RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3 : Tugasku
Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya
dengan pengalamannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengalamannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan
kegiatan yang dilakukan.
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang
telah ditulis.
PPKn
3.1.9
Menunjukkan contoh perilaku di sekolah
yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila.
4.1.6
Berperilaku di sekolah sesuai makna
simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Matematika
3.5.1
Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan
dengan satuan waktu.
4.5.5
Membaca jam yang menyatakan waktu
tertentu.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca puisi, siswa dapat menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca puisi, siswa dapat berperilaku di sekolah
sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati teks puisi, siswa dapat menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi dengan cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menceritakan isi puisi
di depan kelas dengan percaya diri.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat menyebutkan kegiatan
sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu dengan cermat.
¡ Dengan mengamati jam yang ada pada gambar,siswa dapat
membaca jam yang menyatakan waktu tertentu dengan disiplin.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat membuat jadwal hari Sabtu
berdasarkan kegiatan yang dilakukan dengan disiplin.
¡ Dengan membuat jadwal hari Sabtu, siswa dapat menyebutkan
urutan kegiatan dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan isi puisi.
¡ Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang
bervariasi.
¡ Membuat jadwal hari Sabtu berdasarkan kegiatan yang dilakukan
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar pada teks
puisi dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar pada teks puisi (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang ada pada teks (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks puisi ke depan kelas (mengomunikasikan).
§
Siswa memberikan penghargaan berupa tepuk tangan terhadap
kepercayaan diri teman yang membacakan puisi.
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan isi puisi “Arti Seorang
Sahabat” dengan disiplin.
§
Siswa menceritakan isi puisi “Arti Seorang Sahabat” (mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks puisi
“Arti Seorang Sahabat” (mengasosiasi).
§
Siswa menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan
makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila (mengasosiasi).
§
Siswa berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila
pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
§
Guru membimbing siswa untuk membuat pertanyaan yang berkaitan
dengan puisi “Arti Seorang Sahabat” dengan percaya diri.
§
Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan puisi “Arti
Seorang Sahabat” (menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang
dibuat kepada temannya (menanya).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa memperhatikan gambar Siti dan teman-temannya yang
memakai jam tangan pergi ke tempat ibadah agama mereka masing-masing
(mengamati).
§
Siswa memperhatikan gambar siswa yang pulang dari tempat
ibadah (mengamati).
§
Siswa menyebutkan kegiatan pergi ke tempat ibadah yang dihubungkan
dengan satuan waktu (mengasosiasi).
§
Siswa memperhatikan gambar jam (mengamati).
§
Siswa membaca jam yang menyatakan waktu tertentu (mengasosiasi).
§
Siswa menentukan pasangan jam tangan sesuai dengan waktu
yang ditentukan (mengasosiasi).
§
Siswa membuat jadwal hari Sabtu berdasarkan kegiatan yang dilakukan (mengasosiasi ).
§
Siswa mempraktikkan cara menyapu di depan kelas (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks puisi “Arti Seorang Sahabat”.
¡ Gambar siswa pergi ke tempat ibadah.
¡ Gambar siswa pulang dari tempat ibadah.
¡ Gambar jam analog.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar