Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     3
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi, dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.2.3   Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
3.2.4   Menjelaskan pola irama bervariasi dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.5.1   Menceritakan isi lagu anak-anak.
4.5.2   Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

Bahasa Indonesia
3.5.9   Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.7   Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

Matematika
3.1.8   Membilang loncat.
4.1.2   Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang ber-variasi dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”, siswa dapat menceritakan isi lagu anak-anak dengan per-caya diri.
¡  Dengan penjelasan yang diberikan guru, siswa dapat me-nunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡  Dengan mengetahui pola irama bervariasi pada alat musik ritmis, siswa dapat menjelaskan pola irama bervariasi de-ngan menggunakan alat musik ritmis dengan santun.
¡  Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengelom-pokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan te-man dengan teliti.
¡  Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.
¡  Dengan menggunakan gambar berangka, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
¡  Dengan melakukan latihan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
¡  Isi lagu anak-anak.
¡  Pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
¡  Contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Membilang loncat.
¡  Gambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (mengamati).
§  Siswa menanya tentang isi teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (menanya).
§  Siswa menanya tentang irama teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (menanya).
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri (mencoba).
§  Siswa menyanyikan lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan pola irama yang bervariasi (mencoba).
§  Siswa bertepuk tangan sambil bernyanyi (mencoba).
§  Siswa menulis isi lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis isi yang terdapat dalam lagu “Kita Kerja Sama-Sama” dengan bahasa yang santun.
§  Siswa menulis isi yang terdapat dalam lagu “Kita Kerja Sama-Sama” (menalar).
§  Siswa mengingat lagu kesukaannya.
§  Siswa mencobakan bertepuk tangan mengikuti irama lagu kesukaannya (mencoba).
§  Siswa menjelaskan pola irama bervariasi dengan meng-gunakan alat musik ritmis (menalar).
§  Siswa menentukan ketukan birama lagu kesukaannya (menalar).
§  Siswa membuat lagu yang iramanya sesuai dengan lagu kesukaannya (menalar).
§  Siswa membuat lagu tentang hidup rukun (mencoba).
§  Siswa menyamakan jumlah suku kata yang akan dibuat dengan suku kata lagu yang ia sukai (menalar).
§  Siswa mengamati empat gambar kegiatan Badu membuang sampah sembarangan (mengamati).
§  Siswa menentukan gambar yang menunjukkan sikap hidup rukun di masyarakat (menalar).
§  Siswa menuliskan kalimat yang akan disampaikan oleh Badu (mencoba).
§  Siswa menuliskan saran untuk warga kompleks lakukan (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk bermain peran tentang isi gambar dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar kegiatan Badu membuang sampah (mengamati).
§  Siswa memilih gambar yang menunjukkan sikap hidup rukun di masyarakat (mencoba).
§  Siswa membuat teks percakapan sesuai dengan gambar (mencoba).
§  Siswa bermain peran tentang isi gambar (mengomunika-sikan).
§  Siswa selesai bermain peran.
§  Siswa mengamati gambar rumah berangka yang berarti nomor rumah (mengamati).
§  Siswa membilang loncat (menalar).
§  Siswa menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 (menalar dan mencoba).
§  Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan menalar).
§  Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§  Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasi-kan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks lagu “Kita Kerja Sama-Sama”.
¡  Gambar tentang sikap hidup rukun.


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5





























2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
Bilangan loncat
Banyak Soal: 5 Soal

Kunci Jawaban:
1. 302, 304, 306
2. 300, 306, 310
3. 307, 311
4. 75, 90
5. 71, 93, 105
Barisan bilangan sesuai kreasi siswa.
Disesuaikan dengan jawaban siswa (misal: 20, 23, 25, 28, 30, 33)


3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Menyanyikan lagu “Kita Kerja Sama-Sama”
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembang-kan ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disaji­kan, tapi tidak mampu untuk mengembang­kan
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.



Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita Narasi Sederhana
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat

Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat

2
Kelengkapan penulisan kata

Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap

Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang lengkap

Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang belum lengkap

Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang belum lengkap

3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan isi lagu

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi lagu

Setengah atau lebih isi karangan sesuai dengan isi lagu

Kurang dari setengah isi karangan sesuai dengan isi lagu

Seluruh isi karangan belum sesuai dengan isi lagu

4
Penggunaan kalimat yang efektif

Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif

Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif

Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif







Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Bermain Peran
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.

Tanpa intonasi.

4.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.

Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar