RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan
benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat,
panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Matematika
3.3.3
Menetukan suku yang belum diketahui dan
kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri
dari 2 suku).
4.5.3
Mengemukakan langkah-langkah menetukan
suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan
kiri terdiri dari 2 suku).
SBdP
3.1.3
Menyebutkan bahan dan alat membuat karya
seni rupa
4.1.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna, bentuk dan tekstur
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati teks bacaan tentang kegiatan
berbelanja, siswa dapat membaca teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan
percaya diri.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan teks narasi Menolong Ibu Berbelanja dengan cermat.
¡ Dengan teks tentang aktivitas, siswa dapat menceritakan
isi bacaan dengan bahasa sendiri di depan kelas dengan percaya diri dan
bertanggungjawab.
¡ Dengan mengamati dan mempelajari contoh soal, siswa
dapat menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang
berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) dengan bertanggung
jawab.
¡ Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat mengemukakan
langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika
pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan bertanggungjawab.
¡ Dengan tanya jawab dan bimbingan guru, siswa dapat
menyebutkan alat dan bahan membuat karya seni rupa dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat
menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur dengan
cermat dan bertanggungjawab.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Suku kata dari kalimat matematika berkaitan dengan
penjumlahan.
¡ Berbagai tekstur dan bentuk.
¡ Teks cerita aktifitas dalam teks narasi
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa dibimbing oleh guru membaca cerita Menolong Ibu
Berbelanja dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar pada teks bacaan Menolong Ibu
Berbelanja (mengamati).
§
Siswa membaca nyaring teks bacaan Menolong Ibu Berbelanja
(mengamati).
§
Siswa dibimbing oleh guru berdiskusi bersama teman
menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan bertanggungjawab. (mengumpulkan
informasi)
§
Siswa menceritakan isi teks bacaan yang telah dibaca
dengan bahasa sendiri secara lisan di depan kelas (mengomunikasikan).
§
Siswa mempelajari contoh soal menentukan suku yang belum
diketahui berkaitan dengan pengurangan (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat
matematika yang berkaitan dengan pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2
suku) (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang
belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri
terdiri dari 2 suku) (mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan oleh guru untuk berkreasi dengan
mengamati berbagai benda dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar tentang tekstur gula pasir dan
gula halus (mengamati).
§
Siswa memegang untuk membedakan tekstur gula pasir dan
gula halus yang diberikan guru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengamati gambar tentang berbagai baju dengan
tekstur dan motif yang berbeda (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar tentang berbagai baju dengan
tekstur dan motif yang berbeda (mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan tekstur dan
motif yang diamati (mengomunikasikan).
§
Siswa bertanya tentang bentuk dan tekstur pada karya seni
rupa (menanya).
§
Siswa mengamati gambar tentang tekstur dan motif berbagai
benda di lingkungan sekitar (mengamati).
§
Siswa membedakan tekstur dan motif berbagai benda di
lingkungan sekitar (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengamati gambar benda yang bermotif timbul
(mengamati).
§
Siswa bertanya tentang motif timbul (menanya).
§
Siswa membedakan motif pada benda timbul (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna,
bentuk dan tekstur tekstur (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar Tiur menggunakan uang saat berbelanja.
¡ Teks percakapan tentang Tiur ditugaskan berbelanja.
¡ Gambar barang belanjaan Tiur.
¡ Gambar 3 kotak pensil warna, sekotak 6 batang.
¡ Gambar 10 buah bola kasti dilingkari per 2 buah.
¡ Gambar bahan belanjaan Tiur (gula pasir dan gula halus).
¡ Gambar ibu berbaju terusan panjang motif bunga-bunga.
¡ Gambar Beni berkemeja tangan pendek motif kotak-kotak.
¡ Gambar Tiur berbaju terusan pendek motif bola-bola.
¡ Gambar batang kayu coklat.
¡ Gambar bola bergaris-garis hitam putih.
¡ Gambar harimau bulu loreng hitam kuning.
¡ Gambar tirai jendela kuning polos.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan
teks bacaan (skor 100).
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban :
Senang, karena Tiur senang membantu ibu (skor 35).
Kerena Beni dan Tiur senang membantu (skor 35).
Baik, senang membantu (skor 30).
b. Menentukan
suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan
pengurangan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku) (skor 100).
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
15 (skor 25)
95 (skor 25)
123 (skor 25)
234 (skor 25)
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian:
Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
b. Rubrik Penilaian Menceritakan Aktivitas Isi
Bacaan Menolong Ibu Berbelanja
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
c. Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah
Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Pengurangan (Ruas
Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan mengemukakan langkah-langkah
|
Seluruh langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Sebagian kecil langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh siswa
|
Tidak ada langkah-langkah dikemukakan siswa
|
2.
|
Kerapian tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan rapi oleh
siswa
|
Sebagian besar soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Sebagian kecil soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis rapi oleh siswa
|
3.
|
Kebersihan tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan bersih oleh
siswa
|
Sbagian besar soal ditulis
dengan bersih oleh siswa
|
Senagian kecil soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis
bersih oleh siswa
|
4.
|
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan
tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
d. Rubrik Penilaian Menggambar Ekspresif dengan
Mengolah Garis, Warna, Bentuk dan Tekstur.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Mengolah garis, warna, tekstur
dan bentuk
|
Siswa mengolah semua komponen berupa garis, warna, bentuk dan tekstur
|
Siswa mengolah 3 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur
|
Siswa mengolah 2 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur
|
Siswa mengolah 1 komponen dari garis, warna, bentuk dan tekstur
|
2.
|
Kerapian dan kebersihan kegiatan menggambar
|
Hasil kerja sangat bersih dan rapi
|
Hasil kerja bersih dan rapi
|
Hasil kerja bersih dan kurang rapi
|
Hasil kerja kurang bersih dan kurang rapi
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar