RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku
Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
3.2.8
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik
tertentu.
4.21 Menulis cerita berdasarkan teks bacaan
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan
kegiatan yang dilakukan.
PPKn
3.1.9
Menjelaskan perilaku yang mencerminkan
sila kelima
4.1.4
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
nilai mencerminkan nilai sila kelima Pancasila
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya
pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif
yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak
dalam kehidupan sehari-hari.
4.11.5 Memperagakan gerakan sehari-hari dengan memperhatikan
tempo gerakan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar mengunjungi rumah paman, siswa
mendeskripsikan gambar yang diamati dengan cermat
¡ Dengan teks bacaan berkaitan dengan gambar yang diamati,
siswa dapat membaca lancar teks bacaan dengan memperhatikan EYD secara cermat dengan
membaca teks bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan cermat
¡ Dengan penugasan, siswa dapat membuat daftar pertanyaan
berkaitan dengan isi teks bacaan
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menjawab pertanyaan yang
diberikan dengan cermat dan percaya diri
¡ Dengan penugasan, siswa dapat membuat jam analog dari
bahan karton dengan cermat dan percaya diri
¡ Dari jam analog yang dibuat, siswa melakukan permainan
tebak-tebakan dengan disiplin dan penuh percaya diri
¡ Dengan teks bacaan dan mengamati gambar kegiatan nelayan
mendayung sampan, siswa dapat mengidentifikasi gerakan sehari-hari
¡ Dengan mengidentifikasi gerakan dan
mendemonstrasikannya, siswa dapat memperagakan gerakan dengan cermat dan
percaya diri
¡ Dengan penugasan, siswa dapat membuat jadwal harian
berdasarkan kegiatan yang dilakukan dengan cermat
¡ Dengan membuat jadwal harian, siswa dapat menulis cerita
berdasarkan teks bacaan dengan cermat dan percaya diri
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat menjelaskan
perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sosial dengan
cermat dan percaya diri
¡ Dengan menulis cerita, siswa dapat menunjukkan perilaku
yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sosial.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan pengalaman berlibur ke pantai
¡ Membuat jadwal kunjungan ke rumah paman
¡ Menirukan gerakan nelayan mendayung sampan
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar mengunjungi rumah paman (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks yang berjudul “Berkunjung ke Rumah Paman”
(mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
(mengasosiasi).
§
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (menanya).
§
Siswa saling mengajukan pertanyaan yang telah dibuatnya (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dengan disiplin.
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan
informasi)
§
Siswa mengamati gambar jam analog (mengamati).
§
Siswa membaca petunjuk membuat jam analog (mengamati).
§
Guru membimbing siswa untuk membuat jam analog dengan
cermat
§
Siswa membuat jam analog dari karton (mengasosiasi).
§
Guru memotivasi siswa untuk bermain tebak-tebakan dengan
percaya diri.
§
Siswa bermain tebak-tebakan secara berpasangan dengan jam
analog yang dibuat.
§
Siswa mengamati gambar tentang nelayan mendayung sampan
(mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang liburan Siti ke pantai (mengamati).
§
Siswa bertanya tentang gerakan nelayan mendayung sampan
(menanya)
§
Siswa mengidentifikasi gerakan yang ada di pantai (mengumpulkan
informasi).
§
Guru membimbing siswa menirukan gerakan nelayan sedang
mendayung sampan dengan percaya diri.
§
Siswa menirukan gerakan nelayan sedang mendayung sampan
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa membuat jadwal harian Siti dari kegiatan yang dilakukan
pada gambar dengan menuliskan waktu kegiatan (mengasosiasi).
§
Siswa menulis cerita berdasarkan isi bacaan (mengomunikasikan).
§
Siswa menyebutkan perilaku sosial dari teks cerita yang didengar
(mengasosiasi).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar suasana di rumah Paman.
¡ 2. Gambar anak melihat nelayan sedang mendayung sampan
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar