RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku
Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Membaca dengan lancar teks bacaan
4.2.1
Menulis cerita berdasarkan pengamatan
4.2.2
Membacakan cerita yang ditulis
PPKn
3.1.2
Mengidentifikasi perilakuyang
bertentangan dengan nilai Pancasila
3.1.3
Memberikan alasan perilaku yang
bertentangna dengan nilai Pancasila perlu dihindari
4.1.7
Menulis cerita berkaitan dengan perilaku
yang bertentangan dengan nilai Pancasila
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi gerakan dalam permainan
buaya
4.11.5 Memperagakan gerakan dalam permainan buaya
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan
mengamati gambar anak membuat taman-tanaman, siswa dapat mendeskripsikan gambar
dengan cermat
¡ Dengan teks bacaan tentang aktivitas membuat taman,
siswa dapat membaca lancar teks cerita
dengan cermat
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat membuat
pertanyaan berkaitan dengan isi teks bacaan
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat menjawab
pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan dengan cermat dan percaya diri
¡ Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila, dengan
cermat dan percaya diri
¡ Dengan mendiskusikan perilaku yang bertentangan dengan
nilai Pancasila, siswa dapat memberikan alasan perilaku yang bertentangan
dengan nilai Pancasila perlu dihindari dengan percaya diri
¡ Dengan penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat menulis
cerita berkaitan dengan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila
¡ Dengan cerita yang ditulis, siswa dapat membacakan teks
bacaan dengan menggunakan nada dan intonasi secara cermat
¡ Dengan isi cerita pada teks bacaan, siswa dapat
menggambar sebuah taman dengan disiplin dan percaya diri
¡ Dengan gambar yang dibuat, siswa mengidentifikasi
gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
¡ Dengan mengiidentifikasi gerakan, siswa dapat memperagakan
gerakan sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerakan
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menulis cerita berdasarkan
pengamatan dengan disiplin dan percaya diri
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi perilaku Pancasila
¡ Memperagakan gerakan sehari-hari
¡ Menulis cerita
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar aktivitas Siti bermain membuat taman-tamanan
(mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks bacaan yang berkaitan dengan kegiatan
Siti dan teman-temannya (mengamati).
§
Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan teks cerita (menanya).
§
Siswa memberikan pertanyaan yang dibuat kepada temannya
(menanya)
§
Siswa menjawab teks cerita yang diberikan temannya dan sebaliknya
(mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa melakukan diskusi dengan disiplin dengan
tidak memotong pembicaraan orang lain, berbicara ketika diberi kesempatan,
dan menyimak pembicaraan orang lain dengan baik.
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan
informasi).
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar dengan
cermat.
§
Siswa mengamati gambar tentang perilaku yang bertentangan
dengan nilai Pancasila (mengamati) yaitu :
-
Gambar anak berkelahi
-
Gambar satu anak meninggalkan temannya yang kakinya
terluka
-
Gambar beberapa anak membuang sampah di jalan
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Siswa ditugaskan untuk memberikan contoh perilaku yang tidak
mencerminkan nilai Pancasila (mengasosiasi).
§
Siswa menulis cerita berkaitan dengan perilaku yang bertentangan
dengan nilai Pancasila (mengomunikasikan).
§
Siswa membacakan teks bacaan yang berkaitan dengan nilai
Pancasila (mengamati).
§
Peserta didilk membaca tulisannya.
§
Guru membimbing siswa menggambar taman dengan percaya
diri.
§
Siswa menggambar taman yang di dalamnya ada kegiatan
mencangkul (mengomunikasikan).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang berkaitan
dengan aktivitas ketika membuat taman salah satunya ada kegiatan mencangkul
(megumpulkan informasi).
§
Siswa melakukan gerakan mencangkul di depan temantemannya
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar aktivitas bermain membuat taman-tamanan
¡ Gambar berbagai kegiatan yang bertentangan dengan nilai
Pancasila
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar