Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     5
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.6    Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.6.2   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama dengan iringan musik dalam aktivitas gelak ritmik.
3.6.4   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1   Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
4.6.2   Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.

Bahasa Indonesia
3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.

PPKn
3.4.8   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  . Dengan mengamati gambar gerakan senam, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama dengan iringan musik dalam aktivitas gelak ritmik dengan teliti.
¡  Dengan mengamati gambar gerakan senam, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡  Dengan pemodelan, siswa dapat bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan percaya diri.
¡  Dengan pemodelan, siswa dapat mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks “Hari Senam Bersama”, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman suku bangsa dengan menggunakan bahasa yang santun.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter) dengan percaya diri.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor.
¡  Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor.
¡  Gerakan bebas mengikuti irama (ketukan).
¡  Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.
¡  Manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡  Bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
¡  Perilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati berbagai gambar tentang berbagai gerakan lokomotor dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati berbagai gambar tentang berbagai gerakan lokomotor (mengamati).
§  Siswa menanya tentang berbagai gambar tentang berbagai gerakan lokomotor (menanya).
§  Siswa lain mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukkan temannya (menalar).
§  Siswa membaca teks tentang kegiatan olahraga perumahan Udin (mencoba).
§  Siswa mengamati guru memberikan contoh berbagai gerakan lokomotor (mengamati).
§  Siswa menirukan gerakan sesuai yang dicontohkan guru (mencoba).
§  Setelah melakukan gerakan, siswa kemudian menjawab pertanyaan sesuai kegiatan yang telah dilakukan (menalar).
§  Siswa menyampaikan jawaban yang telah ditulis masing-masing siswa (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain mengomentari jawaban yang disampaikan temannya (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca percakapan (mengamati).
§  Bertanya jawab tentang teks percakapan (menanya dan menalar).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang telah dibaca (menalar).
§  Menyampaikan jawaban yang telah ditulis (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk bermain menangkap ekor ular naga.
§  Siswa diajak untuk bermain menangkap ekor ular naga (mencoba).
§  Siswa melakukan permainan (mencoba).
§  Siswa diajak membaca balon percakapan pada gambar ketika siswa sedang bermain (mengamati).
§  Siswa diajak menjawab pertanyaan sesuai isi balon percakapan (mengomunikasikan).
§  Siswa saling memeriksa jawaban berdasarkan pertanyaan yang telah dijawab (menalar).
§  Siswa membaca pengalaman Udin dengan lancar (mengamati)
§  Bertanya jawab tentang teks yang telah dibaca (menalar dan menanya).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis pengalamannya sesuai dengan teks yang telah dibaca dengan bahasa yang santun.
§  Masing-masing siswa menulis pangalamannya sesuai dengan teks yang telah dibaca (mencoba).
§  Siswa membacakan pengalaman yang telah ditulis (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain menanggapi cerita pengalaman siswa (mengomunikasikan).
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa (menanya dan menalar).
§  Guru memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan verbal.
§  Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri (mencoba).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar berbagai gerakan lokomotor dalam aktivitas senam.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Jumlah Soal: 5 Butir

Kunci Jawaban:
1. Yang meminta maaf adalah Udin (skor 20).
2. Karena ia meninggalkan sepedanya sembarangan (skor 20).
3. Ia minta maaf pada ayah Edo (skor 20).
4. Ia dimaafkan (skor 20).
5. Ia akan menyesali perbuatannya (skor 20).

3.   Penilaian Keterampilan

Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan


Lembar Penilaian Melakukan Pola Gerak Dasar Lokomotor
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan permainan



Hasil Penilaian Melakukan Pola Gerak Dasar Lokomotor
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar