RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.3 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 500
sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua bilangan
asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.7
Menyebutkan urutan aktivitas bermain
dengan topik tertentu.
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang
telah ditulis
Matematika
3.2.9
Menyatakan perkalian (dua bilangan dua
angka dan satu angka kurang dari 5 ) dari susunan benda konkret.
4.3.6
Mengurai sebuah bilangan menjadi
perkalian 3 bilangan satu angka dengan berbagai kemungkinan.
PPKn
3.4.2
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.12 Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/ tugas
dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,agama, suku dan
sifat (karakter).
SBdP
3.1.3
Menjelaskan teknik membuat karya seni
rupa.
4.3.2
Mewarnai gambar imajinatif yang telah
dibuat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membacakan cerita
tentang tempat wiasata yang pernah dikunjungi dengan percaya diri.
¡ Dengan petunujuk guru, siswa dapat mencatat hal-hal
penting dari cerita teman dengan cermat.
¡ Dengan hal-hal penting dari cerita teman, siswa dapat
menuliskan tentang apa yang diceritakan teman dengan cermat.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyimpulkan isi
cerita narasi yang telah ditulis dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar kegiatan berwisata ke pantai,
siswa dapat melengkapi kalimat dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman jenis
kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman
kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar berwisata ke pantai dengan cermat.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan sikap
bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) dengan
percaya diri
¡ Dengan memperhatikan contoh soal, siswa dapat menyatakan
perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan
benda konkret dengan cermat, percaya diri, dan tanggung jawab.
¡ Dengan memperhatikan contoh soal, siswa dapat mengurai
sebuah bilangan menjadi perkalian 3 bilangan satu angka dengan berbagai
kemungkinan dengan cermat, percaya diri, dan tanggung jawab.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat menjelaskan teknik
membuat karya rupa kolase dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mewarnai gambar
imajinatif yang telah dibuat dengan teknik kolase dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyebutkan urutan aktivitas bermain di tempat wisata.
¡ Mengurai sebuah bilangan menjadi perkalian 3 bilangan satu
angka dengan berbagai kemungkinan.
¡ Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam
keberagaman.
¡ Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
¡ Mewarnai gambar imaginatif yang tealh dibuat.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar
§
Siswa melengkapi kalimat
§
Guru membimbing siswa untuk membacakan teks cerita yang
telah ditulis tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi dengan cermat
(mengomunikasikan).
§
Siswa membacakan teks cerita yang telah ditulis tentang
tempat wisata yang pernah dikunjungi (mengamati).
§
Siswa menanya teks cerita yang telah ditulis kemarin
tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi (menanya).
§
Siswa mencatat hal-hal penting dari cerita teman yang
didengar (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menuliskan tentang apa yang diceritakan teman
(mengomunikasikan).
§
Siswa menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar kegiatan berwisata ke pantai
(mengamati).
§
Siswa melengkapi kalimat berdasarkan gambar (menalar).
§
Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin (menanya).
§
Siswa menyebutkan urutan aktivitas berwisata ke pantai
(menanya).
§
Siswa bertanya jawab menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi (menanya).
§
Siswa berdiskusi kelompok menjawab pertanyaan berdasarkan
gambar berwisata ke pantai (menalar).
§
Siswa berdiskusi kelompok menunjukkan sikap bekerja sama
dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang berbeda jenis
kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) (menalar).
§
Siswa berdiskusi kelompok tentang akibat jika tidak
bekerja sama (menalar).
§
Siswa memperhatikan gambar 120 kulit kerang (mengamati).
§
Menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu
angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret (mencoba).
§
Siswa mengelompokkan kulit kerang pada gambar (mencoba).
§
Siswa menentukan bahwa setiap kelompok harus memiliki
jumlah kulit kerang yang sama (mencoba).
§
Siswa membuat kalimat perkalian yang lain untuk 120
(mencoba).
§
Siswa mengerjakan latihan tentang perkalian (dua bilangan
dua angka dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret (mencoba).
§
Siswa memperhatikan contoh penguraian sebuah bilangan
menjadi perkalian 3 bilangan satu angka dengan berbagai kemungkinan
(mengamati).
§
Siswa mengurai sebuah bilangan menjadi perkalian 3
bilangan satu angka dengan berbagai kemungkinan (mencoba).
§
Siswa menjelaskan teknik membuat karya rupa kolase dengan
petunjuk guru (mengomunikasikan).
§
Siswa ditugaskan mewarnai gambar imajinatif yang telah
dibuat dengan teknik kolase (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar berwisata ke Pantai.
¡ Contoh gambar kolase tentang tempat wisata.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian tentang melengkapi kalimat
berdasarkan gambar berwisata ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 10 buah
Kunci Jawaban: berwisata, 7 pagi, bus sekolah, pantai,
mengamati benda di sekitar pantai, makan siang, menggelar tikar, menyiapkan
piring dan gelas, pulang, memungut sampah.
b. Mendiskusikan sikap bekerja sama
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci Jawaban: jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka
dan satu angka kurang dari 5) dari susunan benda konkret.
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci Jawaban:
1. 150 = 75 x 2 2 kelompok masing-masing 75 benda
150 = 50 x 3 3 kelompok masing-masing 50 benda
150 = 30 x 5 5 kelompok masing-masing 30 benda
2. 200 = 50 x 4 4 kelompok masing-masing 50 benda
200 = 40 x 5 5 kelompok masing-masing 40 benda
200 = 20 x 10 10 kelompok masing-masing 20 benda
d. Mengurai sebuah bilangan menjadi perkalian 3
bilangan satu angka dengan berbagai kemungkinan
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1. 27 = 3 x 3 x 3
2. 64 = 4 x 4 x4
3. 216 = 6 x 6 x 6
4. 125 = 5 x 5 x 5
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
A. Rubrik Menyimpulkan Isi Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuian simpulan dengan isi cerita
|
Simpulan mewakili keseluruhan isi cerita
|
Simpulan mewakili sebahagian besar isi cerita
|
Simpulan mewakili sebahagian kecil isi cerita
|
Simpulan belum mewakili isi cerita.
|
2.
|
Ketepatan penggunaan EYD
|
Seluruh tulisan menggunakan EYD yang tepat
|
Setengah atau lebih tulisan menggunakan EYD yang tepat
|
Kurang dari setengah tulisan menggunakan EYD yang
tepat
|
Seluruh tulisan belum menggunakan EYD yang tepat
|
B. Rubrik Membuat Kolase
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
komposisi
|
Gambar yang dibuat siswa kesatuannya sangat seimbang
|
Gambar yang dibuat siswa kesatuannya seimbang
|
Gambar yang dibuat siswa kesatuannya kurang seimbang.
|
Gambar yang dibuat siswa kesatuannya tidak seimbang
|
2.
|
kreativitas
|
Gambar yang dibuat siswa sangat kreatif
|
Gambar yang dibuat siswa kreatif
|
Gambar yang dibuat siswa kurang kreatif
|
Gambar yang dibuat siswa tidak kreatif
|
3.
|
Keindahan
|
Gambar yang dihasilkan siswa sangat indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa kurang indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa tidak indah
|
Penilaian : Lembar
pengamatan/observasi
C. Lembar Pengamatan mengurai sebuah bilangan
menjadi perkalian 3 bilangan satu angka dengan berbagai kemungkinan
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Siswa mampu menguraikan bilangan 27 menjadi perkalian 3 angka
|
....
|
....
|
2
|
Siswa mampu menguraikan bilangan 64
menjadi perkalian 3 angka
|
....
|
....
|
3
|
Siswa mampu menguraikan bilangan 216 menjadi perkalian
3 angka
|
....
|
....
|
4
|
Siswa mampu menguraikan bilangan 125 menjadi perkalian
3 angka
|
....
|
....
|
Hasil Pengamatan Mengurai
sebuah bilangan menjadi perkalian 3 bilangan satu angka dengan berbagai
kemungkinan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
D. Lembar
Pengamatan bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah
yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter)
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Saling membantu dengan ikhlas
|
....
|
....
|
2
|
Kekompakan dalam melakukan kegiatan
|
....
|
....
|
3
|
Saling bertukar ide atau pendapat
|
....
|
....
|
4
|
Sikap saling memotivasi
|
....
|
....
|
Hasil
Pengamatan berprilaku menerima keberagaman teman
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar