Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                           :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke          :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.3    Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

PPKn
3.3.   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah.
3.2.2   Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
3.3.1   Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
4.5.1   Mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).

PJOK
3.1.1   Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
4.1.1   Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
4.1.2   Melakukan variasi lari ke berbagai arah.
4.1.3   Melakukan variasi lompat ke berbagai arah.
4.1.4   Melakukan variasi lempar ke berbagai arah.

PPKn
3.3.1   Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimilki (pendiam, ramah, suka menolong, suka marah, sabar, dll)
4.3.1   Menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter)

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati guru membaca teks, siswa dapat membaca teks narasi tentang bermain di lingkungan rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca teks percakapan Beni, Ibu dan Tiur dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati teman membaca teks percakapan, siswa dapat mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah dilakukan dengan cermat.
¡  Dengan mengisi kalimat berdasarkan teks percakapan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan cermat.
¡  Setelah membaca dan mengamati teks percakapan, siswa dapat mengatakan makna keberagaman karakteristik individu di rumah dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan dengan cermat dan bertanggungjawab.
¡  Dengan melengkapi kalimat, siswa dapat menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat dalam berbelanja dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan permainan belanja-belanjaan dengan bertanggungjawab.
¡  Dengan mengamati teks bermain yang dilakukan Beni dan Tiur, siswa dapat menceritakan aktivitas bermain dilingkungan rumah dengan percaya diri.
¡  Dengan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi lari ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan media gambar, siswa dapat melakukan variasi lompat ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan media gambar, siswa melakukan gerak lempar ke berbagai arah dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
¡  Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
¡  Teks cerita berbagai aktivitas di lingkungan rumah
¡  Keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat yang dimiliki

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
§  Siswa membaca teks narasi tentang permainan di rumah yang dituliskan kemarin sesuai dengan instruksi guru (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar teks percakapan pada buku siswa. (mengamati).
§  Siswa membaca teks percakapan Beni, Tiur dan Ibu sesuai dengan instruksi guru (mengamati).
§  Siswa diarahkan oleh guru untuk mengamati teks percakapan Beni, Tiur dan Ibu dengan cermat.
§  Siswa mengamati percakapan yang diperagakan beberapa orang siswa di depan kelas (mengamati).
§  Siswa mengisi kalimat berdasarkan percakapan yang telah diperagakan di depan kelas (mengasosiasi).
§  Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengidentifikasi makna keberagaman karakteristik individu di rumah berdasarkan teks percakapan yang telah diperagakan (mengasosiasi).
§  Siswa diarahkan oleh guru untuk mengurutkan gambar bermain belanja-belanjaan dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar acak bermain belanja-belanjaan yang pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan berdasarkan gambar acak (mengumpulkan informasi).
§  Siswa dibimbing untuk menceritakan pengamalan berbelanja yang pernah dilakukan dengan percaya diri.
§  Siswa melengkapi kalimat menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat dalam berbelanja (mengomunikasikan).
§  Siswa dibimbing oleh guru melakukan kegiatan bermain dengan bertanggungjawab (mengamati).
§  Siswa bermain belanja-belanjaan sesuai dengan instruksi guru di depan kelas (mengumpulkan informasi).
§  Siswa dibimbing oleh guru untukberolah raga dengan bertanggungjawab.
§  Siswa mengamati media gambar Tiur dan Beni bermain lompat tali dan permainan lainnya (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan lompat tali dan permainan lainnya berdasarkan gambar yang terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar (mengasosiasi).
§  Siswa melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
§  Siswa melakukan variasi gerak lari ke berbagai arah.
§  Siswa melakukan variasi gerak lompat ke berbagai arah.
§  Siswa melakukan variasi gerak lempar ke berbagai arah.
§  Siswa diarahkan oleh guru untuk mengerjakan penjumlahan dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati contoh soal pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar Beni berdiri di depan pintu sambil memegang bola.
¡  Teks percakapan tentang “Beni akan Bermain Bola”.
¡  Gambar acak tentang “Beni dan Tiur Berbelanja”.
¡  Gambar Tiur bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
¡  Gambar Beni bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
¡  Gambar tentang gerakan lokomotor yang dilakukan Beni dan Tiur.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a.   Melengkapi kalimat berdasarkan teks keberagaman di rumah
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 100

Kunci jawaban :
Bosan (skor 30)
Khawatir dengan keadaan Beni
Perhatian kepada Beni
Bermain di luar rumah (skor 30)
Beni istirahat di rumah
Beni bermain di dalam rumah
Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 40)

b.   Menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal : 100
b – d – f – e – c – a (skor 100)
500 – 175 = 325 dan 500 – 325 = 175 kembalian

c.   Menentukan suku yang belum diketahui dalam kalimat matematika penjumlahan.
Banyak soal : 4 buah
Skor maksimal : 100
12 (skor 25)
19 (skor 25)
12 (skor 25)
23 (skor 25)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Peniaian Kemampuan Membaca Narasi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

b.   Rubrik Penilaian Melengkapi Kalimat Menceritakan Pengalaman Membantu Keluarga Berbelanja
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan tepat

Setengah bagian cerita disampaikan dengan tepat
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan tepat
Belum mampu bercerita

2.
Melengkapi Kalimat Menceritakan Pengalaman Membantu Keluarga Berbelanja

Siswa melengkapi seluruh kalimat menceritakan pengalaman membantu keluarga berbelanja
Siswa melengkapi sebagian besar kalimat menceritakan pengalaman membantu keluarga berbelanja
Siswa melengkapi sebagian kecil kalimat menceritakan pengalaman membantu keluarga berbelanja
Siswa tidak melengkapi kalimat menceritakan pengalaman membantu keluarga berbelanja

3.
Kebersihan dan kerapian tulisan

Semua tulisan siswa bersih dan rapi

Sebagian besar tulisan siswa bersih dan rapi
Sebagian kecil tulisan siswa bersih dan rapi
Tulisan siswa tidak bersih dan rapi


Penilaian: Pengamatan/observasi
c.   Lembar Pengamatan Aktivitas Gerakan Lokomotor (Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)

No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah


2.
Melakukan variasi gerak lari ke berbagai arah


3.
Melakukan variasi gerak lompat ke berbagai arah


4.
Melakukan variasi gerak loncat ke berbagai arah



Hasil Pengamatan Aktifitas Gerakan Lokomotor (Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar)

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








d.   Lembar Pengamatan Mengurutkan Gambar Acak

No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Mengamati gambar acak dengan serius


2.
Sesuai dengan instruksi guru


3.
Aktif dalam mengurutkan gambar acak


4.
Mengurutkan gambar acak secara runtun





Hasil Pengamatan Mengurutkan Gambar Acak

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







e.   Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Penjumlahan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan mengemukakan langkah-langkah

Seluruh langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Sebagian langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Sebagian kecil langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Tidak ada langkah-langkah dikemukakan siswa

2.
Kerapian tulisan

Seluruh soal ditulis dengan rapi oleh siswa

Sebagian besar soal ditulis dengan rapi oleh siswa
Sebagian kecil soal ditulis dengan rapi oleh siswa
Tidak ada soal yang ditulis rapi oleh siswa

3.
Kebersihan tulisan

Seluruh soal ditulis dengan bersih oleh siswa

Sbagian besar soal ditulis dengan bersih oleh siswa
Senagian kecil soal ditulis dengan bersih oleh siswa
Tidak ada soal yang ditulis bersih oleh siswa

4.
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan

Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat

Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar