RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.3
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik
tertentu.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
PPKn
3.4.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah.
3.4.2
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
3.4.7
Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu
dalam keberagaman
4.4.3
Menerapkan sikap hidup bersatu dalam
setiap kegiatan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan
teks bacaan tentang membuat cincau, siswa dapat membacakan cerita narasi yang
telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi secara cermat.
¡ Dengan
membaca teks cerita narasi membuat cincau, siswa dapat menyebutkan urutan
kegiatan membuat cincau dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat mengurutkan
gambar tentang proses membuat cincau dengan cermat dan bertanggung jawab.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan
kembali proses membuat cincau dengan kata-kata sendiri dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar proses membuat cincau, siswa
dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan
makanan dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar contoh sikap bersatu di rumah,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu
dalam keberagaman di rumah dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat
menjawab pertanyaan berdasarkan contoh gambar sikap bersatu di rumah dengan
cermat dan bertanggung jawab.
¡ Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat
menjelaskan akibat yang akan terjadi jika kita tidak bersatu dalam keberagaman
dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
¡ Dengan mengamati proses pembuatan cincau, siswa dapat
membuat cincau secara berkelompok dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan melihat contoh, siswa dapat membuat karya
kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar
melalui kegiatan melipat dengan cermat.
¡ Setelah melakukan kegiatan membuat cincau dan membuat
karya kerajinan sebagai penghias benda, siswa dapat menerapkan sikap hidup
bersatu dalam setiap kegiatan dengan bertanggung jawab.
¡ Setelah tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan
alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau)
dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan
cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Cerita narasi
¡ Urutan aktivitas bermain membuat cincau
¡ Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukan sikap
bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru memberikan arahan kepada siswa
untuk mengamati gambar dan membaca cerita membuat cincau dengan cermat.
§ Siswa mengamati gambar tentang
kegiatan membuat cincau di dapur (mengamati).
§ Siswa menanya tentang gambar
kegiatan membuat cincau di dapur (menanya).
§ Siswa mendeskripsikan gambar
kegiatan membuat cincau di dapur (mengumpulkan informasi).
§ Siswa membacakan cerita narasi yang berjudul “Membuat
Cincau” yang telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi yang jelas
(mengomunikasikan).
§ Siswa menyebutkan urutan kegiatan membuat cincau
(mengasosiasi).
§ Siswa mengamati gambar acak tentang proses membuat cincau
(mengamati).
§ Siswa ditugaskan mengurutkan gambar acak berkaitan dengan
proses membuat cincau (mengasosiasi).
§ Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan
cara membuat cincau dengan percaya diri ke depan kelas.
§ Siswa menceritakan kembali proses membuat cincau dengan
kata-kata sendiri berdasarkan gambar yang telah diurutkan di depan kelas
(mengomunikasikan).
§ Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat
digunakan sebagai olahan makanan (mengasosiasi).
§ Guru memberikan arahan kepada siswa agar melakukan
kegiatan dengan bertanggung jawab.
§ Siswa mengamati gambar tentang contoh sikap bersatu dalam
keberagaman di rumah (mengamati).
§ Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan
sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengumpulkan informasi).
§ Siswa berdiskusi bersama teman sebangku menjawab
pertanyaan yang terkait dengan gambar contoh sikap bersatu dalam keberagaman
di rumah (mengumpulkan informasi).
§ Siswa bertanya tentang kebenaran dari jawaban yang
diberikan (menanya).
§ Siswa menjelaskan akibat tidak bersatu dalam keberagaman
(mengasosiasi).
§ Guru memberikan arahan kepada siswa agar bekerjasama dan
bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan.
§ Siswa bertanya jawab tentang tugas yang diberikan guru
tentang kegiatan membuat cincau (menanya)
§ Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk
membuat cincau (mengamati).
§ Siswa membuat cincau secara berkelompok (mengumpulkan
informasi).
§ Guru memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa untuk
melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§ Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat wadah
piring dan daun pisang (mencoba).
§ Siswa membuat wadah piring dari daun pisang menjadi karya
kerajinan sebagai penghias benda secara berkelompok dengan bimbingan guru
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa menerapkan sikap hidup bersatu dalam kegiatan
kelompok yang dilakukan sesuai dengan gambar (mengomunikasikan).
§ Siswa melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas
(mengomunikasikan).
§ Siswa bertanya tentang kebenaran jawaban yang disampaikan
(menanya).
§ Setelah membuat cincau dan karya kerajinan, siswa
mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk membuat karya
kerajinan dan olahan makanan (mengasosiasikan)
§ Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan
sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan membuat cincau dan karya
kerajinan (mengumpulkan informasi).
§ Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar
yang dapat digunakan untuk membuat karya kreatif dan olahan makanan seperti
yang ada pada gambar (mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar kegiatan membuat cincau di dapur.
¡ Gambar acak tentang proses membuat cincau.
¡ Gambar contoh sikap bersatu di rumah.
¡ Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat cincau dan
karya kerajinan
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian mengurutkan gambar
Tes tertulis: skor
Banyak gambar: 6 buah
Kunci jawaban: urutan gambar yang benar
gambar daun no 1
gambar mencampurkan daun dengan air no 2
gambar meremas daun no 3
gambar menyaring air cincau no 4
gambar air daun cincau di dalam mangkuk no 5
gambar cincau petak-petak no 6
b. Penilaian tentang menjawab pertanyaan
berdasarkan tiga gambar contoh sikap. bersatu di rumah
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 3 buah
Jawaban:
1)
Beni
melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah
selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan.
2)
Tiur
melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah
selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan.
3)
Ibu
melakukan membuat cincau dan menikmati cincau segar di meja makan.
4)
Kalian
sedang bersama-sama mengerjakan disesuaikan dengan jawaban siswa.
5)
Kamu
melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
6)
Kakakmu
malakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
7)
Adikmu
melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
8)
Ibu
melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
9)
Bapak
melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa.
10)
Pekerjaan
yang dilakukan akan terasa ringan.
11)
Jika tidak
mau bekerja sama, maka pekerjaan akan terasa berat.
12)
Jika Beni,
Tiur, dan Ibu tidak bekerja sama, pekerjaan mereka akan terasa berat dan
lama selesainya.
3. Penilaian
keterampilan
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian
teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
b. Rubrik Penilaian Menceritakan Proses Membuat
Cincau
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
c. Rubrik Penilaian Kegiatan Membuat cincau
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya menghasilkan 4
bentuk model potongan cincau
|
Hasil prakarya menghasilkan 3
model potongan cincau
|
Hasil prakarya menghasilkan 2
model potongan cincau
|
Hasil prakarya menghasilkan 1
model potongan cincau
|
2.
|
Kerapian dalam bekerja
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat ampas dalam cincau dan adonan terlihat rapi
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat ampas dalam cincau namun
adonan terlihat kurang rapi
|
Sesuai dengan bentuk pola,
namun terdapat ampas dalam cincau namun
adonan terlihat kurang rapi
|
Kurang sesuai dengan bentuk
pola, terdapat ampas dalam cincau namun
adonan terlihat kurang rapi
|
d. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kerajinan
Sebagai Penghias Benda dengan Kegiatan Melipat
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya menghasilkan 4
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 3
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 2
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 1
bentuk lipatan penghias benda
|
2.
|
Kerapian dalam bekerja
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat robekan dalam lipatan dan hasil karya terlihat rapi
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat robekan dalam lipatan namun hasil karya terlihat kurang rapi
|
Sesuai dengan bentuk pola,
namun terdapat robekan dalam lipatan dan hasil karya terlihat kurang rapi
|
Kurang sesuai dengan bentuk
pola, terdapat robekan dalam lipatan dan hasil karya terlihat kurang rapi
|
Penilaian:
Pengamatan/observasi
d. Lembar pengamatan saat siswa menerapkan sikap
hidup bersatu dalam setiap kegiatan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Sikap kerjasama siswa saat
membuat cincau
|
|
|
2.
|
Sikap kerjasama siswa saat
membuat kerajinan tangan
|
|
|
3.
|
Kekompakan siswa mengikuti
instruksi guru.
|
|
|
4.
|
Saling membantu walaupun telah
dibagikan tugas masing-masing
|
|
|
Hasil Pengamatan Saat
Siswa Menerapkan Sikap Hidup Brsatu
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar