Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama) Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3                   :     Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke          :     3
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.5    Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi, dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5    Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.2   Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
3.5.1   Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.
4.5.3   Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu.

SBdP
3.2.2   Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5.1   Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat membaca cerita narasi yang telah di tulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan cermat.
¡  Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan berbagai jenis kegiatan dilingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati media gambar jam analog, siswa dapat menyebutkan kegiatan seharihari yang dihubungkan dengan satuan waktu dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca keterangan pada gambar, siswa dapat menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu dengan disiplin.
¡  Dengan menyimak bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan disiplin.
¡  Dengan memahami pola irama lagu, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
¡  Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar “Dayu bercerita di depan teman kelompoknya” dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar “Dayu bercerita di depan teman kelompoknya” (mengamati).
§  Siswa membaca teks bacaan belajar bercerita (mengamati).
§  Guru membimbing siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
§  Siswa memberikan jawaban secara lisan.
§  Siswa menanya tentang tugas umat beragama (menanya).
§  Siswa menanya tentang agama temannya (menanya).
§  Siswa menanya tentang menghormati agama lain (menanya).
§  Siswa mempersiapkan diri untuk bercerita tentang hasil belajar kelompok.
§  Siswa bercerita tentang hasil belajar kelompok (mengomunikasikan).
§  Siswa lain menanggapi isi cerita yang didengar.
§  Siswa kembali duduk di bangku.
§  Siswa mengingat waktu selesai mengerjakan tugas kelompok.
§  Siswa juga mengingat waktu selesai belajar bercerita bersama teman sekelompok.
§  Siswa menggambarkan jam analog tentang waktu selesai mengerjakan tugas kelompok (mengasosiasi).
§  Siswa juga menggambar jam analog tentang waktu selesai belajar bercerita bersama teman sekelompok (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan langkah menggambar jarum jam analog yang menunjukkan waktu tertentu dengan disiplin.
§  Siswa menyimpulkan langkah menggambar jarum jam analog yang menunjukkan waktu tertentu (mengasosiasi).
§  Siswa mengamati gambar Dayu dan teman-teman menonton TV (mengamati).
§  Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati (menanya).
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan percaya diri.
§  Siswa mendengarkan dan melihat video lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” (mengamati).
§  Siswa mengamati guru mengajarkan tentang pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mengamati).
§  Siswa menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis (mengomunikasikan).
§  Siswa menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan pola irama yang bervariasi (mengomunikasikan).

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Teks bacaan belajar bercerita
¡  Gambar Dayu bercerita di depan teman kelompoknya
¡  Gambar jam analog
¡  Gambar Dayu dan teman-temannya menonton TV
¡  Video lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
¡  Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar