Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 2 (Bermain di Rumah Teman) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2                   :     Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke          :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.1   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keberagaman kegemaran/hobi.
4.4.8   Memberikan bantuan kepada teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

Bahasa Indonesia
3.2.6   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah.
4.2.2   Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivi­tas bermain di lingkungan rumah teman dengan memperhatikan penulisan EYD.

Matematika
3.2.2   Menyebutkan kalimat perkalian dari susunan benda yang diatur menurut baris dan kolom dengan hasil kurang dari 100.
4.5.6   Membuat gambar yang bersesuaian dengan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian.

PJOK
3.1.1   Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana.
3.1.2   Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan tradisional.
4.1.2   Melakukan variasi gerak menarik dengan tangan.


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang berdasarkan isi teks narasi Ulang Tahun Edo dengan cermat.
¡  Dengan penggunaan tanda seru, siswa dapat menulis kalimat perintah dengan menggunakan tanda seru secara cermat.
¡  Dengan mengingat cerita tentang Ulang Tahun Edo”, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah secara cermat.
¡  Dengan tanya jawab dan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi berbagai permainan yang digemari di lingkungan rumah teman dengan cermat dan penuh rasa tanggung jawab.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat memberikan bantuan kepada teman yang berbeda (jenis kelamin, kegemaran, dan sifat) dengan percaya diri.
¡  Dengan menanya kepada teman, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keberagaman kegemaran/hobi dengan percaya diri.
¡  Dengan menanya kepada teman, siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dengan cermat.
¡  Dengan menanya kepada teman, siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan tradisional dengan cermat.
¡  Dengan melakukan permainan tarik tambang, siswa dapat melakukan variasi gerak menarik dengan tangan secara percaya diri dan tanggung jawab.
¡  Dengan melakukan permainan tarik tambang, siswa dapat memberikan bantuan kepada teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan percaya diri dan tanggung jawab.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman dengan menggunakan EYD secara cermat.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menyatakan perkalian sebagai penjumlahan yang berulang dengan cermat.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menyebutkan kalimat perkalian dari susunan benda yang diatur menurut baris dan kolom dengan hasil kurang dari 100 dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru dan pengamatan gambar kelompok benda-benda, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian secara cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar benda yang sesuaian dengan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian secara cermat dan penuh percaya diri.


E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keberagaman kegemaran/hobi.
¡  Membuat kalimat seru berdasarkan aktifitas bermain.
¡  Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah.
¡  Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dan tradisional.
¡  Membuat gambar yang sesuai dengan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Ulang Tahun Edo (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang cerita acara ulang tahun Edo (menanya).
§  Siswa melengkapi kalimat rumpang pada lembar kerjanya tentang isi bacaan ulang tahun Edo (mengasosiasi).
§  Siswa bertanya tentang penggunaan kalimat seru yang ada di dalam teks Ulang Tahun Edo (menanya).
§  Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya (mengasosiasi).
§  Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang kalimat seru dalam teks Ulang Tahun Edo (mengamati).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis cerita narasi sederhana dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan tulisan tegak bersambung dengan percaya diri.
§  Siswa menulis kalimat perintah dengan menggunakan tanda seru (mengasosiasi).
§  Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah dalam bentuk tertulis yaitu tentang acara ulang tahun Edo menggunakan huruf kapital, tanda baca, dan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar tentang berbagai jenis permainan (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang jenis permainan yang disukai temannya (menanya).
§  Siswa mengisi lembar kerja yang ada pada buku tentang jenis permainan yang disukai temannya (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menuliskan manfaat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan (mengasosiasi).
§  Siswa mengamati beberapa gambar jenis gerakan (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana berdasarkan gambar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa bertanya jawab untuk mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan tradisional (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengisi tabel permainan yang digemari keluarga dan teman-temannya berdasarkan gambar yang dilihat pada masing-masing buku siswa (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengisi tabel gerakan lokomotor pada masing-masing permainan dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan tarik tambang dengan percaya diri dan tanggung jawab.
§  Siswa mendengarkan instruksi melaksanakan permainan tarik tambang (mengamati).
§  Siswa memberikan bantuan kepada teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/karakter dalam sebuah permainan (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis tentang permainan yang baru saja dilakukannya (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman dengan menggunakan EYD (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi kalimat belum sempurna (mengasosiasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan (mengasosiasi).
§  Siswa memperhatikan gambar kue mangkok (mengamati).
§  Siswa menanya tentang proses perkalian (menanya).
§  Siswa menyebutkan kalimat perkalian dari susunan benda yang diatur menurut baris dan kolom dengan hasil kurang dari 100 (mengomunikasikan).
§  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan 4 x 2 dengan 2 x 4 (mengomunikasikan).
§  Siswa melakukan kegiatan menghitung perkalian sebuah contoh (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menemukan benda-benda lain di sekitarnya yang bisa dikelompokkan (mengasosiasi).
§  Siswa membuat gambar yang sesuai dengan masalah sehari–hari yang berkaitan dengan perkalian benda-benda lain di sekitarnya dalam kelompok pada kotak yang tersedia (mengasosiasi).
§  Siswa membuat dua macam bentuk perkalian (mengasosiasi).
§  Siswa membacakan hasil kerjanya ke depan kelas (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks Ulang Tahun Edo.
¡  Gambar berbagai variasi gerak lokomotor.
¡  Gambar menghitung perkalian sederhana.
¡  Tali tambang.


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menulis kalimat seru
Banyak soal: 3 buah
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)

b.   Mengisi tabel variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan yang digemari teman.
Banyak soal: 1 tabel (tergantung jumlah siswa)
Kunci jawaban:
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 100)

c.   Mengisi tabel gerakan lokomotor yang dilakukan pada permainan (skor 100)
Banyak soal: 1 tabel (7 buah gerakan)
Kunci jawaban:
Gerakan berputar permainan basket, pecah piring, dan bentengan.
Berjongkok permainan pecah piring dan bentengan.
Membungkuk permainan tarik tambang, bola basket, pecah piring, bentengan.
Menarik permainan tarik tambang dan bentengan.
Mendorong permainan pecah purung dan bentengan.
Meloncat di tempat permainan bola basket.
Melempar permainan pecah piring dan bola basket.

d.   Mengelompokkan benda dan membuat operasi hitung perkalian
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 25)
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 25)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Pengamatan/observasi

a.   Lembar Pengamatan Menulis Kembali Narasi yang Menunjukkan Sikap Hidup Bersatu dalam Keberagaman

No.
Kriteria
Tercapai
Ya
tidak
1.
Siswa membuat bentuk kalimat perintah/seru pada teks narasi dengan benar


2.
Siswa dapat mengidentifikasi aktifitas bermain dalam teks narasi dengan benar


3
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama anggota keluarga dalam keberagaman kegeraman/hobi


4
Siswa mengelompokkan berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman bermain di lingkungan rumah teman


5
Siswa memberikan bantuan kepada anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter



Hasil Pengamatan Menulis Kembali Narasi yang Menunjukkan Sikap Hidup Bersatu dalam Keberagaman

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







Penilaian: Unjuk Kerja
b.   Rubrik Penilaian Membuat hal yang akan Dilakukan dalam Bermain Tarik Tambang.

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan instruksi tugas

Seluruh isi sesuai instruksi tugas

Sebagian besar isi sesuai dengan instruksi tugas
Sebagian kecil isi sesuai dengan instruksi tugas
Seluruh isi belum sesuai dengan instruksi tugas
2.
Kelengkapan jawaban pertanyaan
Seluruh jawaban pertanyaan di jawab siswa
Hanya 3 jawaban pertanyaan yang dijawab siswa
Hanya 1 jawaban pertanyaan yang dijawab siswa
Tidak ada pertanyaan yang dijawab siswa


c.   Rubrik Penilaian Menulis Teks Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai
2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata
35 sampai 49 kata
15 sampai 34 kata
kurang dari 15 kata


d.   Rubrik Penilaian tentang Melakukan Gerakan Lokomotor dengan Permainan Tarik Tambang.

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan siswa mendorong
Kemampuan mendorong siswa sempurna
Kemampuan mendorong siswa bagus
Kemampuan mendorong siswa cukup bagus
Kemampuan mendorong siswa tidak bagus
2.
Kemampuan siswa menarik
Kemampuan menarik siswa sempurna
Kemampuan menarik siswa bagus
Kemampuan menarik siswa cukup bagus
Kemampuan menarik siswa tidak bagus
3.
Kemampuan siswa mengidentifikasi gerak lokomotor
Siswa mengetahui 3 gerak lokomotor dalam permainan
Siswa mengetahui 2 gerak lokomotor dalam permainan
Siswa mengetahui 1 gerak lokomotor dalam permainan
Siswa tidak mengetahui gerak lomotor dalam permainan


e.   Rubrik Penilaian Membuat Gambar yang Bersesuaian dengan Benda di Sekitar yang Berkaitan dengan Perkalian
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuai gambar dengan benda di sekitar
Semua gambar dibuat sesuai dengan benda di sekitar
Sebagian besar gambar dibuat sesuai dengan benda di sekitar
Sebagian kecil gambar dibuat sesuai dengan benda di sekitar
Semua gambar dibuat belum sesuai dengan benda di sekitar
2.
Kesesuai gambar dengan soal
Semua gambar dibuat sesuai dengan petunjuk soal
Sebagian besar soal dibuat sesuai dengan petunjuk gambar
Sebagian kecil soal dibuat sesuai dengan petunjuk gambar
Semua soal dibuat belum sesuai dengan petunjuk gambar
3.
Kesesuaian penggunaan angka dan jawaban
Semua angka yang digunakan sesuai dengan jawaban
Sebagian besar angka yang digunakan sesuai dengan jawaban
Sebagian kecil angka yang digunakan sesuai dengan jawaban
Semua angka yang digunakan belum sesuai dengan jawaban


Penilaian: Pengamatan/observasi
f.    Lembar Pengamatan Memberikan Bantuan kepada Teman yang Berbeda Jenis Kelamin, Kegemaran dan Sifat (Karakter)


No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Siswa memberikan bantuan kepada teman yang berbeda jenis kelamin
....
....
2
Siswa memberikan bantuan kepada teman yang berbeda kegemaran
....
....
3
Siswa memberikan bantuan kepada teman yang berbeda sifat (karakter)
....
....



Hasil Pengamatan tentang Memberikan Bantuan kepada Teman yang Berbeda Jenis Kelamin, Kegemaran dan Sifat (Karakter)

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar