian kecil hal-hal pokok
Siswa belum mampu menulis hal-hal pokok
2.
Ketepatan isi dalam menulis hal-hal pokok
Siswa sangat tepat menulis hal-hal pokok
Siswa cukup tepat menulis t hal-hal pokok
Siswa kurang tepat menulis hal-hal pokok
Siswa belum tepat mencatat hal-hal pokok
3.
Ketepatan ejaan dalam menulis hal-hal pokok
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat

b.   Rubrik Penilaian Menulis Cerita Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai
2.
Keruntutan cerita
Seluruh kegiatan tersusun dengan runtut
Setengah atau lebih isi karangan tersusun runtut
Kurang dari setengah isi karangan tersusun runtut
Seluruh isi karagan belum runtut
3.
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat


c.   Rubrik Penilaian Kegiatan Membuat Gambar Ekspresi dengan Mengolah Garis

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan membuat macam-macam garis
Siswa mampu membuat berbagai macam garis dengan sangat tepat tanpa bimbingan guru
Siswa mampu membuat seluruh macam garis dengan bimbingan guru
Siswa mampu membuat beberapa (lebih dari 2 ) macam garis dengan bimbingan guru
Siswa hanya mmapu membuat 1 atau 2 garis dengan bimbingan guru.
2.
Variasi gambar yang dihasilakan
Hasil gambar yang diolah siswa sangat bervariasi (lebih dari 5 bentuk gambar)
Hasil gambar yang diolah siswa bervariasi (4 bentuk gambar)
Hasil gambar yang diolah siswa sangat cukup (3 bentuk gambar)
Hasil gambar yang diolah siswa kurang bervariasi ( 2 bentuk gambar)

Penilaian : Pengamatan/observasi
d.   Rubrik Penilaian Berprilaku Rukun

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Berprilaku ramah dengan setiap teman
....
....
2
Tidak mengejek teman
....
....
3
Bersikap toleran terhadap teman
....
....

Hasil Pengamatan Berprilaku Rukun Dengan Teman Sekolah

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








e.   Lembar Pengamatan Berdiskusi Saat Berwisata ke Pantai

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)


1
Keaktifan saat berdiskusi
....
....
2
Kerjasama saat berdiskusi
....
....
3
Menyatakan pendapat dengan ramah
....
....
4
Menghargai pendapat teman
....
....


Hasil Pengamatan Berdiskusi saat berwisata ke pantai

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







f.    Rubrik Penilaian Pengamatan Menaksir Hasil Kali Dua Bilangan Dua Angka Dan Satu Angka (Kurang Dari 5) Dengan Pembulatan Ke Puluhan Terdekat

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan dalam menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan jawaban yang sangat tepat.
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret namun ada jawaban yang kurang tepat.
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan tepat
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret dengan tepat.
2.
Kejelasan angka yang ditulis dan kerapian tulisan
Siswa mampu menulis angka pada seluruh jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan sangat rapi.
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian besar jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan rapi.
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian kecil jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihattulisan kurang rapi.
Siswa belum mampu menulis angka dengan jelas, tulisan tidak sulit dibaca guru dan tidak rapi.
3.
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksirkan hasil kali dua bilangan dua angka (kurang dari 5) dari susunan benda konkret
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang telah ditetapkan
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah ditetapkan
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir benda hingga ke bilangan satuan terdekat
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat waktu.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar