Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 2 (Bermain di Rumah Teman) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2                   :     Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran Ke          :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.3    Mengetahui konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.3.1   Mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan yang dilakukan.
4.3.1   Melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan.

Bahasa Indonesia
3.2.1   Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

PPKn
3.4.1   Menyebutkan bentuk–bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.1   Bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan urutan permainan benteng-bentengan dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan dengan cermat.
¡  Dengan menulis cerita, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar Tiur beserta teman-temannya, siswa dapat mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan yang dilakukan dengan percaya diri.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan dengan percaya diri.
¡  Dengan mempelajari peraturan permainan benteng-bentengan, siswa dapat melakukan permainan benteng-bentengan dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) secara bertanggung jawab.
¡  Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan benteng-bentengan dengan cermat.
¡  Dengan mengisi tabel tentang permainan kegemaran saudara dan teman, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menyebutkan urutan aktivitas bermain
¡  Membacakan cerita narasi
¡  Mengidentifikasi gerak manipulatif
¡  Melakukan berbagai gerak manipulatif
¡  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
¡  Bekerjasama dalam melaksanakan berbagai kegiatan

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar Tiur beserta teman-temannya melakukan berbagai gerakan (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai gerak manipulatif berdasarkan gerakan dalam permainan yang dilakukan Tiur beserta teman-temannya (mengumpulkan informasi).
§  Siswa melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan gerakan dalam permainan yang dilakukan oleh Tiur beserta teman-temannya (mengomunikasikan).
§  Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mengamati kembali gambar permainan benteng-bentengan pada pembelajaran 4 (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang permainan benteng-bentengan dengan percaya diri (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang urutan permainan benteng-bentengan dengan cermat (mengasosiasi).
§  Siswa menyebutkan urutan permainan benteng-bentengan (mengasosiasi)
§  Siswa ditugaskan guru menuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan (mengomunikasikan).
§  Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§  Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulisnya di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
§  Guru memberi arahan kepada siswa untuk dapat bermain benteng-bentengan dengan bertanggung jawab
§  Siswa mendengarkan guru menyampaikan cara bermain permainan benteng-bentengan (mengamati).
§  Siswa melakukan permainan benteng-bentengan sesuai peraturan permainan (mengasosiasi).
§  Siswa melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan benteng-bentengan (mengasosiasi).
§  Siswa menyampaikan jawaban dari cerita rumpang yang telah dilengkapi (mengomunikasikan).
§  Siswa bertanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (mengasosiasi).
§  Siswa mengisi tabel tentang permainan kegemaran saudara dan teman (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar berbagai gerakan manipulatif.
¡  Lembaran menulis siswa

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Melengkapi cerita rumpang berdasarkan permainan benteng-bentengan (skor 100).
Jumlah soal 4 buah
Kunci jawaban:
Menyenangkan dan menyehatkan tubuh, karena melakukan aktivitas atau beberapa
gerakan dan permainannya menarik, dua regu, saling bekerjasama.

b.   Mengisi tabel tentang permainan kegemaran saudara dan teman (skor 100)
Jumlah soal: 1 buah tabel
Kunci jawaban: disesuaikan dengan jawaban siswa

c.   Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel
Jumlah soal: 1 buah
Kunci jawaban: saling bekerjasama

3.   Penilaian keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a.   Rubrik Penilaian Menulis Kembali Cara Bermain Benteng Bentengan

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Keruntutan dan kejelasan menulis cara bermain benteng-bentengan.
Cara bermaian benteng-bentengan ditulis runtut dan jelas dari awal sampai akhir
Cara bermain benteng-bentengan ditulis sebahagian atau lebih dengan runtut dan jelas dari awal sampai akhir
Kurang dari setengah cara bermain benteng-bentengan ditulis runtut dan jelas dari awal sampai akhir
Cara bermain benteng-bentengan ditulis tidak runtut dan tidak jelas dari awal sampai akhir
2.
Kerapian dan kebersihan tulisan siswa
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan sangat rapi dan sangat bersih
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan rapi dan bersih
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan rapi tetapi tidak bersih
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan tidak rapi dan tidak bersih

Penilaian: Pengamatan/observasi
b.   Lembar Pengamatan Melakukan Berbagai Gerak Manipulatif

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Keterampilan koordinasi berbagai gerakan manipulatif
....
....
2
Keaktifan saat melakukan gerakan manipulatif
....
....
3
ketepatan melakukan gerakan manipulatif
....
....
4
Melakukan semua gerakan sesuai intruksi
....
....

Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Manipulatif

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







c.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Cerita Narasi yang Ditulis

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)


1.
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa belum mampu membaca teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
2.
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya terdengar bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.
Pemahaman isi teks
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan yang diajukan
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu manjawab semua pertanyaan yang diajukan

d.   Lembar Pengamatan Sikap Bekerjasama

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Saling membantu dalam kelompok
....
....
2
Kekompakan dalam melakukan permaianan
....
....
3
Saling bertukar ide atau pendapat
....
....
4
Mengikuti permaianan sesuai peraturan permaianan
....
....

Hasil Pengamatan Sikap Bekerjasama

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….


Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar