RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah.
PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan
dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan
dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.3.6 Menceritakan dokumen milik keluarga.
4.3.4
Membacakan teks buku harian dokumen
milik keluarga yang telah ditulis.
PPKn
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
PJOK
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari
setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari
setelah melakukan aktivitas fisik.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan
cermat.
¡ Dengan mengetahui kegiatan yang biasa dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang perlu
dihindari setelah melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya
diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan
kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya
diri.
¡ Dengan menanya teman, siswa dapat mencatat dokumen keluarga
yang dimiliki temannya dengan disiplin.
¡ Dengan catatan dokumen keluarga, siswa dapat menceritakan
isi dokumen milik keluarga dengan percaya diri.
¡ Dengan dokumen keluarga yang telah dibacakan, siswa dapat
mencatat dokumen teman yang berbeda dengan cermat.
¡ Dengan catatan harian yang telah dibacakan di rumah, siswa
dapat membacakan kembali teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah
ditulis dengan cermat.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat
dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengelompokkan dokumen
teman berdasarkan dokumen pribadi dan dokumen keluarga dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan dan perlu
dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
¡ Mencatat dokumen keluarga yang dimiliki temannya.
¡ Menceritakan isi dokumen milik keluarga.
¡ Mencatat dokumen teman yang berbeda.
¡ Membacakan kembali teks buku harian dokumen milik keluarga
yang telah ditulis.
¡ Melakukan permainan bola kasti.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar “Bermain
bola kasti” dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar “Bermain Bola Kasti” (mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang “Bermain bola kasti” (mengamati).
§
Siswa menanya tentang kegiatan yang dilakukan Siti (menanya).
§
Siswa menanya tentang gerakan yang dilakukan Siti (menanya).
§
Siswa menanya tentang kegiatan yang dapat menjaga kebugaran
tubuh (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar “Bermain bola
kasti” (mengasosiasi).
§
Siswa memperhatikan gambar gerakan pemanasan, gerakan
permainan bola kasti, dan gerakan pendinginan (mengamati).
§
Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah
melakukan aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan yang
boleh dilakukan setelah melakukan permainan kasti dengan percaya diri.
§
Siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan
permainan kasti (mengomunikasikan).
§
Siswa menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan
permainan kasti (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan alasan tidak
diperbolehkan melakukan gerakan yang menguras energi dan makan makanan dingin
setelah bermain kasti dengan disiplin.
§
Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan
gerakan yang menguras energi dan makan makanan dingin setelah bermain kasti
(mengasosiasi).
§
Siswa mengamati gambar Ibu memasak di dapur dan Siti sedang
menyapu halaman (mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang gerakan menyapu yang
dilakukan Siti (mengamati).
§
Siswa menanya tentang dokumen keluarga yang dimiliki teman
(menanya).
§
Siswa mencatat dokumen keluarga yang dimiliki teman (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menceritakan dokumen keluarga di depan kelas (mengomunikasikan).
§
Siswa yang mendengar, mencatat dokumen teman yang berbeda
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa berdiskusi tentang contoh perilaku yang
bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjelaskan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah (mengomunikasikan).
§
Siswa menulis tugas yang dilakukan Siti yang ditemukan dalam
uraian pada buku siswa (mengasosiasi).
§
Siswa mempraktikkan tugas yang dilakukan Siti yang
ditemukan dalam uraian pada buku siswa (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar bermain bola kasti
¡ Bola kasti
¡ Gambar ibu memasak di dapur, terlihat Siti sedang membantu.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar