RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain
di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.4 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
PPKn
3.3.5
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6
Menyebutkan keberagamn teman-teman satu
kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.6
Menceritakan perilaku rukun dengan teman
di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat(karakter), agama dan
suku bangsa.
SBdP
3.4.1
Mengidentifikasi bahan alam di
lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau)
4.13.1 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda
dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat
(bahan daun).
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai lagu daerah dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
¡ Dengan pengalaman yang pernah dilakukan, siswa dapat
menceritakan aktivitas bernyanyi yang pernah dilakukannya di depan kelas dengan
percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan asal lagu
Gundhul Pacul dengan cermat dan percaya diri.
¡ Berdasarkan lagu Gundhul Pacul yang dinyanyikan guru,
siswa dapat melengkapi lirik lagu yang masih kosong dengan cermat.
¡ Dengan melakukan kegiatan menyanyi, siswa dapat
menyanyikan lagu Gundhul Pacul secara bersama-sama dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar
permainan malele dari awal hingga akhir dengan cermat.
¡ Dengan teks yang telah ditulis tentang urutan permainan
Kayu Malele, siswa dapat membacakan cerita narasi di depan kelas dengan percaya
diri.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat mendiskusikan
jawaban pertanyaan berdasarkan gambar dengan bertanggung jawab.
¡ Berdasarkan jawaban pertanyaan, siswa dapat menceritakan
perilaku rukun dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang
berbeda jenis kelamin dan kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan cermat dan percaya
diri.
¡ Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan
alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan cermat.
¡ Dengan menggunakan berbagai bahan alam di lingkungan
sekitar, siswa dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda melalui
kegiatan melipat (bahan daun) dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Teks cerita narasi
¡ Tata cara urutan aktivitas bermain membuat cincau
¡ Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukan sikap
bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu
§
Siswa membaca teks bacaan yang berkaitan dengan lagu
Gundhul Pacul (mengamati).
§
Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Gundhul Pacul di
depan kelas (mengamati).
§
Siswa melengkapi lirik lagu Gudhul Pacul yang masih
kosong berdasarkan lagu yang telah dinyanyikan guru di depan kelas
(mengasosiasi).
§
Siswa bertanya kepada temannya tentang jawaban lagu yang
telah dilengkapi (menanya).
§
Guru membimbing siswa mendiskusikan isi lagu rumpang yang
telah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menyanyikan lagu Gundhul Pacul yang telah
dilengkapi dengan tepat secara klasikal (mengomunikasikan).
§
Guru bertanya tentang informasi daerah asal lagu Gundhul
Pacul yang telah dinyanyikan siswa selanjutnya guru memberikan pertanyaan
tentang lagu daerah asal siswa (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru
(mengasosiasi).
§
Siswa menyanyikan berbagai lagu daerah yang diketahuinya
di depan kelas secara bergantian (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar tentang permainan kayu malele
(mengamati).
§
Siswa mengurutkan gambar acak tentang permainan Kayu
Malele yang diamatinya menjadi gambar seri yang utuh (mengasosiasi).
§
Siswa menjelaskan permainan kayu malele berdasarkan
gambar yang telah disusun dengan utuh dan tepat (mengomunikasikan).
§
Siswa mendiskusikan urutan gambar seri yang utuh
(mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang permainan kayu malele
(mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan sikap Bermain
di Lingkunganku dalam bermain (mengasosiasi).
§
Guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi
dengan penuh rasa tanggung jawab (mengamati).
§
Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang didapat
(mengasosiasi).
§
Siswa menceritakan perilaku rukun dalam melaksanakan
kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin dan
kegemaran (mengomunikasikan).
§
Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin (mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan kegemaran/hobi (mengomunikasikan).
§
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membuat karya
dengan teknik meniup secara percaya diri (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi bahan alam yang ada di lingkungan
sekitar untuk membuat karya kreatif (menanya).
§
Siswa menyiapkan alat dan bahan yaitu: daun kering, cat
pewarna, dan sedotan plastik dan siswa mengamati petunjuk cara membuat karya
kreatif dengan teknik meniup(mengamati).
§
Siswa membuat karya dengan menggunakan bahan alam di
lingkungan sekitar dengan teknik meniup (mengasosiasi).
§
Siswa menampilkan hasil karya seni di depan kelas
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar lirik lagu Gundhul Pacul
¡ Gambar permainan kayu malele
¡ Alat dan bahan membuat karya seni kreatif
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Melengkapi lirik lagu
Banyak soal : 4 buah kotak
kosong pada lirik lagu.
Kunci jawaban :
1) Gundhul pacul cul (skor 25)
2) Kelelelangan (skor 25)
3) Ngglimpang (skor 25)
4) Segane dadi saklatar (skor 25)
b. Menjawab pertanyaan keberagaman dan kerjasama
dalam bermain lingkungan sekolah.
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1) Kerjasama dalam permainan antar anggota kelompok (skor 25)
2) Maka kita akan merasa bosan (skor 25)
3) Rukun (skor 25)
4) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian
Bernyanyi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian lafal dengan lirik
lagu
|
Saat bernyanyi lafal sangat
sesuai dengan liriknya
|
Saat bernyayi ada 1 lafal yang
berbeda dengan lirik
|
Saat bernyanyi ada beberapa
lafal yang berbeda dengan lirik
|
Lafal tidak sesuai dengan
lirik lagu
|
2.
|
Intonasi suara
|
Intonasi suara bervariasi
|
Intonasi suara kurang bervariasi
|
Intonasi suara datar
|
Intonasi sesuai tidak sesuai.
|
3.
|
Antusiasme dalam bernyanyi
|
Saat bernyanyi siswa terlihat
bersemangat
|
Saat bernyanyi siswa terlihat
biasa
|
Saat bernyanyi siswa terlihat
kurang bersemangat
|
Saat bernyanyi siswa terlihat
tidak bersemangat
|
b. Rubrik Penilaian Menceritakan Kegiatan
Bernyanyi yang Pernah dilakukan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita
disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian
cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak
terdengar
|
c. Rubrik Penilaian Membacakan Teks Narasi
Urutan Permainan Kayu Malele yang Telah Ditulis.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah
bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
d. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kerajinan
sebagai Penghias Benda menggunakan Bahan Alam dengan Kegiatan Melipat
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan melipat daun
pisang/daun nangka
|
Lipatan daun pisang/nangka rapi
dan simetris
|
Lipatan daun pisang/nangka rapi
dan kurang simetris
|
Lipatan daun pisang/nangka kurang
rapi dan tidak simetris
|
Lipatan daun pisang/nangka tidak
rapa dan tidak simetris
|
2.
|
Kreatifitas dalam melipat daun
pisang/ nangka
|
Sangat kreatif dalam melipat
daun nangka / pisang
|
Kreatif dalam melipat daun
nangka/pisang
|
Cukup kreatif melipat daun
nangka/pisang
|
Belum kreatif melipat daun
nangka/ pisang
|
3.
|
Keindahan karya yang dihasilkan
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan rasa kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan kurang enak dilihat
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan tidak enak dilihat
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar