Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 4 (Tugasku Dalam Kehidupan Sosial) Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4                   :     Tugasku Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke          :     4
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila


SBdP
3.3    Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11       Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Membaca dengan lancar teks bacaan
4.2.1   Menulis cerita berdasarkan pengamatan
4.2.2   Membacakan cerita yang ditulis

PPKn
3.1.2   Mengidentifikasi perilakuyang bertentangan dengan nilai Pancasila
3.1.3   Memberikan alasan perilaku yang bertentangna dengan nilai Pancasila perlu dihindari
4.1.7   Menulis cerita berkaitan dengan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila

SBdP
3.3.1   Mengidentifikasi gerakan dalam permainan buaya
4.11.5 Memperagakan gerakan dalam permainan buaya

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar anak membuat taman-tanaman, siswa dapat mendeskripsikan gambar dengan cermat
¡  Dengan teks bacaan tentang aktivitas membuat taman, siswa dapat membaca lancar teks  cerita dengan cermat
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat membuat pertanyaan berkaitan dengan isi teks bacaan
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan dengan cermat dan percaya diri
¡  Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila, dengan cermat dan percaya diri
¡  Dengan mendiskusikan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila, siswa dapat memberikan alasan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila perlu dihindari dengan percaya diri
¡  Dengan penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat menulis cerita berkaitan dengan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila
¡  Dengan cerita yang ditulis, siswa dapat membacakan teks bacaan dengan menggunakan nada dan intonasi secara cermat
¡  Dengan isi cerita pada teks bacaan, siswa dapat menggambar sebuah taman dengan disiplin dan percaya diri
¡  Dengan gambar yang dibuat, siswa mengidentifikasi gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
¡  Dengan mengiidentifikasi gerakan, siswa dapat memperagakan gerakan sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerakan
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menulis cerita berdasarkan pengamatan dengan disiplin dan percaya diri

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengidentifikasi perilaku Pancasila
¡  Memperagakan gerakan sehari-hari
¡  Menulis cerita

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar aktivitas Siti bermain membuat taman-tamanan (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§  Siswa membaca teks bacaan yang berkaitan dengan kegiatan Siti dan teman-temannya (mengamati).
§  Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan teks cerita (menanya).
§  Siswa memberikan pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya)
§  Siswa menjawab teks cerita yang diberikan temannya dan sebaliknya (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa melakukan diskusi dengan disiplin dengan tidak memotong pembicaraan orang lain, berbicara ketika diberi kesempatan, dan menyimak pembicaraan orang lain dengan baik.
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar tentang perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila (mengamati) yaitu :
-       Gambar anak berkelahi
-       Gambar satu anak meninggalkan temannya yang kakinya terluka
-       Gambar beberapa anak membuang sampah di jalan
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§  Siswa ditugaskan untuk memberikan contoh perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila (mengasosiasi).
§  Siswa menulis cerita berkaitan dengan perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila (mengomunikasikan).
§  Siswa membacakan teks bacaan yang berkaitan dengan nilai Pancasila (mengamati).
§  Peserta didilk membaca tulisannya.
§  Guru membimbing siswa menggambar taman dengan percaya diri.
§  Siswa menggambar taman yang di dalamnya ada kegiatan mencangkul (mengomunikasikan).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas ketika membuat taman salah satunya ada kegiatan mencangkul (megumpulkan informasi).
§  Siswa melakukan gerakan mencangkul di depan temantemannya

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar aktivitas bermain membuat taman-tamanan
¡  Gambar berbagai kegiatan yang bertentangan dengan nilai Pancasila

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar