Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                           :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.3    Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

PPKn
3.3.   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.5   Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
3.2.8   Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.2   Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar

Matematika
3.3.1   Menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat metematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 2 suku).
4.5.1   Memberikan alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan.

PPKn
3.3.1   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin
3.3.2   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran
4.3.1   Menceritakan keberagaman dengan anggota keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/karakter)

SBdP
3.1.1   Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.1   Menggambar ekpresif dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar.



D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
¡  Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
¡  Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
¡  Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
¡  Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dan EYD yang tepat.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertanggungjawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di rumah.
¡  Mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di rumah
¡  Gambar ekpresif dari berbagai media di lingkungan rumah.
¡  Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.


F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas Beni bermain di rumah (mengamati).
§   Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
§  Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
§  Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
§  Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
§  Siswa bertanya jawab tentang keberagaman anggota keluarga menurut jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan (menanya).
§  Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).
§  Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
§  Siswa melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks cerita percakapan Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri (mengomunikasikan).
§  Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan benda-benda yang diperlukan dengan percaya diri. (mengumpulkan informasi)
§  Siswa mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan tulisan tegak bersambung (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam buku (mengamati).
§  Siswa menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) (mencoba).
§  Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan (mencoba).
§  Siswa diarahkan guru berkreasi membuat gambar ekspresi dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menggambar ekspresif aktivitas bermain dengan anggota keluarga dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
¡  Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur disampingnya.
¡  Gambar tumpukan rumah kartu.
¡  Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
¡  Gambar berbagai garis, warna, bentuk dan tekstur.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
a.   Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di rumah.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)

b.   Melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
Sakit (skor 16)
Istirahat (skor 16)
Bosan (skor 16)
Sayang (skor 16)
Menggambar (skor 16)
Rukun (skor 20)

c.   Melengkapi cerita tentang diri sendiri
Banyak soal: 8 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban :
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa. (skor setiap jawaban 1)

d.   Kegiatan yang dilakukan di rumah
Banyak soal: 3 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)

e.   Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
32 (skor 25)
21 (skor 25)
17 (skor 25)
15 (skor 25)


3.   Penilaian Keterampilan

a.   Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks
2.
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

b.   Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok Aktivitas Bermain di Lingkungan Rumah.
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan mencatat hal-hal pokok

Siswa mampu mencatat keseluruhan hal-hal pokok

Siswa mampu mencatat sebahagian besar hal-hal pokok
Siswa mampu mencatat sebahagian kecil hal-hal pokok
Siswa belum mampu mencatat hal-hal pokok

2.
Ketetapan isi dalam mencatat hal-hal pokok
Siswa sangat tepat mencatat hal-hal pokok
Siswa cukup tepat mencatat hal-hal pokok dengan tepat
Siswa kurang tepat mencatat hal-hal pokok
Siswa belum tepat mencatat hal-hal pokok

3.
Ketepatan penulisan dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa sangat tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa cukup tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa kurang tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa belum tepat dalam mencatat hal-hal pokok

c.   Rubrik Penilaian Menulis Narasi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema

Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema

Sebagian besar karangan sesuai judul atau tema
Sebagian kecil karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi karangan belum sesuai

2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata

35 sampai 49 kata

15 sampai 34 kata

kurang dari 15 kata

3.
Penggunaan tulisan tegak bersambung
Seluruh isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Sebagian besar isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Sebagian kecil isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Tidak menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
4.
Penggunaan EYD

Seluruh tulisan menggunakan EYD yang tepat
Sebagian besar tulisan menggunakan EYD yang tepat
Sebagian kecil tulisan menggunakan EYD yang tepat
Tidak menggunakan EYD yang tepat


d.   Rubrik Penilaian Membuat Gambar Ekspresi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Komposisi gambar

siswa mampu menggambar dengan hasil gambar sangat seimbang kiri dan kanan tanpa bimbingan guru

siswa mampu menggambar dengan hasil gambar seimbang kiri dan kanan dengan bimbingan guru

Siswa mampu menggambar namun hasilnya kurang seimbang kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru.
Siswa mempu menggambar namun hasil gambar tidak seimbang kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru

2.
Proporsi gambar
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang sangat sesuai
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang cukup sesuai.
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang kurang sesuai
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang tidak sesuai.
3.
Kerapian dan kebersihan dalam menggambar

Gambar yang dibuat sangat rapi serta bersih pada bidang dasaran
Gambar yang dibuat rapi serta sedikit bersih pada bidang dasaran
Gambar yang dibuat kurang rapi serta kurang bersih pada bidang dasaran
Belum mampu menggambar dengan rapi dan bersih



e.   Rubrik Penilaian Memberi Alasan yang Berkaitan dengan Nilai Kebenaran Suatu Kesamaan.
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan dalam alasan yang diungkapkan

Seluruh alasan yang diungkapkan dengan tepat oleh siswa
Sebagian besar alasan yang diungkapkan dengan tepat oleh siswa
Sebagian kecil alasan yang diungkapkan dengan tepat oleh siswa

Tidak ada alasan yang diungkapkan dengan tepat oleh siswa

2.
Volume Suara

Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar