RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan
benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat,
panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Mengidentifikasi berbagai aktivitas
bermain di lingkungan sekitar.
3.2.8
Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain
dengan topik tertentu.
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang
aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar
Matematika
3.3.1
Menetukan suku yang belum diketahui dari
kalimat metematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas
kiri 2 suku).
4.5.1
Memberikan alasan yang berkaitan dengan
nilai kebenaran suatu kesamaan.
PPKn
3.3.1
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin
3.3.2
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan kegemaran
4.3.1
Menceritakan keberagaman dengan anggota
keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/karakter)
SBdP
3.1.1
Mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa.
4.1.1
Menggambar ekpresif dengan memanfaatkan
beragam media di lingkungan sekitar.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di
lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di
lingkungan rumah dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat
melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat
mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
¡ Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa
dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan
benda-benda yang digunakan pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan
cermat dan bertanggungjawab.
¡ Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa
dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan
rumah dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dan EYD yang tepat.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku
kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan
penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang
berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi
bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan
cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif
aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar
dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan
bertanggungjawab.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di rumah.
¡ Mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di
rumah
¡ Gambar ekpresif dari berbagai media di lingkungan rumah.
¡ Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan
penjumlahan.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas Beni
bermain di rumah (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar Beni dan
Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
§
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur
menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
§
Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban pertanyaan
yang dibuatnya dengan teman sebangku (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di
lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur
(mengamati).
§
Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
§
Siswa bertanya jawab tentang keberagaman anggota keluarga
menurut jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan
(menanya).
§
Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).
§
Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi
percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
§
Siswa melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan Beni
dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks cerita percakapan
Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga
yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi
cerita tentang dirinya sendiri (mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang
bisa dilakukan di rumah dan benda-benda yang diperlukan dengan percaya diri.
(mengumpulkan informasi)
§
Siswa mengelompokkan benda-benda yang digunakan pada
aktivitas bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas
bermain di lingkungan sekitar dengan tulisan tegak bersambung
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam
buku (mengamati).
§
Siswa menentukan suku kata yang belum diketahui dari
kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas
kiri 1 suku) (mencoba).
§
Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai
kebenaran suatu kesamaan (mencoba).
§
Siswa diarahkan guru berkreasi membuat gambar ekspresi
dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§
Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam
membuat karya senirupa gambar ekspresif (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menggambar ekspresif aktivitas bermain dengan
anggota keluarga dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar
dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
¡ Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur
disampingnya.
¡ Gambar tumpukan rumah kartu.
¡ Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
¡ Gambar berbagai garis, warna, bentuk dan tekstur.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota
keluarga di rumah.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)
b. Melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
Sakit (skor 16)
Istirahat (skor 16)
Bosan (skor 16)
Sayang (skor 16)
Menggambar (skor 16)
Rukun (skor 20)
c. Melengkapi cerita tentang
diri sendiri
Banyak soal: 8 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban :
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa. (skor setiap
jawaban 1)
d. Kegiatan yang dilakukan di rumah
Banyak soal: 3 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)
e. Menentukan suku kata yang belum
diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
32 (skor 25)
21 (skor 25)
17 (skor 25)
15 (skor 25)
3. Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
b. Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok
Aktivitas Bermain di Lingkungan Rumah.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan mencatat hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat keseluruhan
hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat
sebahagian besar hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat
sebahagian kecil hal-hal pokok
|
Siswa belum mampu mencatat
hal-hal pokok
|
2.
|
Ketetapan isi dalam mencatat
hal-hal pokok
|
Siswa sangat tepat mencatat
hal-hal pokok
|
Siswa cukup tepat mencatat hal-hal
pokok dengan tepat
|
Siswa kurang tepat mencatat
hal-hal pokok
|
Siswa belum tepat mencatat
hal-hal pokok
|
3.
|
Ketepatan penulisan dalam
mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa sangat tepat
dalam mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa cukup tepat dalam
mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa kurang tepat
dalam mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa belum tepat
dalam mencatat hal-hal pokok
|
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul
atau tema
|
Sebagian besar karangan sesuai
judul atau tema
|
Sebagian kecil karangan sesuai
judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Jumlah kata yang digunakan
|
50 atau lebih kata
|
35 sampai 49 kata
|
15 sampai 34 kata
|
kurang dari 15 kata
|
3.
|
Penggunaan tulisan tegak
bersambung
|
Seluruh isi menggunakan tulisan
tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian besar isi menggunakan
tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian kecil isi menggunakan
tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Tidak menggunakan tulisan tegak
bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
4.
|
Penggunaan EYD
|
Seluruh tulisan menggunakan EYD
yang tepat
|
Sebagian besar tulisan
menggunakan EYD yang tepat
|
Sebagian kecil tulisan
menggunakan EYD yang tepat
|
Tidak menggunakan EYD yang
tepat
|
d. Rubrik Penilaian Membuat Gambar Ekspresi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Komposisi gambar
|
siswa mampu menggambar dengan
hasil gambar sangat seimbang kiri dan kanan tanpa bimbingan guru
|
siswa mampu menggambar dengan
hasil gambar seimbang kiri dan kanan dengan bimbingan guru
|
Siswa mampu menggambar namun
hasilnya kurang seimbang kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru.
|
Siswa mempu menggambar namun
hasil gambar tidak seimbang kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru
|
2.
|
Proporsi gambar
|
Terlihat hasil gambar
mempunyai proporsi yang sangat sesuai
|
Terlihat hasil gambar
mempunyai proporsi yang cukup sesuai.
|
Terlihat hasil gambar
mempunyai proporsi yang kurang sesuai
|
Terlihat hasil gambar
mempunyai proporsi yang tidak sesuai.
|
3.
|
Kerapian dan kebersihan dalam
menggambar
|
Gambar yang dibuat sangat rapi
serta bersih pada bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat rapi serta
sedikit bersih pada bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat kurang rapi
serta kurang bersih pada bidang dasaran
|
Belum mampu menggambar dengan
rapi dan bersih
|
e. Rubrik Penilaian Memberi Alasan yang
Berkaitan dengan Nilai Kebenaran Suatu Kesamaan.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan dalam alasan yang
diungkapkan
|
Seluruh alasan yang diungkapkan
dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian besar alasan yang
diungkapkan dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian kecil alasan yang
diungkapkan dengan tepat oleh siswa
|
Tidak ada alasan yang
diungkapkan dengan tepat oleh siswa
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak
terdengar
|
3.
|
Kemampuan siswa memberikan alasan
nilai kebenaran kesamaan
|
Siswa mampu memberikan seluruh
alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian
besar alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian
kecil alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
|
Siswa tidak mampu memberikan
alasan nilai kebenaran kesamaan
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar