RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 5
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.6.2
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor sesuai irama dengan iringan musik dalam aktivitas gelak
ritmik.
3.6.4
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmik.
4.6.1
Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
4.6.2
Mengayunkan lengan ke berbagai arah
sesuai irama.
Bahasa
Indonesia
3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.
PPKn
3.4.8 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ . Dengan mengamati gambar gerakan senam, siswa dapat
mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama
dengan iringan musik dalam aktivitas gelak ritmik dengan teliti.
¡ Dengan mengamati gambar gerakan senam, siswa dapat
mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama
(ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡ Dengan pemodelan, siswa dapat bergerak bebas mengikuti
irama (ketukan) dengan percaya diri.
¡ Dengan pemodelan, siswa dapat mengayunkan lengan ke
berbagai arah sesuai irama dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menjelaskan
manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menerapkan
permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman
dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks “Hari Senam Bersama”, siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keragaman suku bangsa dengan menggunakan bahasa yang santun.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat berperilaku rukun dengan
setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat
(karakter) dengan percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar
lokomotor.
¡ Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor.
¡ Gerakan bebas mengikuti irama (ketukan).
¡ Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama.
¡ Manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡ Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡ Bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
¡ Perilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati berbagai gambar
tentang berbagai gerakan lokomotor dengan teliti (mengamati).
§
Siswa mengamati berbagai gambar tentang berbagai gerakan
lokomotor (mengamati).
§
Siswa menanya tentang berbagai gambar tentang berbagai
gerakan lokomotor (menanya).
§
Siswa lain mendapatkan kesempatan untuk menjawab
pertanyaan yang diajukkan temannya (menalar).
§
Siswa membaca teks tentang kegiatan olahraga perumahan
Udin (mencoba).
§
Siswa mengamati guru memberikan contoh berbagai gerakan
lokomotor (mengamati).
§
Siswa menirukan gerakan sesuai yang dicontohkan guru
(mencoba).
§
Setelah melakukan gerakan, siswa kemudian menjawab
pertanyaan sesuai kegiatan yang telah dilakukan (menalar).
§
Siswa menyampaikan jawaban yang telah ditulis
masing-masing siswa (mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain mengomentari jawaban yang disampaikan
temannya (mengomunikasikan).
§
Siswa membaca percakapan (mengamati).
§
Bertanya jawab tentang teks percakapan (menanya dan
menalar).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan
yang telah dibaca (menalar).
§
Menyampaikan jawaban yang telah ditulis
(mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk bermain menangkap ekor ular
naga.
§
Siswa diajak untuk bermain menangkap ekor ular naga
(mencoba).
§
Siswa melakukan permainan (mencoba).
§
Siswa diajak membaca balon percakapan pada gambar ketika
siswa sedang bermain (mengamati).
§
Siswa diajak menjawab pertanyaan sesuai isi balon
percakapan (mengomunikasikan).
§
Siswa saling memeriksa jawaban berdasarkan pertanyaan
yang telah dijawab (menalar).
§
Siswa membaca pengalaman Udin dengan lancar (mengamati)
§
Bertanya jawab tentang teks yang telah dibaca (menalar
dan menanya).
§
Guru membimbing siswa untuk menulis pengalamannya sesuai
dengan teks yang telah dibaca dengan bahasa yang santun.
§
Masing-masing siswa menulis pangalamannya sesuai dengan
teks yang telah dibaca (mencoba).
§
Siswa membacakan pengalaman yang telah ditulis
(mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain menanggapi cerita pengalaman siswa
(mengomunikasikan).
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa
(menanya dan menalar).
§
Guru memberikan penghargaan dan penguatan terhadap
prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan verbal.
§
Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri
(mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar berbagai gerakan lokomotor dalam aktivitas senam.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Jumlah Soal: 5 Butir
Kunci Jawaban:
1. Yang meminta maaf adalah Udin (skor 20).
2. Karena ia meninggalkan sepedanya sembarangan (skor 20).
3. Ia minta maaf pada ayah Edo (skor 20).
4. Ia dimaafkan (skor 20).
5. Ia akan menyesali perbuatannya (skor 20).
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian Kemampuan Membaca
Lancar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
Lembar Penilaian Melakukan
Pola Gerak Dasar Lokomotor
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
|
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
|
|
3.
|
Mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan permainan
|
|
|
Hasil Penilaian Melakukan
Pola Gerak Dasar Lokomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar