RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PJOK
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.7
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat.
Bahasa
Indonesia
3.5.8
Membedakan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5
Menyimpulkan isi teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
PJOK
3.6.1
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmis.
3.6.3
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmis.
4.6.1
Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan)
tanpa iringan musik.
4.6.2
Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
Matematika
3.1.7
Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1
Mengamati dan menyebutkan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membeda-kan
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat berperilaku
rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran, cita-cita, dan sifat dengan santun.
¡ Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis
kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
teman yang telah dibaca dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan
maupun laki-laki dengan santun.
¡ Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi
penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis dengan teliti.
¡ Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi
penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis dengan teliti.
¡ Dengan melakukan permainan, siswa dapat bergerak bebas
mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati bimbingan gerakan guru, siswa dapat
melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan buku siswa, siswa dapat mengurutkan
bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan mengurutkan bilangan, siswa dapat mengamati dan
menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100
dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
teman.
¡ Menulis kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
¡ Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan
musik.
¡ Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.
¡ Mengurutkan bilangan sampai 500.
¡ Polabilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari
100.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan
dengan teliti (mengamati).
§ Siswa mengamati teks percakapan (mengamati).
§ Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
§ Siswa menanya tentang sikap hidup rukun (menanya).
§ Siswa menanya tentang sikap hidup tidak rukun (menanya).
§ Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
§ Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas
(mengamati).
§ Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks
percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
yang telah dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai
panduan menulis cerita (menalar).
§ Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk
sebuah cerita (menalar).
§ Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
§ Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas
(mengamati).
§ Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks
percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
yang telah dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai
panduan menulis cerita (menalar).
§ Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk
sebuah cerita (menalar).
§ Siswa memperhatikan gambar gerakan yang akan dilakukan
(mengamati).
§ Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki (menalar).
§ Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak ritmis (menalar).
§ Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak
dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam
aktivitas gerak ritmis (menalar).
§ Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa
iringan musik (mencoba).
§ Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (mencoba).
§ Siswa memilih lagu kesukaannya (mengamati).
§ Siswa mendengarkan aba-aba (mengamati).
§ Siswa berjalan berkelompok sambil menyanyikan lagu
(mencoba).
§ Siswa kelompok laki-laki berjalan di salah satu sudut
lapangan (mencoba).
§ Siswa kelompok perempuan berjalan di sudut yang lain
(mecoba).
§ Siswa menjawab pertanyaan untuk memandu bercerita.
§ Siswa menulis cerita tentang yang dirasakan siswa setelah
bermain jalan gembira (mengomunikasikan).
§ Siswa melengkapi garis bilangan (menalar).
§ Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan dengan
percaya diri.
§ Siswa membuat barisan bilangan dimulai dari 200 sampai
bilangan sebanyak siswa (mencoba).
§ Siswa memegang satu kartu bilangan (mencoba).
§ Siswa berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang
(mencoba).
§ Siswa membuat garis bilangan berdasarkan urutan barisan
bilangan siswa (mencoba).
§ Siswa memberikan gambar-gambar yang menarik pada garis
bilangan tersebut (mencoba).
§ Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri
atas 3 sampai 4 siswa (mencoba).
§ Setiap kelompok mengambil kartu bilangan sesuai jumlah
siswa.
§ Setiap siswa dalam kelompok memegang satu kartu bilangan
(mencoba).
§ Siswa memulai membuat bilangan urut dari kartu bilangan
tersebut (mencoba).
§ Guru membimbing siswa untuk menulis bilangan yang ada
dalam kelompok dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan teliti.
§ Siswa menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan
menggunakan huruf tegak bersambung (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks percakapan Udin, Badu, Edo, dan Pak RT.
¡ Gambar gerakan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes Tertulis: Skor
Teks percakapan kegiatan bersama dan hidup rukun
Banyak Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban:
1. Menyelesaikan tugas lebih cepat selesai
2. Perlu
3. Edo dan Badu
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
Rubrik
Menulis Kembali Teks Percakapan ke dalam Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca
|
Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda
baca yang tepat
|
Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata
depan, dan tanda baca
|
Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf besar,
kata depan, dan tanda baca
|
Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata
depan, dan tanda baca yang tepat
|
2
|
Kelengkapan penulisan kata
|
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang belum
lengkap
|
Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang
belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema hidup rukun
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
|
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
Penilaian:
Pengamatan
Variasi Pola
Gerak Dasar Lokomotor dan Non-lokomotor Sesuai Irama (Ketukan) Tanpa Iringan
Musik dalam Aktivitas Gerak Ritmis
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan
gerakan lokomotor
|
|
|
2.
|
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan lokomotor
|
|
|
3.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan lokomotor
|
|
|
4.
|
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan
gerakan non-lokomotor
|
|
|
5.
|
Keseimbangan posisi badan dalam melakukan gerakan
non-lokomotor
|
|
|
6.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan non-lokomotor
|
|
|
Hasil Pengamatan Melakukan Berbagai Gerakan Lokomotor dan
Non-lokomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kriteri
1
|
Kriteri
2
|
Kriteri
3
|
Kriteri
4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Oscar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Bermain Bilangan Urut
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan mengurutkan bilangan urut
|
Mampu mengurutkan bilangan urut secara keseluruhan
|
Mampu mengurutkan sebagian besar bilangan urut
|
Mampu mengurutkan sebagian kecil bilangan urut
|
Belum mampu mengurutkan bilangan
|
2.
|
Kemampuan mengikuti aturan permainan
|
Mampu mengikuti aturan permainan sampai selesai
|
Mampu mengikuti aturan permainan hampir sampai selesai
|
Mampu mengikuti aturan permainan sebagian kecil sampai
selesai
|
Belum mampu mengikuti aturan permainan
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar