Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 2 (Bermain di Rumah Teman) Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2                   :     Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke          :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13       Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.


Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.2    Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.

Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.4.1   Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13.1 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

PPKn
3.4.1. Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi
4.4.1   Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

Matematika
3.2.1   Menentukan hasil kali dua bilangan satu angka yang digambarkan dengan susunan benda konkret
4.2.1   Menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan (2 angka dan 1 angka kurang dari 5) ke satuan terdekat.

Bahasa Indonesia
3.2.1   Menulis hal-hal pokok tentang aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1   Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis.



D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan pengalaman membuat permainan di rumah, siswa dapat menceritakan tentang permainan di rumah dengan nyaring dan percaya diri.
¡  Dengan mendengarkan cerita teman, siswa dapat menulis hal-hal pokok tentang aktivitas bermain dengan topik tertentu berdasarkan cerita teman yang di dengar dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/hobi dengan cermat dan penuh percaya diri.
¡  Dengan cerita teman yang didengar, siswa dapat menyebutkan contoh sikap bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).
¡  Dengan membaca teks yang ditulis, siswa dapat menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bahan dan alat yang diperlukan dalam permainan dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati media gambar berupa benda, siswa dapat membandingkan benda yang mengikuti bentuk wadahnya atau tidak dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar benda dengan percaya diri
¡  Dengan mengamati lingkungan, siswa dapat mengisi tabel nama benda sesuai dengan jenis benda yang ada di lingkungan sekitar dengan cermat.
¡  Dengan petunjuk cara membuat karya kerajinan berupa rangkaian, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan dengan percaya diri.
¡  Dengan melakukan kegiatan membuat karya, siswa dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel secara percaya diri.
¡  Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat mengelompokkan benda-benda dalam jumlah banyak yang sejenis dan menuliskan pengelompokkan perkalian yang bisa dibuat dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan satu angka yang digambarkan dengan susunan benda konkret dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat mengerjakan soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ( 2 angka dan 1 angka kurang dari 5 ke satuan terdekat dengan bertanggung jawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menuliskan hal-hal pokok dalam aktivitas bermain
¡  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
¡  Bekerja sama dalam melaksanakan berbagai kegiatan
¡  Menjelaskan cara mengolah bahan alam
¡  Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda
¡  Menentukan hasil perkalian dua bilangan
¡  Menaksir hasil perkalian

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Sebagai persiapan kegiatan, guru memberi arahan kepada siswa untuk bercerita dengan percaya diri.
§  Siswa menceritakan permainan yang telah dibuat di rumah (mengamati).
§  Siswa bertanya jawab tentang permainan yang yang telah dibuat di rumah dengan percaya diri (menanya).
§  Siswa menceritakan tentang permainan dengan suara nyaring secara percaya diri (mengomunikasikan).
§  Siswa lain menyimak tentang permainan yang diceritakan oleh temannya dengan cermat (mengamati).
§  Siswa menulis hal-hal pokok tentang aktivitas bermain dengan topik tertentu berdasarkan cerita teman yang di dengar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi dengan cermat (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menyebutkan contoh sikap bekerja sama dalam melaksanankan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat karakter (mengomunikasikan).
§  Siswa menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar bahan dan alat permainan yang tebuat dari benda-benda dengan cermat.
§  Siswa bertanya tentang bahan dan alat yang diperlukan dalam permainan dengan percaya diri (menanya).
§  Siswa bertanya jawab tentang macam benda yang dikenal secara cermat (menanya).
§  Siswa mengamati media gambar beberapa benda dengan cermat (mengamati).
§  Siswa membandingkan benda yang dapat berubah bentuk mengikuti bentuk wadahnya dengan yang tidak berubah bentuk dengan cermat (mengasosiasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar benda dengan percaya diri (mengasosiasi).
§  Siswa mengisi tabel nama benda sesuai dengan jenis benda yang ada di lingkungan sekitar dengan cermat (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk berkreasi membuat karya kerajinan berupa rangkaian dengan percaya diri.
§  Siswa membaca petunjuk cara membuat karya kerajinan berupa rangkaian (mengamati).
§  Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan cermat (mengomunikasikan).
§  Siswa mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam yang ada di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel (mengasosiasi).
§  Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§  Siswa mengelompokkan benda-benda, menurut jumlahnya dan jenisnya dan (mengasosiasi).
§  Siswa menuliskan pengelompokkan perkalian yang bisa dibuat secara berkelompok (mengasosiasi).
§  Siswa secara berkelompok menentukan hasil kali dua bilangan satu angka yang digambarkan dengan susunan benda konkret (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
§  Siswa mengamati gambar dan contoh soal tentang menaksirkan perkalian hingga ke satuan terdekat (mengamati).
§  Siswa menanyakan tentang gambar dan contoh soal tentang menaksir hasil perkalian (menanya).
§  Siswa mengerjakan soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ( 2 angka dan 1 angka kurang dari 5 ke satuan terdekat (mengasosiasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar beberapa macam benda
¡  Tabel macam benda
¡  Teks petunjuk cara membuat karya rangkaian
¡  Daun
¡  Bunga kering
¡  Ranting kecil
¡  Lem yang cukup kuat
¡  Benda-benda yang sejenis

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
Membandingkan benda yang mengikuti bentuk wadahnya atau tidak dan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar benda yang mengikuti bentuk wadahnya atau tidak.
Banyak soal : 6 buah

Kunci jawaban :
a.   Gambar 9.3 dan 9.4
Bentuk bola di dalam baskom dan di dalam kotak tidak mengikuti bentuk wadahnya
Bola adalah benda padat

b.   Gambar 9.5 dan 9.6
Bentuk air di dalam baskom dan di dalam kotak mengikuti bentuk wadahnya
Air adalah benda cair

c.   Gambar 9.7 dan 9.8
Bentuk udara di dalam balon dan di luar mengikuti bentuk wadahnya
Udara adalah benda gas

d.   Mengisi tabel nama benda sesuai jenis benda
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : disesuaikan dengan jawaban siswa

e.   Menentukan hasil kali dua bilangan satu angka yang digambar dengan susunan benda konkret
Tes tertulis : skor
Banyak soal: 6 buah
Kunci jawaban: jawaban bervariasi disesuaikan dengan kerja siswa

f.    Mengerjakan soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 3 buah
Kunci jawaban:
1.   b. 40 (karena jawaban sesungguhnya adalah 39)
2.   c. 82 (karena jawaban sesungguhnya adalah 80)
3.   a. 28 (karena jawaban sesungguhnya adalah 30)


3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Menceritakan Tentang Permainan di Lingkungan Rumah

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita
Siswa bercerita dengan lancar
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita dengan lancar
2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.
Ekspresi saat bercerita
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan cerita secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan cerita namun kurang konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan cerita
Monoton, tanpa ekspresi.

b.   Rubrik Penilaian Menulis Cerita Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi cerita sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi cerita sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi cerita sesuai judul atau tema
Seluruh isi cerita belum sesuai
2.
Keruntutan cerita sesuai dengan petunjuk
Seluruh cerita tersusun dengan runtut sesuai petunjuk
Setengah atau lebih isi cerita tersusun runtut sesuai dengan petunjuk
Kurang dari setengah isi cerita tersusun runtut dan kurang sesuai dengan petunjuk
Seluruh isi cerita belum runtut dan belum sesuai dengan petunjuk
3.
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat

Penilaian : Pengamatan/observasi
c.   Lembar Pengamatan Sikap Bekerjasama

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Saling membantu dalam kelompok
....
....
2
Kekompakan dalam melakukan permaianan
....
....
3
Saling bertukar ide atau pendapat
....
....
4
Mengikuti permaianan sesuai peraturan permaianan
....
....

Hasil Pengamatan berprilaku menerima keberagaman teman

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







Penilaian: Unjuk Kerja
d.   Rubrik Penilaian Kemampuan Menyimpulkan

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Menyimpulkan
Siswa menyimpulkan dengan lancar
Setengah bagian cerita disimpulkan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disimpulkan dengan lancar
Belum mampu menyimpulkan
2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

e.   Rubrik Kegiatan Membuat Karya Kreatif dari Bahan Alam

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kreativitas
Hasil prakarya menggunakan 4 bahan alam yang berbeda
Hasil prakarya menggunakan 3 bahan alam
Hasil prakarya menggunakan 2 bahan alam yang berbeda
Hasil prakarya menggunakan 1 bahan alam yang berbeda
2.
Kerapian dalam menempel
Pola bahan alam terlihat halus, tidak terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
Pola bahan alam terlihat halus, terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
Pola bahan alam terlihat kasar, terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
Belum mampu menempel
3.
Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan tidak enak dilihat

f.    Rubrik Penilaian Menaksirkan Hasil Perkalian 2 Bilangan Ke Satuan Terdekat

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan dalam menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat dengan jawaban yang sangat tepat.
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat namun ada jawaban yang kurang tepat.
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat dengan jawaban yang tepat
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat dengan tepat.
2.
Kejelasan angka yang ditulis dan kerapian tulisan
Siswa mampu menulis angka pada seluruh jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan sangat rapi.
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian besar jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihat tulisan rapi.
Siswa mampu menulis angka pada sebahagian kecil jawaban dengan jelas, bisa dibaca guru dan terlihattulisan kurang rapi.
Siswa belum mampu menulis angka dengan jelas, tulisan tidak sulit dibaca guru dan tidak rapi.
3.
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksirkan hasil perkalian 2 bilangan ke satuan terdekat
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang telah ditetapkan
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah ditetapkan
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir benda hingga ke bilangan satuan terdekat
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat waktu.


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar