RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku
Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Membaca teks percakapan
4.2.7
Mendemonstrasikan teks percakapan
PPKn
3.1.5
Mengidentifikasi perilaku tidak mencerminkan
nilai Pancasila
3.1.8
Memberikan alasan menghindari perilaku
yang bertentangan dengan nilai Pancasila
4.1.3
Menulis cerita tentang perilaku yang
bertentangan dengan nilai Pancasila
Matematika
3.5.5
Membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam
dengan menggunakan satuan waktu
3.5.9
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan waktu
4.5.3
Menggambar jam analog dari soal cerita
yang dikerjakan
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.11.4 Menirukan berbagai gerakan simbolik
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar tentang anak memakan jambu yang ada
ulat dan semut, siswa dapat mendeskripsikan gambar dengan cermat dan percaya
diri.
¡ Dengan teks percakapan “Si Ulat dan Si Semut”, siswa dapat
membaca teks percakapan dengan cermat dan disiplin.
¡ Setelah membaca teks percakapan, siswa dapat
mendemonstrasikan teks percakapan dengan disiplin dan percaya diri.
¡ Dengan isi teks percakapan, siswa dapat menjawab pertanyaan
dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar tentang gerakan ulat dan semut,
siswa dapat mengidentifikasi gerak simbolik dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengidentifikasi gerak simbolik, siswa dapat
menirukan berbagai gerakan simbolik dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi
perilaku yang bertentangan dengan nilai
Pancasila secara cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengidentifikasi perilaku yang bertentangan dengan
nilai Pancasila, siswa dapat memberikan alasan menghindari perilaku yang
bertentangan dengan nilai Pancasila dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan, siswa dapat membaca waktu yang
ditunjukkan oleh jam menggunakan satuan waktu dengan cermat.
¡ Dengan beberapa contoh soal, siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berhubungan dengan waktu secara cermat dan penuh kedisiplinan.
¡ Dengan soal cerita yang dikerjakan, siswa dapat menggambar
jam analog dari soal cerita yang
dikerjakan dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menulis tentang perilaku yang
bertentangan dengan nilai Pancasila secara cermat dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membaca teks percakapan
¡ Bermain peran
¡ Perilaku mencerminkan nilai Pancasila
¡ Menghitung lama kegiatan
¡ Menirukan gerakan binatang
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar cerita Si
Ulat dan Si Semut dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar pada cerita Si Ulat dan Si Semut (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§
Siswa membaca teks percakapan Si Ulat dan Si Semut (mengamati)
§
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan isi teks percakapan
(menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada temannya
(menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan
informasi).
§
Guru menuntun siswa untuk duduk berdasarkan pembagian kelompok
dengan disiplin.
§
Siswa dikelompokkan masing-masing 3 orang (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar tentang ulat dan semut (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi gerakan simbolik dari teks percakapan
(mengumpulkan informasi).
§
Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan simbolik
dari teks percakapan dengan percaya diri dengan gerakan: Gerakan kepala,
gerakan tangan, gerakan badan, dan gerakan kaki.
§
Siswa bermain peran teks percakapan di depan kelas depan
sambil memperagakan gerakan simbolik yaitu memperagakan gerakan kepala,
tangan, badan, dan kaki yang dilakukan semut dan ulat (mengasosiasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang berdasarkan isi teks bacaan
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan perilaku yang
bertentangan dengan Pancasila (mengasosiasi).
§
Siswa mengidentifikasi perilaku yang bertentangan dengan nilai
Pancasila (mengumpulkan informasi).
§
Siswa memberikan alasan perilaku yang bertentangan dengan
nilai Pancasila perlu dihindari (mengasosiasi).
§
Siswa memberikan kesimpulan sikap yang diharuskan dalam
berteman (mengasosiasi).
§
Siswa membaca teks cerita tentang penggunaan waktu (mengamati).
§
Siswa menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan waktu
(mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menggambar jam analog dengan
percaya diri.
§
Siswa menggambar jam analog dari soal cerita yang dikerjakan
(mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban dari soal cerita yang berikan
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis cerita tentang bermain peran dengan menuliskan
waktu mulai sampai dengan berakhirnya
ermainan (mengasosiasi).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar anak makan jambu yang ada ulat dan semut
¡ Teks Percakapan Si Ulat dan Si Semut
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar