Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 4 (Bermain di Tempat Wisata) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4                   :     Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke          :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.4    Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4    Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhanadan atau tradisional.

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.2    Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.6   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2.3   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

PJOK
3.4.1   Mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi.
3.4.3   Mengidentifikasi sikap berdiri yang benar.
3.4.4   Mengidentifikasi sikap berjalan yang benar.
4.4.1   Melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi.
4.4.3   Berdiri dengan sikap tubuh yang benar.
4.4.4   Berjalan dengan sikap tubuh yang benar.

PPKn
3.4.2   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.11 Memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter).

Matematika
3.2.10 Menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka dan satu angka lebih dari 5) dari susunan benda konkret.
4.2.4   Menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membacakan cerita narasi tentang rencana berwisata ke pantai yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks tentang persiapan pergi ke pantai dengan cermat.
¡  Dengan teks tentang persiapan pergi ke pantai, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di pantai dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat melengkapi kalimat sesuai isi cerita tentang persiapan ke pantai dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat mengurutkan gambar “berwisata ke pantai” dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar “berwisata ke pantai”, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman jenis kelamin dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat mengidentifikasi sikap berdiri yang benar dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar posisi tubuh, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan yang benar dengan cermat.
¡  Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar, siswa dapat melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar, siswa dapat berdiri dengan sikap tubuh yang benar dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar, siswa dapat berjalan dengan sikap tubuh yang benar dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman saat memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama,suku, dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar siput laut di pantai dan contoh soal , siswa dapat menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka dan satu angka lebih dari 5) dari susunan benda konkret dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat mengerjakan soal tentang membuat kalimat pembagian dengan cermat
¡  Dengan mengamati gambar dan contoh soal, siswa dapat menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menaksir hasil pembagian ke puluhan terdekat dengan cermat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
¡  Melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi
¡  Memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter).
¡  Menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mendengarkan cerita teman tentang rencana wisata ke pantai
§  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat dan percaya diri.
§  Siswa menulis cerita narasi tentang rencana berwisata ke pantai (mengamati).
§  Siswa membacakan cerita narasi tentang rencana berwisata ke pantai yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
§  Siswa menanya tentang cerita yang telah dibacakan teman (menanya).
§  Siswa mengamati gambar tentang persiapan pergi ke pantai (mengamati).
§  Siswa menanya tentang teks persiapan pergi ke pantai (menanya).
§  Siswa membaca teks tentang persiapan pergi ke pantai dengan bimbingan guru (mengamati).
§  Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di pantai berdasarkan teks tentang persiapan pergi ke pantai (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi kalimat sesuai isi cerita tentang persiapan ke pantai (mengasosiasi)
§  Siswa bertanya jawab menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama yang telah dilakukan teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi (menalar).
§  Guru mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat dan melakukannya dengan bertanggung jawab
§  Siswa mengamati gambar acak “berwisata ke pantai” (mengamati).
§  Siswa menanyakan tentang gambar acak “berwisata ke pantai”( menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan teman (mengasosiasi).
§  Siswa mengurutkan gambar “berwisata ke pantai” (mengasosiasi).
§  Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman jenis kelamin (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati dan memperhatikan gambar dengan cermat.
§  Siswa mengamati beberapa gambar posisi tubuh (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar yang diamati (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan teman (mengasosiasi).
§  Siswa mengidentifikasi sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengidentifikasi sikap berdiri yang benar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengidentifikasi sikap berjalan yang benar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa memperhatikan gambar sikap tubuh yang benar (mengamati).
§  Siswa melakukan beberapa sikap duduk yang benar dalam berbagai posisi berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
§  Siswa berdiri dengan sikap tubuh yang benar berdasarkan gambar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berjalan dengan sikap tubuh yang benar berdasarkan gambar (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menceritakan pengalaman saat memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama,suku, dan sifat (karakter) dengan bimbingan guru (mengomonikasikan).
§  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membilang dan mengerjakan soal membuat kalimat pembagian dengan cermat (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar siput laut di pantai dan contoh soal menyatakan pembagian (dua bilangan dua angka dan satu angka lebih dari 5) dari susunan benda konkret (mengamati).
§  Siswa mengerjakan soal membuat kalimat pembagian (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar dan contoh soal menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat (mengamati).
§  Siswa menaksirkan hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat (mengumpulkan informasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks Ke Pantai
¡  Gambar acak kegiatan berwisata ke Pantai
¡  Gambar gerakan tubuh
¡  Gambar sikap tubuh yang benar
¡  Gambar benda-benda yang ada di pantai


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian tentang melengkapi kalimat sesuai isi cerita tentang persiapan ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1)   Bermain pasir, berjemur dan berenang
2)   Benda-benda di pantai
3)   Agar tidak repot
4)   a. Baju ganti
b.botol minum
c. topi
d. makanan
e. minuman
f. buku dan alat tulis

b.   Mengurutkan gambar berdasarkan teks cerita tentang persiapan berwisata pergi ke pantai
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 1 buah
Kunci Jawaban: gambar 156 (no 1), 153 (no 2), 154 (no 3), 155 (no 4)

c.   Menyelesaikan soal membuat kalimat pembagian
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 3 buah
Kunci Jawaban:
1)   40 : 4 = 10
2)   36 : 6 = 6
3)   28 : 7 = 4


d.   Menebak hasil pembagian hingga ke puluhan terdekat
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1)   b. 20
2)   a. 10
3)   b. 30

3.   Penilaian keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Cerita Narasi yang Ditulis

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
Siswa belum mampu membaca teks dengan lafal dan intonasi yang jelas
2.
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya terdengar bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.
Pemahaman isi teks
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan yang diajukan
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu manjawab semua pertanyaan yang diajukan





Penilaian : Pengamatan/observasi
b.   Rubrik Melakukan Gerakan Sikap Tubuh yang Benar

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Sikap duduk yang tegak
....
....
2
Sikap duduk bersandar dengan meja di sepan kursi
....
....
3
Sikap duduk sambil membaca dengan benar
....
....
4
Sikap  mengambil benda yang benar



Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Sikap Tubuh yang Benar

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







Penilaian: Unjuk Kerja
c.   Rubrik Penilaian Menceritakan Berbagai Aktivitas Bermain Di Pantai

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita
Siswa bercerita dengan lancar
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

Penilaian: Pengamatan/observasi
d.   Rubrik Pengalaman Sikap Memberikan Bantuan Kepada Teman

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Bersedia memberikan bantuan
....
....
2
Memberikan bantuan dengan ikhlas
....
....
3
Memberikan bantuan tanpa paksaan
....
....
4
Tidak memilih milih teman saat memberikan bantuan
....
....

Hasil Pengamatan Sikap Memberikan Bantuan Kepada Teman

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







e.   Rubrik Penilaian Menaksirkan Hasil Bagi Dua Bilangan Dua Angka Dan Satu Angka (Lebih Dari 5) Dengan Pembulatan Ke Puluhan Terdekat

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan siswa menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat tanpa bimbingan guru
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekatdengan bimbingan guru
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan bimbingan guru
Siswa belum mampu menyelesaikan soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
2.
Ketepatan jawaban siswa menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
Siswa mampu menjawab 3 soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan tepat.
Siswa mampu menjawab 2 soal menaksir benda hingga ke bilangan satuan terdekat dengan tepat.
Siswa mampu menjawab 1 soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan tepat.
Siswa belum mampu menjawab soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan tepat.
3.
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang telah ditetapkan
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah ditetapkan
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir hasil bagi dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat waktu.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar