Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah) Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3                   :     Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke          :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.6   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2.2   Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekolah dengan memperhatikan penulisan EYD.
4.2.3   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
3.2.7   Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan pembagian yang hasilnya ditentukan.
4.3.2   Membuat kalimat pembagian yang mungkin dari suatu bilangan asli (maksimal 500).

SBdP
3.1.3   Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
4.3.2   Mewarnai gambar imajinatif yang telah dibuat dengan memanfaat beragam media.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan menggunakan pengalamannya, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡  Dengan menggunakan pengalamannya, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan sekolah dengan memperhatikan penulisan EYD dengan cermat.
¡  Dengan menggunakan teks yang ditulis, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat menulis pertanyaan tentang permainan yang dibacakan temannya di depan kelas dengan cermat.
¡  Dengan pengamatan contoh soal, siswa dapat mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan pembagian yang hasilnya ditentukan dengan teliti.
¡  Dengan pengamatan contoh soal, siswa dapat membuat kalimat pembagian yang mungkin dari suatu bilangan asli (maksimal 500) dengan teliti.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan teknik membuat karya seni rupa dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan menggunakan cat warna, siswa dapat mewarnai gambar imajinatif dengan percaya diri dan bertanggungjawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan pembagian yang hasilnya ditentukan.
¡  Membuat kalimat pembagian yang mungkin dari suatu bilangan asli (maksimal 500).
¡  Menceritakan aktivitas bermain dalam bentuk teks narasi.
¡  Menjelaskan teknik membuat karya seni rupa.
¡  Mewarnai gambar imajinatif

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa diberi arahan dan bimbingan oleh guru untuk melakukan kegiatan mengamati dengan cermat (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar tentang operasi pembagian (mengamati).
§  Siswa menjelaskan gambar tentang operasi pembagian yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa membuat kalimat pembagian berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati contoh operasi pembagian dari sebuah bilangan (mengamati).
§  Siswa menentukan operasi pembagian dari sebuah bilangan dengan berbagai kemungkinan jawaban (mengasosiasi).
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru sebelum memulai pembelajaran (mengamati).
§  Siswa menceritakan aktivitas bermain kayu malele yang dipelajari sebelumnya (mengkomunikasikan).
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan menulis permainan tradisional dari daerah masing-masing dengan cermat (mengamati).
§  Siswa menulis permainan tradisional dari daerah masing-masing menggunakan bahasa yang jelas dan menarik (mengomunikasikan).
§  Siswa membacakan hasil tulisannya tentang permainan tradisional dari daerah masing-masing di depan kelas (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis pertanyaan tentang permainan tradisional yang dibacakan temannya di depan kelas dengan bimbingan guru (menanya).
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan berkreasi membuat karya senirupa dari bahan bekas dengan percaya diri (mengamati).
§  Siswa menjelaskan teknik membuat karya seni rupa dari bahan bekas (mengomunikasikan).
§  Siswa mewarnai gambar imajinatif yang telah dibuat dengan media berupa cat (mengasosiasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar tentang operasi pembagian.
¡  Kertas atau kotak bekas.
¡  Beberapa daun, bunga untuk alat pencetak.
¡  Cat warna beraneka ragam.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menulis kalimat tanya berdasarkan cerita teman (skor 100)
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 3
Kunci jawaban :
1) Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 1)
2) Jawaban disesuaikan dengan Pendapat siswa (skor 1)
3) Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 1)

b.   Membuat kalimat pembagian (skor 100)
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 3
Kunci jawaban :
1) 25 : 5 = 5 (skor 1)
2) 32 : 8 = 4 (skor 1)
3) 30 : 15 = 2 (skor 1)

c.   Membuat pembagian (skor 100)
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 3

Kunci jawaban :
1)      60 : 10 = 6            60 : 6 = 10
         60 : 12 = 5            60 : 5 = 12
         60 : 15 = 4            60 : 4 = 15
         60 : 30 = 20         60 : 20 = 30
         (skor 1)

2)      40 : 8 = 5              40 : 5 = 8
         40 : 10 = 4            40 : 4 = 10
         40 : 20 = 2            40 : 2 = 20
         (skor 1)
        
3)      20 : 5 = 4              20 : 4 = 5
         20 : 10 = 2            20 : 2 = 10
         (skor 1)


3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a.   Rubrik Penilaian Menulis Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai
2.
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
Menggunakan semua EYD yang diharapkan
Menggunakan 3 EYD yang diharapkan
Menggunakan 2 EYD yang diharapkan
Menggunakan 1 EYD yang diharapkan

b.   Rubrik Penilaian Membaca Teks Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks
2.
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

c.   Rubrik Penilaian Mewarnai Gambar Imajinatif

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Variasi warna
Menghasilkan 4 variasi warna
Menghasilkan 3 variasi warna
Menghasilkan 2 variasi warna
Mengahasilkan 1 variasi warna
2.
Kreatifitas
Memiliki 4 bentuk cetakan
Memiliki 3 bentuk cetakan
Memiliki 2 bentuk cetakan
Memiliki 1 bentuk cetakan

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar