Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 3 (Hidup Rukun di Sekolah) Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 3                   :     Hidup Rukun di Sekolah
PembelajaranKe           :     4
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7    Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.8   Mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa
4.3.2   Menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah

Bahasa Indonesia
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.5.4   Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

SBdP
3.2.2   Menunjukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik
4.7.3   Menyanyikan lagu wajib

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan secara lisan isi lagu wajib menggunakan bahasa daerah dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat pertanyaan dan jawaban tentang perbedaan teman-teman berdasarkan suku bangsa yang ada di kelas dengan percaya diri.
¡  Dengan pertanyaan dan jawaban yang dibuat siswa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghubungkan wajah anak dengan lagu pilihannya dengan teliti.
¡  Dengan melakukan pemungutan suara, siswa dapat menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas dengan teliti.
¡  Dengan melakukan pemungutan suara, siswa dapat menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah dengan santun.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang dipilih bersama di kelas dengan percaya diri.
¡  Dengan menyanyikan lagu pilihan bersama, siswa menyatakan bagaimana perasaannya ketika menyanyikan lagu yang bukan pilihannya dengan bahasa yang santun.
¡  Dengan menyatakan bagaiman perasaan meyanyikan lagu bukan pilihannya, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan menyanyikan lagu yang dipilih bersama, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Menyanyikan lagu wajib.
¡  Menceritakan secara lisan isi lagu wajib menggunakan bahasa daerah.
¡  Mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa.
¡  Menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas.
¡  Menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah.
¡  Menyanyikan lagu yang dipilih bersama di kelas.
¡  Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa bersama-sama dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati teks lagu wajib (mengamati).
§  Siswa menyanyikan lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa bersama-sama (mencoba).
§  Siswa menceritakan secara lisan isi lagu wajib menggunakan bahasa daerah (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk menanya tentang lagu wajib yang dinyanyikan dengan bahasa yang santun.
§  Siswa menanya tentang lagu wajib yang dinyanyikan (menanya).
§  Siswa ditugaskan guru membuat pertanyaan dan jawaban tentang perbedaan teman-teman berdasarkan suku bangsa yang ada di kelas (mencoba).
§  Siswa mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa (menalar)
§  Siswa menghubungkan wajah anak dengan lagu pilihannya dengan bimbingan guru (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan pemungutan suara dalam menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas dengan teliti.
§  Siswa melakukan pemungutan suara dalam menentukan lagu untuk dinyanyikan bersama di kelas (mencoba).
§  Siswa menerapkan sikap menerima keberagaman individu di sekolah ketika melakukan pemungutan suara (mencoba).
§  Siswa menyanyikan lagu yang telah dipilih bersama di kelas (mencoba).
§  Siswa menyatakan bagaimana perasaannya ketika menyanyikan lagu yang bukan pilihannya
§  Siswa yang lagunya terpilih mengucapkan permintaan maaf kepada siswa yang kalah suara untuk mewujudkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.(mencoba)
§  Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik (menalar)
§  Siswa menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman (menalar).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks lagu Satu Nusa Satu Bangsa
¡  Gambar wajah anak dan gambar jalan berkelok-kelok yang menunjukkan lagu yang dipilih.
¡  Gambar tabel pemilihan lagu.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)

a.   Menghubungkan wajah anak dengan lagu pilihannya
Tes tertulis : skor
Banyak soal : 6 buah
Kunci jawaban: disesuaikan dengan jawaban siswa.

b.   Mengisi tabel pemilihan lagu
Kunci jawaban: disesuaikan dengan jawaban siswa.

c.   Menjawab pertanyaan berdasarkan lagu yang dipilih bersama.
Tes tertulis : skor
Banyak soal : 2 buah
Kunci jawaban: kurang senang, permintaan maaf.

3.   Penilaian Keterampilan
a.   Menyanyi dengan Pola Irama Bervariasi pada Alat Musik Ritmik
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyanyi dengan Pola Irama Bervariasi pada Alat Musik Ritmik
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan melakukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik saat bernyanyi.

Sangat mampu melakukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik saat bernyanyi.
Mampu melakukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik saat bernyanyi dengan bimbingan guru.
Mengalami kesulitan dalam melakukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik saat bernyanyi.
Tidak mampu sama sekali melakukan pola irama bervariasi pada alat musik ritmik saat bernyanyi

b.   Menceritakan Isi Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Menceritakan Isi Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume suara.
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas

Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

c.   Penilaian: Observasi (pengamatan)
Membuat Pertanyaan dari Gambar yang diamati

Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda baca pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Pengamatan Membuat Pertanyaan dari Gambar yang Diamati
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







d.   Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.

Tanpa intonasi.

4.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.

Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

e.   Rubrik Menerapkan Sikap Menerima Keberagaman
Penilaian : Lembar pengamatan/obseravi
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Sikap mau berteman dengan siapa saja (tidak memilih-milih teman)


2.
Sikap menghargai teman.


3.
Sikap toleransi terhadap teman


4.
Sikap menerima dengan senang hati keputusan bersama



Hasil Pengamatan berprilaku menerima keberagaman teman
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………









Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar