RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi, dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.2.3
Menunjukkan pola irama bervariasi pada
alat musik ritmis.
3.2.4
Menjelaskan pola irama bervariasi dengan
menggunakan alat musik ritmis.
4.5.1
Menceritakan isi lagu anak-anak.
4.5.2
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola
irama yang bervariasi.
Bahasa
Indonesia
3.5.9
Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman.
4.5.7
Menemukan peran permintaan maaf terhadap
sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
Matematika
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.2
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”, siswa dapat
menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang ber-variasi dengan percaya
diri.
¡ Dengan mengamati teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”, siswa
dapat menceritakan isi lagu anak-anak dengan per-caya diri.
¡ Dengan penjelasan yang diberikan guru, siswa dapat
me-nunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡ Dengan mengetahui pola irama bervariasi pada alat musik ritmis,
siswa dapat menjelaskan pola irama bervariasi de-ngan menggunakan alat musik
ritmis dengan santun.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengelom-pokkan
contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan te-man dengan teliti.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menemukan peran
permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan
santun.
¡ Dengan menggunakan gambar berangka, siswa dapat
membilang loncat dengan teliti.
¡ Dengan melakukan latihan, siswa dapat menentukan pola-pola
bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
¡ Isi lagu anak-anak.
¡ Pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
¡ Contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡ Membilang loncat.
¡ Gambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan
bilangan kurang dari 100.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati teks lagu “Kita
Kerja Sama-Sama” dengan teliti (mengamati).
§
Siswa mengamati teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”
(mengamati).
§
Siswa menanya tentang isi teks lagu “Kita Kerja
Sama-Sama” (menanya).
§
Siswa menanya tentang irama teks lagu “Kita Kerja
Sama-Sama” (menanya).
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Kita Kerja
Sama-Sama” dengan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri (mencoba).
§
Siswa menyanyikan lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan pola
irama yang bervariasi (mencoba).
§
Siswa bertepuk tangan sambil bernyanyi (mencoba).
§
Siswa menulis isi lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (mencoba).
§
Guru membimbing siswa untuk menulis isi yang terdapat
dalam lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan bahasa yang santun.
§
Siswa menulis isi yang terdapat dalam lagu “Kita Kerja
Sama-Sama” (menalar).
§
Siswa mengingat lagu kesukaannya.
§
Siswa mencobakan bertepuk tangan mengikuti irama lagu
kesukaannya (mencoba).
§
Siswa menjelaskan pola irama bervariasi dengan
meng-gunakan alat musik ritmis (menalar).
§
Siswa menentukan ketukan birama lagu kesukaannya
(menalar).
§
Siswa membuat lagu yang iramanya sesuai dengan lagu
kesukaannya (menalar).
§
Siswa membuat lagu tentang hidup rukun (mencoba).
§
Siswa menyamakan jumlah suku kata yang akan dibuat dengan
suku kata lagu yang ia sukai (menalar).
§
Siswa mengamati empat gambar kegiatan Badu membuang
sampah sembarangan (mengamati).
§
Siswa menentukan gambar yang menunjukkan sikap hidup
rukun di masyarakat (menalar).
§
Siswa menuliskan kalimat yang akan disampaikan oleh Badu
(mencoba).
§
Siswa menuliskan saran untuk warga kompleks lakukan
(mencoba).
§
Guru membimbing siswa untuk bermain peran tentang isi
gambar dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar kegiatan Badu membuang sampah
(mengamati).
§
Siswa memilih gambar yang menunjukkan sikap hidup rukun
di masyarakat (mencoba).
§
Siswa membuat teks percakapan sesuai dengan gambar
(mencoba).
§
Siswa bermain peran tentang isi gambar
(mengomunika-sikan).
§
Siswa selesai bermain peran.
§
Siswa mengamati gambar rumah berangka yang berarti nomor
rumah (mengamati).
§
Siswa membilang loncat (menalar).
§
Siswa menentukan dan menggambar pola-pola bilangan
sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 (menalar dan mencoba).
§
Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
(menanya dan menalar).
§
Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar
siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§
Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran
(mengomunikasi-kan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”.
¡ Gambar tentang sikap hidup rukun.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
Bilangan loncat
Banyak Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban:
1. 302, 304, 306
2. 300, 306, 310
3. 307, 311
4. 75, 90
5. 71, 93, 105
Barisan bilangan sesuai kreasi siswa.
Disesuaikan dengan jawaban siswa (misal: 20, 23, 25, 28, 30,
33)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Menyanyikan lagu “Kita Kerja Sama-Sama”
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah
dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu mengembang-kan ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya mampu memainkan ritmis dari
pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan
|
Mengalami kesulitan dalam meniru
ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu sama sekali meniru
ritmis yang disajikan.
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menulis Cerita Narasi Sederhana
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca
|
Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan, dan
tanda baca yang tepat
|
Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata
depan, dan tanda baca
|
Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf besar,
kata depan, dan tanda baca
|
Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata
depan, dan tanda baca yang tepat
|
2
|
Kelengkapan penulisan kata
|
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang belum
lengkap
|
Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang
belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan isi lagu
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi lagu
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai dengan isi lagu
|
Kurang dari setengah isi karangan sesuai dengan isi lagu
|
Seluruh isi karangan belum sesuai dengan isi lagu
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Bermain Peran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan tepat
dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog
secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog
namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar