RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2 : Tugasku
Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama empat
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.2
Menceritakan pengalaman tentang perilaku
berdasarkan nilai Pancasila
PPKn
3.1.4
Mengidentifikasi perilaku yang
mencerminkan nilai Pancasila
3.1.5
Mengidentifikasi perilaku yang tidak
mencerminkan nilai Pancasila
3.1.8
Memberikan alasan terhadap perilaku yang
diamati berdasarkan nilai Pancasila
4.1.5
Membuat kliping tentang perilaku yang
mencerminkan nilai Pancasila
4.1.6
Membuat kliping tentang perilaku yang tidak
mencerminkan nilai Pancasila
SBdP
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama empat
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Pergi
Belajar” dengan percaya diri dan penuh kedisiplinan.
¡ Dengan menyanyikan lagu pergi belajar, siswa dapat
menjelaskan isi cerita pada lagu dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar tentang kegiatan berangkat ke
sekolah, siswa dapat memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
¡ Dengan teks bacaan tentang berbagai aktivitas di sekolah,
siswa dapat membaca lancar teks bacaan dengan cermat dan dilakukan dengan penuh
kedisiplinan.
¡ Dengan teks bacaan tentang berbagai kegiatan di sekolah,
siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan dengan cermat dan
penuh kedisiplinan.
¡ Dengan jawaban pertanyaan dari teks bacaan, siswa dapat
mendiskusikan jawaban pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab tentang isi teks bacaan, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab isi teks bacaan, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila dengan
cermat.
¡ Dengan mengidentifikasi perilaku yang tidak mencerminkan
nilai Pancasila, siswa dapat membuat kliping tentang perilaku dalam kehidupan
sehari-hari dengan percaya diri dan disiplin.
¡ Dengan kliping yang telah dibuat, siswa dapat memberikan
alasan terhadap perilaku yang diamati sesuai dengan nilai Pancasila secara
cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Memainkan pola irama bervariasi
¡ Menceritakan berbagai jenis kegiatan
¡ Perilaku yang mencerminkan dan yang tidak mencerminkan
Nilai Pancasila
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Pergi Belajar
dengan percaya diri dan menyanyikannyan dengan disiplin sehingga terdengar
serentak .
§
Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”. (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati syair lagu yang dilantunkan (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi tugas siswa berdasarkan syair pada
lagu (mengumpulkan informasi) yaitu:
§
Meminta izin untuk berangkat sekolah
§
Datang tepat waktu ke sekolah
§
Menyayangi guru dan teman
§
Belajar dengan rajin
§
Guru menuntun siswa untuk mengamati gambar aktivitas
siswa berangkat ke sekolah dengan cermat dan membimbing siswa dengan
pertanyaan menggali dan menuntun.
§
Siswa mengamati gambar tentang aktivitas siswa pergi ke sekolah
(mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar aktivitas siswa pergi ke sekolah
(mengasosiasi).
§
Siswa membuat pertanyaan tentang tugas siswa di sekolah (menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada temannya
(menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang tugas siswa di sekolah (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi perilaku siswa di sekolah dalam sebuah
tabel (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengelompokkan perilaku yang mencerminkan dan yang
tidak mencerminkan nilai Pancasila (mengasosiasi).
§
Siswa menuliskan hasil identifikasi perilaku ke dalam sebuah
tabel (mengomunikasikan).
§
Siswa membuat kliping tentang gambar perilaku yang mencerminkan
nilai kelima sila Pancasila di sekolah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa membuat kliping mengenai gambar perilaku yang tidak
mencerminkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menuliskan alasan pada perilaku yang telah diidentifikasi
pada kliping (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan perilaku yang
ada pada kliping yang dibuat disertai alasan pengelompokannnya dengan percaya
diri.
§
Siswa menceritakan perilaku yang ada pada kliping yang
dibuatnya di depan kelas (mengomunikasikan).
§
Siswa mendiskusikan perilaku yang ada dalam cerita yang
didengar (mengumpulkan informasi)
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar aktivitas siswa berangkat ke sekolah
¡ Teks bacaan tentang aktivitas di sekolah
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar