Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 2 (Bermain di Rumah Teman) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2                   :     Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

SBdP
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13       Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.


Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.2    Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.1   Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman.
4.4.7   Berprilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif.
3.2.2   Mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa.
4.13.1 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan melipat (bahan daun).
4.13.2 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan mnggunting (bahan daun).
4.13.3 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan rumah teman melalui kegiatan menempel (bahan daun).

Bahasa Indonesia
3.2.4   Membaca teks narasi bermain di lingkungan rumah teman.
3.2.5   Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah teman.
4.2.2   Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivi­tas bermain di lingkungan rumah teman dengan memperhatikan penulisan EYD.

Matematika
3.2.1   Menyebutkan kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100.
4.2.5   Membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa himpunan yang banyak anggotanya sama.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati teks narasi berjudul Ulang Tahun Edo, siswa dapat membaca teks narasi berjudul Ulang Tahun Edo dengan intonasi yang tepat secara cermat dan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain pada teks narasi Ulang Tahun Edo dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks Ulang Tahun Edo, siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks dengan cermat dan bertanggungjawab.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman dengan cermat.
¡  Dengan mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
¡  Dengan mengingat kembali kegiatan bermain di rumah, siswa dapat menulis cerita narasi berupa catatan tetang permainan yang pernah mereka lakukan menggunakan bahasa sendiri dengan EYD yang cermat.
¡  Dengan mengamati soal cerita, siswa dapat menyebutkan kalimat perkalian perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100 secara cermat dan penuh rasa tanggung jawab.
¡  Dengan mengamati gambar tentang soal matematika, siswa dapat membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa himpunan yang banyak anggotanya sama secara cermat dan penuh rasa tanggung jawab.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif dengan percaya diri.
¡  Dengan melakukan kegiatan mengelompokkan, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan melipat dengan cermat dan bertanggung jawab.
¡  Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan menggunting dengan cermat dan bertanggung jawab.
¡  Dengan mengetahui cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif berbahan daun melalui kegiatan menempel dengan cermat dan bertanggung jawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca teks narasi.
¡  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu.
¡  Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah teman dengan memperhatikan penulisan EYD.
¡  Membuat kalimat perkalian.
¡  Membuat karya kreatif dengan menggunakan daun melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran guru memajang gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” di depan kelas.
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” yang dipajang guru di depan kelas (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar “Beni dan Teman-teman Bermain Tarik Tambang di Halaman Rumah” di depan kelas (menanya).
§  Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukkan temannya (mangasosiasi).
§  Guru membagikan teks narasi berjudul “Ulang Tahun Edo” kepada masing-masing siswa.
§  Siswa membaca teks narasi secara bergantian dengan bimbingan guru (mengamati).
§  Siswa bertanya jawab untuk mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah teman dalam teks Ulang Tahun Edo (mengasosiasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Teks Ulang Tahun Edo (mengasosiasi).
§  Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter) (mengomunikasikan).
§  Siswa mengingat kembali salah satu permainan yang pernah ia lakukan di lingkungan rumah (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan bermain di lingkungan rumah teman (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menulis cerita narasi berupa catatan tentang permainan yang pernah mereka lakukan menggunakan bahasa sendiri dengan tulisan tegak bersambung dan EYD yang benar
§  Siswa menulis salah satu nama jenis permainan yang dilakukan di rumah bersama teman (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis nama-nama pemain dalam salah satu permainan yang dilakukan di rumah (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis aturan permainan (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis jalannya permainan (mengomunikasikan).
§  Siswa menjelaskan alasan mereka merasa senang setelah melakukan permainan (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§  Guru memajang contoh soal cerita dan gambar berupa perkalian di depan kelas untuk dipelajari anak (mengamati).
§  Siswa menyebutkan kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengan hasil kurang dari 100 (mengomunikasikan).
§  Siswa melakukan perkalian (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat kalimat perkalian dari gabungan beberapa kumpulan benda yang banyak anggotanya sama dengam hasil kurang dari 100(mengumpulkan informasi).
§  Siswa menuliskan jawaban dari soal yang diselesaikannya (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk membuat karya kreatif dengan penuh rasa tanggung jawab.
§  Siswa bertanya jawab tentang bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif (menanya).
§  Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan melipat (mengasosiasi).
§  Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan menggunting (mengasosiasi).
§  Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam melalui kegiatan menempel (mengasosiasi).
§  Memberi apresiasi terhadap hasil karya kreatif sebagai penghias benda (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar Teks Narasi Ulang Tahun Edo.
¡  Teks narasi Ulang Tahun Edo.
¡  Gambar kotak pensil berisi pensil untuk perkalian.
¡  Berbagai gambar untuk soal membuat kalimat perkalian.
¡  Chart soal cerita perkalian.
¡  Daun pisang dan daun nangka.
¡  Gunting, pensil, lem, dan kertas karton.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks narasi Ulang Tahun Edo
Banyak soal: 8 buah
Kunci jawaban:
Karena Beni dan Tiur diundang saat acara ulang tahun Edo di rumahnya. (skor 13)
Adil (skor 13)
Tidak kuat lagi (skor 12)
Baru sembuh (skor 12)
Kesakitan (skor 12)
Menolong Siti (skor 12)
Rukun (skor 13)
Bersatu (skor 13)

b. Membuat kalimat perkalian.
Banyak soal: 5 buah
Kunci jawaban: untuk jawaban membuat kaliat perkalian, jawaban disesuaikan dengan jawaban siswa dengan hasil perkalian sebagai berikut:
16 (skor 50)
20 (skor 50)
14 (skor 30)
24 (skor 50)
30 (skor 50)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan


b.   Rubrik Penilaian Menulis Cerita Narasi berupa Catatan tentang Permainan

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema

Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema

Sebagian besar karangan sesuai judul atau tema
Sebagian kecil karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi karangan belum sesuai

2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata

35 sampai 49 kata

15 sampai 34 kata

kurang dari 15 kata


c.   Rubrik Penilaian Membuat Karya Kreatif sebagai Penghias Benda dengan Menggunakan Bahan Alam dengan Kegiatan Melipat, Menggunting, dan Menempel

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan melipat daun pisang/daun nangka
Lipatan daun pisang/nangka rapi dan simetris

Lipatan daun pisang/nangka rapi dan kurang simetris
Lipatan daun pisang/nangka kurang rapi dan tidak simetris
Lipatan daun pisang/nangka tidak rapa dan tidak simetris
2.
Kreatifitas dalam melipat daun pisang/ nangka
Sangat kreatif dalam melipat daun nangka / pisang
Kreatif dalam melipat daun nangka/pisang

Cukup kreatif melipat daun nangka/pisang

Belum kreatif melipat daun nangka/ pisang
3.
Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan tidak enak dilihat

d.   Rubrik Penilaian Membuat Kalimat Perkalian dari Gabungan beberapa Himpunan yang Banyak Anggotanya Sama

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuai gambar dengan soal

Semua soal dibuat sesuai dengan petunjuk gambar

Sebagian besar soal dibuat sesuai dengan petunjuk gambar
Sebagian kecil soal dibuat sesuai dengan petunjuk gambar

Semua soal dibuat belum sesuai dengan petunjuk gambar
2.
Kesesuaian penggunaan angka dan jawaban

Semua angka yang digunakan sesuai dengan jawaban

Sebagian besar angka yang digunakan sesuai dengan jawaban
Sebagian kecil angka yang digunakan sesuai dengan jawaban

Semua angka yang digunakan belum sesuai dengan jawaban


Penilaian : Pengamatan/observasi
e.   Lembar Pengamatan Berperilaku Rukun dengan Setiap Teman yang Berbeda Jenis Kelamin, Kegemaran dan Sifat (Karakter)

No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda jenis kelamin


2.
Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda kegemaran


3.
Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman yang berbeda sifat (karakter)



Hasil Pengamatan tentang Berperilaku Rukun dengan Setiap Teman yang Berbeda Jenis Kelamin, Kegemaran dan Sifat (Karakter)

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar