Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah) Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                           :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke          :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.3    Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2.3   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
3.3.3   Menetukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
4.5.3   Mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).

SBdP
3.1.3   Menyebutkan bahan dan alat membuat karya seni rupa
4.1.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati teks bacaan tentang kegiatan berbelanja, siswa dapat membaca teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri.
¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan cermat.
¡  Dengan teks tentang aktivitas, siswa dapat menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggungjawab.
¡  Dengan mengamati dan mempelajari contoh soal, siswa dapat menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan bertanggungjawab.
¡  Dengan tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan membuat karya seni rupa dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur dengan cermat dan bertanggungjawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
¡  Berbagai tekstur dan bentuk.
¡  Teks cerita aktifitas dalam teks narasi

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa dibimbing oleh guru membaca cerita Menolong Ibu Berbelanja dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar pada teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati).
§  Siswa membaca nyaring teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja (mengamati).
§  Siswa dibimbing oleh guru berdiskusi bersama teman menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan bertanggungjawab. (mengumpulkan informasi)
§  Siswa menceritakan isi teks bacaan yang telah dibaca dengan bahasa sendiri secara lisan di depan kelas (mengomunikasikan).
§  Siswa mempelajari contoh soal menentukan suku yang belum diketahui berkaitan dengan pengurangan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) (mengomunikasikan).
§  Siswa diarahkan oleh guru untuk berkreasi dengan mengamati berbagai benda dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar tentang tekstur gula pasir dan gula halus (mengamati).
§  Siswa memegang untuk membedakan tekstur gula pasir dan gula halus yang diberikan guru (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar tentang berbagai baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar tentang berbagai baju dengan tekstur dan motif yang berbeda (mengomunikasikan).
§  Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan tekstur dan motif yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa bertanya tentang bentuk dan tekstur pada karya seni rupa (menanya).
§  Siswa mengamati gambar tentang tekstur dan motif berbagai benda di lingkungan sekitar (mengamati).
§  Siswa membedakan tekstur dan motif berbagai benda di lingkungan sekitar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar benda yang bermotif timbul (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang motif timbul (menanya).
§  Siswa membedakan motif pada benda timbul (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur tekstur (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar Tiur menggunakan uang saat berbelanja.
¡  Teks percakapan tentang Tiur ditugaskan berbelanja.
¡  Gambar barang belanjaan Tiur.
¡  Gambar 3 kotak pensil warna, sekotak 6 batang.
¡  Gambar 10 buah bola kasti dilingkari per 2 buah.
¡  Gambar bahan belanjaan Tiur (gula pasir dan gula halus).
¡  Gambar ibu berbaju terusan panjang motif bunga-bunga.
¡  Gambar Beni berkemeja tangan pendek motif kotak-kotak.
¡  Gambar Tiur berbaju terusan pendek motif bola-bola.
¡  Gambar batang kayu coklat.
¡  Gambar bola bergaris-garis hitam putih.
¡  Gambar harimau bulu loreng hitam kuning.
¡  Gambar tirai jendela kuning polos.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan (skor 100).
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban :
Senang, karena Tiur senang membantu ibu (skor 35).
Kerena Beni dan Tiur senang membantu (skor 35).
Baik, senang membantu (skor 30).

b. Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (skor 100).
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
15 (skor 25)
95 (skor 25)
123 (skor 25)
234 (skor 25)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

b.   Rubrik Penilaian Menceritakan Aktivitas Isi Bacaan Menolong Ibu Berbelanja
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar

Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume Suara

Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

c.   Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Pengurangan (Ruas Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan mengemukakan langkah-langkah

Seluruh langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Sebagian langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Sebagian kecil langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
Tidak ada langkah-langkah dikemukakan siswa

2.
Kerapian tulisan

Seluruh soal ditulis dengan rapi oleh siswa

Sebagian besar soal ditulis dengan rapi oleh siswa
Sebagian kecil soal ditulis dengan rapi oleh siswa
Tidak ada soal yang ditulis rapi oleh siswa

3.
Kebersihan tulisan

Seluruh soal ditulis dengan bersih oleh siswa

Sbagian besar soal ditulis dengan bersih oleh siswa
Senagian kecil soal ditulis dengan bersih oleh siswa
Tidak ada soal yang ditulis bersih oleh siswa

4.
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan

Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat

Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan dengan tepat
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan


d.   Rubrik Penilaian Menggambar Ekspresif dengan Mengolah Garis, Warna, Bentuk dan Tekstur.
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Mengolah garis, warna, tekstur dan bentuk

Siswa mengolah semua komponen berupa garis, warna, bentuk dan tekstur
Siswa mengolah 3 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur

Siswa mengolah 2 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur

Siswa mengolah 1 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur

2.
Kerapian dan kebersihan kegiatan menggambar
Hasil kerja sangat bersih dan rapi
Hasil kerja bersih dan rapi
Hasil kerja bersih dan kurang rapi
Hasil kerja kurang bersih dan kurang rapi

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar