RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3 : Tugasku
Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi, dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Matematika
3.5.1
Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan
dengan satuan waktu.
4.5.3
Menggambarkan letak jarum jam yang
menyatakan waktu tertentu.
SBdP
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda
birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5.1
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola
irama yang bervariasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat membaca cerita
narasi yang telah di tulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan cermat.
¡ Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan
berbagai jenis kegiatan dilingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar jam analog, siswa dapat
menyebutkan kegiatan seharihari yang dihubungkan dengan satuan waktu dengan
percaya diri.
¡ Dengan membaca keterangan pada gambar, siswa dapat
menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu dengan disiplin.
¡ Dengan menyimak bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan
pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan disiplin.
¡ Dengan memahami pola irama lagu, siswa dapat menyanyikan
lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
¡ Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang
bervariasi
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar “Dayu bercerita
di depan teman kelompoknya” dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar “Dayu bercerita di depan teman kelompoknya”
(mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan belajar bercerita (mengamati).
§
Guru membimbing siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada
di buku siswa.
§
Siswa memberikan jawaban secara lisan.
§
Siswa menanya tentang tugas umat beragama (menanya).
§
Siswa menanya tentang agama temannya (menanya).
§
Siswa menanya tentang menghormati agama lain (menanya).
§
Siswa mempersiapkan diri untuk bercerita tentang hasil belajar
kelompok.
§
Siswa bercerita tentang hasil belajar kelompok (mengomunikasikan).
§
Siswa lain menanggapi isi cerita yang didengar.
§
Siswa kembali duduk di bangku.
§
Siswa mengingat waktu selesai mengerjakan tugas kelompok.
§
Siswa juga mengingat waktu selesai belajar bercerita bersama
teman sekelompok.
§
Siswa menggambarkan jam analog tentang waktu selesai mengerjakan
tugas kelompok (mengasosiasi).
§
Siswa juga menggambar jam analog tentang waktu selesai
belajar bercerita bersama teman sekelompok (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan langkah menggambar
jarum jam analog yang menunjukkan waktu tertentu dengan disiplin.
§
Siswa menyimpulkan langkah menggambar jarum jam analog
yang menunjukkan waktu tertentu (mengasosiasi).
§
Siswa mengamati gambar Dayu dan teman-teman menonton TV
(mengamati).
§
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati (menanya).
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Satu Nusa
Satu Bangsa” dengan percaya diri.
§
Siswa mendengarkan dan melihat video lagu “Satu Nusa Satu
Bangsa” (mengamati).
§
Siswa mengamati guru mengajarkan tentang pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mengamati).
§
Siswa menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada
alat musik ritmis (mengomunikasikan).
§
Siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan pola
irama yang bervariasi (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks bacaan belajar bercerita
¡ Gambar Dayu bercerita di depan teman kelompoknya
¡ Gambar jam analog
¡ Gambar Dayu dan teman-temannya menonton TV
¡ Video lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
¡ Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar