RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
PembelajaranKe : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.1.1
Mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa.
4.3.1
Menggambar imajinatif dengan
memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda
birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
Bahasa
Indonesia
3.5.1
Mengidentifikasi contoh sikap hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2
Membedakan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1
Membaca teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat
me-nunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
secara teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu
“Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
¡ Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat
mengidentifi-kasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
¡ Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat
menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan
teliti.
¡ Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”,
siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa
dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dengan teliti.
¡ Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru,
siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡ Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat
membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan
teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡ Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
¡ Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di
lingkungan.
¡ Teks permintaan maaf.
¡ Contoh sikap hidup rukun.
¡ Membaca membaca lambang bilangan sampai 500.
¡ Membilang loncat.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diperkenalkan dengan lagu
“Main Ayunan” (mengamati).
§ Siswa menyanyikan lagu “Main Ayunan”
secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
§ Siswa memperhatikan guru menyanyikan
lagu “Main Ayunan” sesuai ketukan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
§ Siswa dibimbing memainkan pola irama
lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
§ Siswa memainkan pola irama
bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan dua alat musik ritmik
yang berbeda (mencoba).
§ Guru membacakan syair lagu seperti
membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati).
§ Siswa membaca syair lagu seperti
yang telah dicontohkan guru (mencoba).
§ Siswa membuat pertanyaan yang
berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya).
§ Siswa menukarkan pertanyaan yang
telah dibuat dengan teman.
§ Siswa menjawab pertanyaan yang
ditukarkan (menalar).
§ Siswa mengubah syair lagu “Main
Ayunan” menjadi sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun (menalar).
§ Siswa mengamati alam sekitar
(mengamati).
§ Siswa mengidentifikasi bahan-bahan
dalam membuat karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
§ Siswa menyebutkan alat dan bahan
yang biasa digunakan dalam menggambar. (mengomunikasikan)
§ Siswa menghias cerita yang telah
ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon
(mencoba).
§ Siswa bermain peran berdasarkan teks
percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
§ Siswa mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
§ Siswa membedakan contoh sikap hidup
rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh
yang dikemukakan guru (mencoba).
§ Siswa berdiskusi dengan teman
sebangku tentang cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan
santun (menanya).
§ Siswa secara bergantian membaca
lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati sebuah barisan
bilangan (mangamati).
§ Siswa menyebutkan pola bilangan pada
barisan bilangan yang diamati (menalar).
§ Siswa melengkapi barisan bilangan
berpola +3 (menalar).
§
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks lagu “Main Ayunan”.
¡ Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
¡ Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
¡ Gambar kartu bilangan yang ditempelkan pada ayunan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Penilaian: Skor
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20
Kunci Jawaban:
1. 27, 30, 33, 36, 39
2. 29, 32, 35, 38, 41
3. 38, 41, 44, 47, 50
4. 42, 45, 48, 51, 54
5. 42, 45, 48, 51, 54
3. Ketrampilan
c. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah
dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu mengembang-kan ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya mampu memainkan ritmis dari
pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan
|
Mengalami kesulitan dalam meniru
ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu sama sekali meniru
ritmis yang disajikan.
|
d. Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengubah syair lagu menjadi cerita dengan
berkreasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
4.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
5.
|
Kreasi.
|
Menghias cerita dengan variasi warna yang menarik.
|
Menghias cerita namun warna kurang bervariasi.
|
Menghias tanpa warna.
|
Tidak menghias sama sekali.
|
e. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik bermain peran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
f. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
membaca lambang bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan membaca lambang bilangan.
|
Membaca dengan tepat dan lancar.
|
Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.
|
Pembacaan kurang tepat.
|
Belum mampu membaca.
|
2.
|
Volume suara.
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Ch.
Jerni Purwati, S.Pd
NIP .......................................................
|
|
Guru Kelas 2
Iqbal
Yulianto, S.Pd
NIP ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar