RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PJOK
3.4 Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk,
membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.4 Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh
(duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran
jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan
sederhanadan atau tradisional.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan strategi
pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.6 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di
lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
PJOK
3.4.1 Mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam
berbagai posisi.
3.4.3
Mengidentifikasi sikap berdiri yang
benar.
3.4.4
Mengidentifikasi sikap berjalan yang
benar.
4.4.1
Melakukan beberapa sikap duduk yang
benar dalam berbagai posisi.
4.4.3
Berdiri dengan sikap tubuh yang benar.
4.4.4
Berjalan dengan sikap tubuh yang benar.
PPKn
3.4.2
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.11 Memberikan bantuan kepada teman sekolah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter).
Matematika
3.2.10 Menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka
dan satu angka lebih dari 5) dari susunan benda konkret.
4.2.4 Menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka
dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membacakan cerita
narasi tentang rencana berwisata ke pantai yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks tentang
persiapan pergi ke pantai dengan cermat.
¡ Dengan teks tentang persiapan pergi ke pantai, siswa dapat
menceritakan berbagai aktivitas bermain di pantai dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat melengkapi kalimat
sesuai isi cerita tentang persiapan ke pantai dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman
kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat mengurutkan
gambar “berwisata ke pantai” dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar “berwisata ke pantai”, siswa
dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam
keragaman jenis kelamin dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat
mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat
mengidentifikasi sikap berdiri yang benar dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat
mengidentifikasi sikap berjalan yang benar dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar,
siswa dapat melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi
dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar,
siswa dapat berdiri dengan sikap tubuh yang benar dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar,
siswa dapat berjalan dengan sikap tubuh yang benar dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan
pengalaman saat memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis
kelamin, kegemaran, agama,suku, dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar siput laut di pantai dan contoh
soal , siswa dapat menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka dan satu angka
lebih dari 5) dari susunan benda konkret dengan cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal
tentang membuat kalimat pembagian dengan cermat
¡ Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat
menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5)
dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menaksir hasil
pembagian ke puluhan terdekat dengan cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
¡ Melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai
posisi
¡ Memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis
kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter).
¡ Menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu
angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mendengarkan cerita teman tentang rencana wisata ke
pantai
§
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan
kegiatan dengan cermat dan percaya diri.
§
Siswa menulis cerita narasi tentang rencana berwisata ke
pantai (mengamati).
§
Siswa membacakan cerita narasi tentang rencana berwisata
ke pantai yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
(mengomunikasikan).
§
Siswa menanya tentang cerita yang telah dibacakan teman
(menanya).
§
Siswa mengamati gambar tentang persiapan pergi ke pantai
(mengamati).
§
Siswa menanya tentang teks persiapan pergi ke pantai
(menanya).
§
Siswa membaca teks tentang persiapan pergi ke pantai
dengan bimbingan guru (mengamati).
§
Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di pantai
berdasarkan teks tentang persiapan pergi ke pantai (mengomunikasikan).
§
Siswa melengkapi kalimat sesuai isi cerita tentang
persiapan ke pantai (mengasosiasi)
§
Siswa bertanya jawab menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama yang telah dilakukan teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi
(menalar).
§
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan dengan
cermat dan melakukannya dengan bertanggung jawab
§
Siswa mengamati gambar acak “berwisata ke pantai”
(mengamati).
§
Siswa menanyakan tentang gambar acak “berwisata ke
pantai”( menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan teman
(mengasosiasi).
§
Siswa mengurutkan gambar “berwisata ke pantai”
(mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman-teman satu kelas dalam keragaman jenis kelamin (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati dan memperhatikan
gambar dengan cermat.
§
Siswa mengamati beberapa gambar posisi tubuh (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar yang diamati (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan teman
(mengasosiasi).
§
Siswa mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam
berbagai posisi (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi sikap berdiri yang benar
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi sikap berjalan yang benar
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar
(mengamati).
§
Siswa melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam
berbagai posisi berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
§
Siswa berdiri dengan sikap tubuh yang benar berdasarkan
gambar (mengumpulkan informasi).
§
Siswa berjalan dengan sikap tubuh yang benar berdasarkan
gambar (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menceritakan pengalaman saat memberikan bantuan
kepada teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama,suku, dan
sifat (karakter) dengan bimbingan guru (mengomonikasikan).
§
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membilang dan
mengerjakan soal membuat kalimat pembagian dengan cermat (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar siput laut di pantai dan contoh
soal menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka dan satu angka lebih dari
5) dari susunan benda konkret (mengamati).
§
Siswa mengerjakan soal membuat kalimat pembagian (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa mengamati gambar dan contoh soal menaksirkan hasil
bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan
ke puluhan terdekat (mengamati).
§
Siswa menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan
satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat (mengumpulkan
informasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks Ke Pantai
¡ Gambar acak kegiatan berwisata ke Pantai
¡ Gambar gerakan tubuh
¡ Gambar sikap tubuh yang benar
¡ Gambar benda-benda yang ada di pantai
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian tentang melengkapi kalimat sesuai
isi cerita tentang persiapan ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1) Bermain pasir,
berjemur dan berenang
2) Benda-benda di
pantai
3) Agar tidak repot
4) a. Baju ganti
b.botol minum
c. topi
d. makanan
e. minuman
f. buku dan alat tulis
b. Mengurutkan gambar berdasarkan teks cerita tentang
persiapan berwisata pergi ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 1 buah
Kunci Jawaban: gambar 156 (no 1), 153 (no 2), 154 (no 3), 155
(no 4)
c. Menyelesaikan soal membuat kalimat pembagian
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 3 buah
Kunci Jawaban:
1) 40 : 4 = 10
2) 36 : 6 = 6
3) 28 : 7 = 4
d. Menebak hasil pembagian hingga ke puluhan
terdekat
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1) b. 20
2) a. 10
3) b. 30
3. Penilaian
keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Cerita
Narasi yang Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi
yang jelas
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa belum mampu membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
2.
|
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
|
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh
kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
|
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas
tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
|
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya
terdengar bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Pemahaman isi teks
|
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan
yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu manjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
Penilaian : Pengamatan/observasi
b. Rubrik Melakukan Gerakan Sikap Tubuh yang
Benar
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Sikap duduk yang tegak
|
....
|
....
|
2
|
Sikap duduk bersandar dengan meja di sepan kursi
|
....
|
....
|
3
|
Sikap duduk sambil membaca dengan benar
|
....
|
....
|
4
|
Sikap mengambil
benda yang benar
|
|
|
Hasil
Pengamatan Melakukan Gerakan Sikap Tubuh yang Benar
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
c. Rubrik Penilaian Menceritakan Berbagai
Aktivitas Bermain Di Pantai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan
dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
Penilaian:
Pengamatan/observasi
d. Rubrik Pengalaman Sikap Memberikan Bantuan
Kepada Teman
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Bersedia memberikan bantuan
|
....
|
....
|
2
|
Memberikan bantuan dengan ikhlas
|
....
|
....
|
3
|
Memberikan bantuan tanpa paksaan
|
....
|
....
|
4
|
Tidak memilih milih teman saat memberikan bantuan
|
....
|
....
|
Hasil
Pengamatan Sikap Memberikan Bantuan Kepada Teman
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
e. Rubrik Penilaian Menaksirkan Hasil Bagi Dua Bilangan
Dua Angka Dan Satu Angka (Lebih Dari 5) Dengan Pembulatan Ke Puluhan Terdekat
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan siswa menaksir hasil bagi dua bilangan dua
angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksir hasil
bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan
ke puluhan terdekat tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksir hasil
bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan
ke puluhan terdekatdengan bimbingan guru
|
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal
menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5)
dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan bimbingan guru
|
Siswa belum mampu menyelesaikan soal menaksir hasil
bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan
ke puluhan terdekat
|
2.
|
Ketepatan jawaban siswa menaksir hasil bagi dua
bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan
terdekat
|
Siswa mampu menjawab 3 soal menaksir hasil bagi dua
bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan
terdekat dengan tepat.
|
Siswa mampu menjawab 2 soal menaksir benda hingga ke
bilangan satuan terdekat dengan tepat.
|
Siswa mampu menjawab 1 soal menaksir hasil bagi dua
bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan
terdekat dengan tepat.
|
Siswa belum mampu menjawab soal menaksir hasil bagi
dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke
puluhan terdekat dengan tepat.
|
3.
|
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksir hasil bagi
dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan
terdekat
|
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang
telah ditetapkan
|
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah
ditetapkan
|
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir
hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan
pembulatan ke puluhan terdekat
|
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat
waktu.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar