Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     6
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemu-kan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6   Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

Matematika
3.1.8   Membilang loncat.
4.1.2   Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

PPKn
3.4.9   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman sifat.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter.

SBdP
3.2.2   Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca dongeng “Marasenani dan Matahari”, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman sifat dengan percaya diri.
¡  Dengan menanya tentang dongeng “Marasenani dan Matahari”, siswa dapat menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan mengisi kolom pesan dari dongeng “Marasenani dan Matahari”, siswa dapat menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter) dengan percaya diri.
¡  Dengan menyanyi “Amelia”, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan teliti.
¡  Dengan menyanyi “Amelia”, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati berbagai bilangan, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
¡  Dengan mengamamati berbaga bilangan, siswa dapat menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
¡  Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡  Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
¡  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
¡  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡  Membilang loncat.
¡  Menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar yang ada pada teks dongeng berjudul “Marasenani dan Matahari” dengan teliti. (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar yang ada pada teks dongeng berjudul “Masarasenani dan Matahari” (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar yang terdapat pada dongeng berjudul “Marasenani dan Matahari” (menanya).
§  Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya (menalar).
§  Guru membimbing siswa untuk mendengarkan dongeng berjudul “Marasenani dan Matahari” dengan teliti.
§  Siswa mendengarkan dongeng berjudul “Marasenani dan Matahari” (mengamati)
§  Bertanya jawab tentang isi dongeng (menanya dan menalar).
§  Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan sesuai isi dongeng dengan percaya diri (menanya).
§  Siswa saling menukarkan pertanyaannya dengan siswa yang lain (menalar).
§  Siswa menyampaikan jawaban yang telah ditulis dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
§  Siswa diarahkan menulis pesan sesuai isi dongeng yang telah dibaca dengan teliti (mencoba).
§  Membacakan tulisan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Amelia” dengan percaya diri (mencoba).
§  Siswa menyanyikan lagu “Amelia” (mencoba).
§  Siswa kemudian diajak menemukan pola irama berdasarkan nyanyi (menalar).
§  Guru memberikan bimbingan dan arahan tentang pola irama lagu.
§  Guru membimbing siswa untuk menceritakan lagu “Amelia” dengan bahasa yang santun.
§  Guru memberikan arahan, boleh dengan bahasa daerah ketika bercerita.
§  Siswa menceritakan lagu “Amelia” (mengomunikasikan).
§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan dengan bahasa sendiri (menalar).
§  Menyampaikan jawaban dengan bahasa sendiri yang santun (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain memberikan tanggapan dari jawaban siswa (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati berbagai bilangan (mengamati).
§  Siswa diarahkan untuk membilang loncat sesuai dengan pola bilangan (mencoba).
§  Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengomunikasikan).
§  Masing-masing siswa saling memeriksa jawaban (menalar).
§  Siswa membuat barisan bilangan dengan pola bilangan yang ditentukan oleh siswa (mencoba).
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami dengan percaya diri.
§  Guru memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
§  Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks dongeng “Marasenani dan Matahari”.
¡  Teks lagu “Amelia”.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan

Penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



Hasil penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal




2.
Aisy




3.
Zidan




4.
………





Penilaian Membilang Loncat
Jumlah soal: 3
Kunci jawaban:
1. 11, 18, 25, 32, 39, dan 46 (skor 10)
2. 11, 33, 45, 57, 69, dan 81 (skor 10)
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 10)
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 10)


3.   Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Menyanyikan Lagu Anak-anak
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penguasaan Lagu.
Hafal seluruh syair lagu, irama tepat
Hafal seluruh syair lagu, irama, irama kurang tepat dan sebaliknya
Hafal sebagian kecil syair lagu
Belum mampu menghafal syair lagu
2.
Kepercayaan Diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri

Rubrik Penilaian Menceritakan Isi Lagu
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume suara.
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas

Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,


Ch. Jerni Purwati, S.Pd
NIP .......................................................


Guru Kelas 2


Iqbal Yulianto, S.Pd
NIP ....................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar