RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4
Mencatat peran masingmasing anggota
keluarga.
4.3.5
Menyimpulkan isi teks buku harian yang
telah ditulis.
Matematika
3.5.6 Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan
jarum panjang) untuk waktu tertentu.
4.5.3
Menggambarkan letak jarum jam yang
menyatakan waktu tertentu.
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak
dalam kehidupan sehari-hari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau
media yang lain.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai bentuk gerakan dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gerakan hewan atau tumbuhan di sekitar
rumah, siswa dapat menirukan gerakan burung dan gerakan pohon bambu dengan
cermat.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan
disiplin.
¡ Dengan mengelompokkan berbagai kegiatan, siswa dapat
mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati keterangan pada gambar, siswa dapat
menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu
tertentu dengan percaya diri.
¡ Dengan menentukan posisi jarum jam, siswa dapat menggambarkan
letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu dengan cermat.
¡ Dengan menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu,
siswa dapat menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta waktunya
dengan disiplin.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menirukan gerakan burung dan gerakan pohon bambu.
¡ Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
¡ Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum
panjang) untuk waktu tertentu.
¡ Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu
tertentu.
¡ Menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta
waktunya.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati lingkungan sekitar
dan gambar “Siti di belakang rumah sedang melihat pohon bambu” dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar “Siti di belakang rumah sedang melihat
pohon bambu” (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar “Siti memberi makan burung merpati”
(mengamati).
§
Siswa mengamati teks bacaan tentang hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gerakan burung terbang (menanya).
§
Siswa menanya tentang gerakan pohon bambu ditiup angin
(menanya).
§
Siswa menanya tentang menirukan gerakan hewan dan tumbuhan
(menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks (mengasosi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerakan tanaman dan
hewan dalam kehidupan sehari-hari (mengumpulkan informasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menirukan gerakan burung dan
gerakan pohon bambu dengan percaya diri.
§
Siswa menirukan gerakan burung dan gerakan pohon bambu
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menuliskan tugasnya, tugas ayah dan tugas ibu (mengasosiasi).
§
Siswa mengamati gambar Siti belajar di rumah yang didampingi
orang tua (mengamati).
§
Siswa mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (mengasosiasi).
§
Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa membuat pertanyaan tentang anggota keluarga (menanya).
§
Siswa menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah
beserta waktunya (mengasosiasi).
§
Siswa mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (mengasosiasi).
§
Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah
beserta waktunya (mengasosiasi).
§
Siswa menceritakan tugas Siti di rumah di depan teman-temannya
(mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks tentang hewan dan tumbuhan di sekitar rumah beserta
gambarnya.
¡ Gambar Siti belajar di rumah didampingi orang tuanya.
¡ Jam analog tanpa jarum.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar