Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 2 (Bermain di Rumah Teman) Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2                   :     Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke          :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13       Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
1.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
3.2.3   Menentukan gambar yang sesuaian dengan perkalian yang diketahui.
4.3.1   Membuat perkalian yang mungkin jika hasil kali ditentukan.

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan rumah teman untuk karya kreatif.
4.13.2 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan mnggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa).

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan teks yang telah ditulis siswa sebelumnya, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡  Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan teman, siswa dapat membuat pertanyaan yang berkaitan dengan cerita dengan penggunaan EYD yang cermat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat membuat kalimat tanya berdasarkan gambar pada buku siswa dengan cermat.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menentukan gambar yang sesuaian dengan perkalian yang diketahui dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung perkalian sederhana dengan cermat.
¡  Dengan mempelajari contoh, siswa dapat membuat perkalian yang hasil kali sudah ditentukan dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks singkat, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan cermat.
¡  Dengan memahami cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan benda alam di lingkungan sekitar rumah teman melalui kegiatan menggunting (daun pisang, daun nangka, daun mangga) dengan cermat dan bertanggung jawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menceritakan berbagai aktifitas bermain.
¡  Menentukan gambar yang sesuaian dengan perkalian yang diketahui.
¡  Membuat perkalian dengan hasil kali sudah ditentukan.
¡  Membuat karya kreatif menggunakan daun pisang, daun nangka, dan daun kelapa melalui kegiatan menggunting.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar.
§  Pada awal pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru tentang tugas menulis cerita Acara Ulang Tahun Edo yang telah dibuat siswa pada pembelajaran sebelumnya (mengamati).
§  Siswa membacakan cerita yang telah ditulis dengan suara nyaring dan menarik (mengomunikasikan).
§  Siswa membuat pertanyaan berdasarkan cerita Acara Ulang Tahun Edo dengan dengan memperhatikan dengan penggunaan EYD (menanya).
§  Siswa melakukan kegiatan tanya jawab dari kalimat tanya yang dibuat dengan temannya (menanya).
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar anak sedang mencari alamat (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§  Siswa ditugaskan membuat kalimat tanya berdasarkan gambar (menanya).
§  Siswa mendiskusikan kalimat tanya yang dibuat sesuai dengan pengamatan gambar (mengasosiasi).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa membaca contoh soal matematika (mengamati).
§  Siswa menentukan gambar yang sesuai dengan contoh soal matematika yang dibaca dengan menggunakan tanda centang (mengasosiasi).
§  Siswa mengerjakan tugas tentang menentukan gambar yang sesuai dengan cerita matematika (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§  Siswa membaca contoh soal matematika tentang “Edo mempunyai 40 kelereng” (mengamati).
§  Siswa menanya tentang penyelesaian soal matematika tentang “Edo mempunyai 40 kelereng” (menanya).
§  Siswa menanya tentang perkalian yang hasilnya 40 (menanya).
§  Siswa membuat perkalian yang hasil kali ditentukan (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat, percaya diri, dan tanggung jawab.
§  Siswa membaca teks pada buku siswa, dan mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif (mengamati).
§  Siswa memahami cara membuat karya seni dari daun (mengasosiasi).
§  Siswa membuat karya kreatif dengan menggunakan benda alam dari lingkungan sekitar rumah melalui kegiatan menggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa) (mengasosiasi).
§  Guru memberikan apresiasi terhadap hasil karya kreatif yang dibuat siswa (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks Ulang Tahun Edo.
¡  Gambar tentang kalimat pertanyaan.
¡  Gambar yang berhubungan dengan kegiatan menentukan perkalian.
¡  Daun pisang, daun mangga, dan daun nangka.
¡  Gunting, lem, dan pensil.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Tes tertulis : skor
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban membuat kalimat tanya: disesuaikan dengan jawaban siswa

b.   Tes Tertulis : skor
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban : gambar yang di kanan, gambar gambar yang di kiri, dan Gambar yang di kanan

c.   Tes Tertulis : skor
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban menebak/menaksir perkalian, pembagian dengan berbagai kemung­kinan jawaban:
1.   Mengelompokkan 60 topi1 x 60 dan 60 x 1
2 x 30 dan 30 x 2
3 x 20 dan 20 x 3
4 x 15 dan 15 x 4
5 x 12 dan 12 x 5
6 x 10 dan 10 x 6

2.   Mengelompokkan 30 kue mangkok1 x 30 dan 30 x 1
2 x 15 dan 15 x 2
3 x 10 dan 10 x 3
5 x 6 dan 6 x 5

3.   Mengelompokkan 20 yoyo1 x 20 dan 20 x 1
2 x 10 dan 10 x 2
4 x 5 dan 5 x 4
                 
3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Narasi
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengah atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks
2.
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

b.   Rubrik Penilaian Membuat Karya Kreatif sebagai Penghias Benda Menggunakan Bahan Alam dengan Kegiatan Melipat
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan melipat daun pisang/daun nangka
Lipatan daun pisang/nangka rapi dan simetris
Lipatan daun pisang/nangka rapi dan kurang simetris
Lipatan daun pisang/nangka kurang rapi dan tidak simetris
Lipatan daun pisang/nangka tidak rapa dan tidak simetris
2.
Kerapian dalam menggunting dan menempel
Pola menggunting terlihat halus dan tidak terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
Pola menggunting terlihat halus dan terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan atau sebaliknya
Pola menggunting terlihat kasar dan terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan
Belum mampu menggunting dan menempel
3.
Keindahan karya yang dihasilkan
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan tidak enak dilihat


c.   Rubrik Penilaian Membuat Perkalian yang Mungkin jika Hasil Kali Ditentukan
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Membuat perkalian dengan jawaban yang tepat
Mampu membuat perkalian secara maksimal dengan jawaban yang tepat
Mampu membuat perkalian sebagian besar dengan jawaban yang tepat
Mampu membuat perkalian sebagian kecil dengan jawaban yang tepat
Belum mampu membuat perkalian dengan jawaban yang tepat
2.
Urutan perkalian
Mampu membuat semua perkalian dengan urut
Mampu membuat sebagian besar perkalian dengan urut
Mampu membuat sebagian kecil perkalian dengan urut
Belum mampu membuat perkalian dengan urut


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar