Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     2
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PJOK
3.6    Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.7   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat.

Bahasa Indonesia
3.5.8   Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5   Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.

PJOK
3.6.1   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
3.6.3   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
4.6.1   Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2   Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.

Matematika
3.1.7   Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1   Mengamati dan menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membeda-kan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat dengan santun.
¡  Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki dengan santun.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis dengan teliti.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis dengan teliti.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati bimbingan gerakan guru, siswa dapat melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan buku siswa, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡  Dengan mengurutkan bilangan, siswa dapat mengamati dan menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Menulis kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
¡  Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
¡  Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
¡  Mengurutkan bilangan sampai 500.
¡  Polabilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati teks percakapan (mengamati).
§  Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
§  Siswa menanya tentang sikap hidup rukun (menanya).
§  Siswa menanya tentang sikap hidup tidak rukun (menanya).
§  Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
§  Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas (mengamati).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai panduan menulis cerita (menalar).
§  Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita (menalar).
§  Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
§  Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas (mengamati).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai panduan menulis cerita (menalar).
§  Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita (menalar).
§  Siswa memperhatikan gambar gerakan yang akan dilakukan (mengamati).
§  Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis (menalar).
§  Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik (mencoba).
§  Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (mencoba).
§  Siswa memilih lagu kesukaannya (mengamati).
§  Siswa mendengarkan aba-aba (mengamati).
§  Siswa berjalan berkelompok sambil menyanyikan lagu (mencoba).
§  Siswa kelompok laki-laki berjalan di salah satu sudut lapangan (mencoba).
§  Siswa kelompok perempuan berjalan di sudut yang lain (mecoba).
§  Siswa menjawab pertanyaan untuk memandu bercerita.
§  Siswa menulis cerita tentang yang dirasakan siswa setelah bermain jalan gembira (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi garis bilangan (menalar).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan dengan percaya diri.
§  Siswa membuat barisan bilangan dimulai dari 200 sampai bilangan sebanyak siswa (mencoba).
§  Siswa memegang satu kartu bilangan (mencoba).
§  Siswa berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang (mencoba).
§  Siswa membuat garis bilangan berdasarkan urutan barisan bilangan siswa (mencoba).
§  Siswa memberikan gambar-gambar yang menarik pada garis bilangan tersebut (mencoba).
§  Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 3 sampai 4 siswa (mencoba).
§  Setiap kelompok mengambil kartu bilangan sesuai jumlah siswa.
§  Setiap siswa dalam kelompok memegang satu kartu bilangan (mencoba).
§  Siswa memulai membuat bilangan urut dari kartu bilangan tersebut (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan teliti.
§  Siswa menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan menggunakan huruf tegak bersambung (mencoba).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks percakapan Udin, Badu, Edo, dan Pak RT.
¡  Gambar gerakan.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes Tertulis: Skor
Teks percakapan kegiatan bersama dan hidup rukun
Banyak Soal: 5 Soal

Kunci Jawaban:
1. Menyelesaikan tugas lebih cepat selesai
2. Perlu
3. Edo dan Badu
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan





Rubrik Menulis Kembali Teks Percakapan ke dalam Cerita
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat

Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf besar, kata depan, dan tanda baca

Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat

2
Kelengkapan penulisan kata

Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap

Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang lengkap

Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang belum lengkap

Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang belum lengkap

3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema hidup rukun

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema

Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema

Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi karangan belum sesuai

4
Penggunaan kalimat yang efektif

Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif

Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif

Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif


Penilaian: Pengamatan
Variasi Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Non-lokomotor Sesuai Irama (Ketukan) Tanpa Iringan Musik dalam Aktivitas Gerak Ritmis
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan gerakan lokomotor


2.
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan lokomotor


3.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan lokomotor


4.
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan gerakan non-lokomotor


5.
Keseimbangan posisi badan dalam melakukan gerakan non-lokomotor


6.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan non-lokomotor



Hasil Pengamatan Melakukan Berbagai Gerakan Lokomotor dan Non-lokomotor
No
Nama Siswa
Kriteri 1
Kriteri 2
Kriteri 3
Kriteri 4
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1
Ekal








2
Aisy








3
Zidan








4
Oscar








...
.........









Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Bermain Bilangan Urut
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan mengurut­kan bilangan urut
Mampu mengurutkan bilangan urut secara keseluruhan
Mampu mengurutkan sebagian besar bilangan urut
Mampu mengurutkan sebagian kecil bilangan urut
Belum mampu mengurutkan bilangan
2.
Kemampuan mengikuti aturan permainan
Mampu mengikuti aturan permainan sampai selesai
Mampu mengikuti aturan permainan hampir sampai selesai
Mampu mengikuti aturan permainan sebagian kecil sampai selesai
Belum mampu mengikuti aturan permainan


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar