RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan
benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat,
panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di
lingkungan rumah.
3.2.2 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan
topik tertentu.
4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Matematika
3.3.1
Menentukan suku yang belum diketahui dan
kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri
dari 2 suku).
4.5.1
Mengemukakan langkah-langkah menetukan
suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan
kiri terdiri dari 2 suku).
PJOK
3.1.1
Mengidentifikasi berbagai variasi pola
gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
4.1.1
Melakukan variasi gerak jalan ke
berbagai arah.
4.1.2
Melakukan variasi lari ke berbagai arah.
4.1.3
Melakukan variasi lompat ke berbagai arah.
4.1.4
Melakukan variasi lempar ke berbagai
arah.
PPKn
3.3.1
Menjelaskan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan sifat-sifat yang dimilki (pendiam, ramah, suka menolong, suka
marah, sabar, dll)
4.3.1
Menceritakan pengalaman ketika membantu anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter)
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati guru membaca teks, siswa dapat membaca
teks narasi tentang bermain di lingkungan rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca teks
percakapan Beni, Ibu dan Tiur dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati teman membaca teks percakapan, siswa
dapat mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah dilakukan dengan
cermat.
¡ Dengan mengisi kalimat berdasarkan teks percakapan,
siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat
yang dimiliki dengan cermat.
¡ Setelah membaca dan mengamati teks percakapan, siswa
dapat mengatakan makna keberagaman karakteristik individu di rumah dengan
cermat.
¡ Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat menyebutkan
urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan dengan cermat dan bertanggungjawab.
¡ Dengan melengkapi kalimat, siswa dapat menceritakan
pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,
dan sifat dalam berbelanja dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan permainan
belanja-belanjaan dengan bertanggungjawab.
¡ Dengan mengamati teks bermain yang dilakukan Beni dan
Tiur, siswa dapat menceritakan aktivitas bermain dilingkungan rumah dengan
percaya diri.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dengan
percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan
variasi gerak jalan ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan
variasi lari ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan
variasi lompat ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan media gambar, siswa melakukan gerak
lempar ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menentukan
suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan
penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati soal, siswa dapat mengemukakan
langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika
penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
¡ Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan
penjumlahan.
¡ Teks cerita berbagai aktivitas di lingkungan rumah
¡ Keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat yang
dimiliki
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru
tentang kegiatan yang akan dilakukan.
§
Siswa membaca teks narasi tentang permainan di rumah yang
dituliskan kemarin sesuai dengan instruksi guru (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar teks percakapan pada buku siswa.
(mengamati).
§
Siswa membaca teks percakapan Beni, Tiur dan Ibu sesuai
dengan instruksi guru (mengamati).
§
Siswa diarahkan oleh guru untuk mengamati teks percakapan
Beni, Tiur dan Ibu dengan cermat.
§
Siswa mengamati percakapan yang diperagakan beberapa
orang siswa di depan kelas (mengamati).
§
Siswa mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah
diperagakan di depan kelas (mengasosiasi).
§
Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi makna keberagaman karakteristik
individu di rumah berdasarkan teks percakapan yang telah diperagakan
(mengasosiasi).
§
Siswa diarahkan oleh guru untuk mengurutkan gambar
bermain belanja-belanjaan dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar acak bermain belanja-belanjaan
yang pada buku siswa (mengamati).
§
Siswa menyebutkan urutan aktivitas bermain
belanja-belanjaan berdasarkan gambar acak (mengumpulkan informasi).
§
Siswa dibimbing untuk menceritakan pengamalan berbelanja
yang pernah dilakukan dengan percaya diri.
§
Siswa melengkapi kalimat menceritakan pengalaman ketika
membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat
dalam berbelanja (mengomunikasikan).
§
Siswa dibimbing oleh guru melakukan kegiatan bermain
dengan bertanggungjawab (mengamati).
§
Siswa bermain belanja-belanjaan sesuai dengan instruksi
guru di depan kelas (mengumpulkan informasi).
§
Siswa dibimbing oleh guru untukberolah raga dengan
bertanggungjawab.
§
Siswa mengamati media gambar Tiur dan Beni bermain lompat
tali dan permainan lainnya (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar
lokomotor dalam permainan lompat tali dan permainan lainnya berdasarkan
gambar yang terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar (mengasosiasi).
§
Siswa melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
§
Siswa melakukan variasi gerak lari ke berbagai arah.
§
Siswa melakukan variasi gerak lompat ke berbagai arah.
§
Siswa melakukan variasi gerak lempar ke berbagai arah.
§
Siswa diarahkan oleh guru untuk mengerjakan penjumlahan
dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati contoh soal pada buku siswa (mengamati).
§
Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat
matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2
suku) (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang
belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri
terdiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar Beni berdiri di depan pintu sambil memegang bola.
¡ Teks percakapan tentang “Beni akan Bermain Bola”.
¡ Gambar acak tentang “Beni dan Tiur Berbelanja”.
¡ Gambar Tiur bermain dengan gerakan loncat sambil
mengayunkan tali.
¡ Gambar Beni bermain dengan gerakan loncat sambil
mengayunkan tali.
¡ Gambar tentang gerakan lokomotor yang dilakukan Beni dan
Tiur.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks keberagaman
di rumah
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
Bosan (skor 30)
Khawatir dengan keadaan Beni
Perhatian kepada Beni
Bermain di luar rumah (skor 30)
Beni istirahat di rumah
Beni bermain di dalam rumah
Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 40)
b. Menyebutkan urutan aktivitas bermain
belanja-belanjaan
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal : 100
b – d – f – e – c – a (skor 100)
500 – 175 = 325 dan 500 – 325 = 175 kembalian
c. Menentukan suku yang belum diketahui dalam
kalimat matematika penjumlahan.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
12 (skor 25)
19 (skor 25)
12 (skor 25)
23 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Peniaian Kemampuan Membaca Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
b. Rubrik Penilaian Melengkapi Kalimat Menceritakan
Pengalaman Membantu Keluarga Berbelanja
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan tepat
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan tepat
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan tepat
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Melengkapi Kalimat Menceritakan Pengalaman Membantu Keluarga Berbelanja
|
Siswa melengkapi seluruh kalimat menceritakan pengalaman membantu
keluarga berbelanja
|
Siswa melengkapi sebagian besar kalimat menceritakan pengalaman membantu
keluarga berbelanja
|
Siswa melengkapi sebagian kecil kalimat menceritakan pengalaman membantu
keluarga berbelanja
|
Siswa tidak melengkapi kalimat menceritakan pengalaman membantu keluarga
berbelanja
|
3.
|
Kebersihan dan kerapian tulisan
|
Semua tulisan siswa bersih dan rapi
|
Sebagian besar tulisan siswa bersih dan rapi
|
Sebagian kecil tulisan siswa bersih dan rapi
|
Tulisan siswa tidak bersih dan rapi
|
Penilaian:
Pengamatan/observasi
c. Lembar Pengamatan Aktivitas Gerakan Lokomotor
(Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah
|
|
|
2.
|
Melakukan variasi gerak lari ke berbagai arah
|
|
|
3.
|
Melakukan variasi gerak lompat ke berbagai arah
|
|
|
4.
|
Melakukan variasi gerak loncat ke berbagai arah
|
|
|
Hasil Pengamatan Aktifitas
Gerakan Lokomotor (Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
d. Lembar Pengamatan Mengurutkan Gambar Acak
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Mengamati gambar acak dengan serius
|
|
|
2.
|
Sesuai dengan instruksi guru
|
|
|
3.
|
Aktif dalam mengurutkan gambar acak
|
|
|
4.
|
Mengurutkan gambar acak secara runtun
|
|
|
Hasil Pengamatan
Mengurutkan Gambar Acak
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
e. Rubrik
Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui
dari Kalimat Matematika Penjumlahan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan mengemukakan langkah-langkah
|
Seluruh langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian kecil langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Tidak ada langkah-langkah dikemukakan siswa
|
2.
|
Kerapian tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Sebagian besar soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Sebagian kecil soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis rapi oleh siswa
|
3.
|
Kebersihan tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Sbagian besar soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Senagian kecil soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis bersih oleh siswa
|
4.
|
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan
tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
Refleksi
¡ Hal-hal
yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar