RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemu-kan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan di sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
4.5.6 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
Matematika
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.2
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
PPKn
3.4.9
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman sifat.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter.
SBdP
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama
tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca dongeng “Marasenani dan Matahari”, siswa
dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keragaman sifat dengan percaya diri.
¡ Dengan menanya tentang dongeng “Marasenani dan Matahari”,
siswa dapat menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam
menyikapi kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡ Dengan mengisi kolom pesan dari dongeng “Marasenani dan
Matahari”, siswa dapat menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan
teman dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat berperilaku rukun dengan
setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat
(karakter) dengan percaya diri.
¡ Dengan menyanyi “Amelia”, siswa dapat menunjukkan pola
irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan teliti.
¡ Dengan menyanyi “Amelia”, siswa dapat memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati berbagai bilangan, siswa dapat
membilang loncat dengan teliti.
¡ Dengan mengamamati berbaga bilangan, siswa dapat
menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan
bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar
rumah.
¡ Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡ Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡ Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
¡ Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat
musik ritmis.
¡ Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡ Membilang loncat.
¡ Menentukan dan menggambar pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar yang ada
pada teks dongeng berjudul “Marasenani dan Matahari” dengan teliti.
(mengamati).
§
Siswa mengamati gambar yang ada pada teks dongeng
berjudul “Masarasenani dan Matahari” (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar yang terdapat pada dongeng
berjudul “Marasenani dan Matahari” (menanya).
§
Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan
temannya (menalar).
§
Guru membimbing siswa untuk mendengarkan dongeng berjudul
“Marasenani dan Matahari” dengan teliti.
§
Siswa mendengarkan dongeng berjudul “Marasenani dan
Matahari” (mengamati)
§
Bertanya jawab tentang isi dongeng (menanya dan menalar).
§
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan sesuai isi dongeng
dengan percaya diri (menanya).
§
Siswa saling menukarkan pertanyaannya dengan siswa yang
lain (menalar).
§
Siswa menyampaikan jawaban yang telah ditulis dengan
bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
siswa dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan menulis pesan sesuai isi dongeng yang
telah dibaca dengan teliti (mencoba).
§
Membacakan tulisan yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Amelia”
dengan percaya diri (mencoba).
§
Siswa menyanyikan lagu “Amelia” (mencoba).
§
Siswa kemudian diajak menemukan pola irama berdasarkan
nyanyi (menalar).
§
Guru memberikan bimbingan dan arahan tentang pola irama
lagu.
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan lagu “Amelia”
dengan bahasa yang santun.
§
Guru memberikan arahan, boleh dengan bahasa daerah ketika
bercerita.
§
Siswa menceritakan lagu “Amelia” (mengomunikasikan).
§
Siswa kemudian menjawab pertanyaan dengan bahasa sendiri
(menalar).
§
Menyampaikan jawaban dengan bahasa sendiri yang santun
(mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain memberikan tanggapan dari jawaban siswa
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati berbagai bilangan (mengamati).
§
Siswa diarahkan untuk membilang loncat sesuai dengan pola
bilangan (mencoba).
§
Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengomunikasikan).
§
Masing-masing siswa saling memeriksa jawaban (menalar).
§
Siswa membuat barisan bilangan dengan pola bilangan yang
ditentukan oleh siswa (mencoba).
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami dengan
percaya diri.
§
Guru memberikan penghargaan dan penguatan terhadap
prestasi belajar siswa.
§
Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks
dongeng “Marasenani dan Matahari”.
¡ Teks
lagu “Amelia”.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman
|
|
|
Hasil penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
Penilaian Membilang Loncat
Jumlah soal: 3
Kunci jawaban:
1. 11, 18, 25, 32, 39, dan 46 (skor 10)
2. 11, 33, 45, 57, 69, dan 81 (skor 10)
3. Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 10)
4. Disesuaikan dengan jawaban siswa (skor 10)
3. Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menyanyikan
Lagu Anak-anak
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Hafal seluruh syair lagu, irama tepat
|
Hafal seluruh syair lagu, irama, irama kurang tepat dan sebaliknya
|
Hafal sebagian kecil syair lagu
|
Belum mampu menghafal syair lagu
|
2.
|
Kepercayaan Diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum menunjukkan kepercayaan
diri
|
Rubrik Penilaian Menceritakan Isi Lagu
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume suara.
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Ch.
Jerni Purwati, S.Pd
NIP .......................................................
|
|
Guru Kelas 2
Iqbal
Yulianto, S.Pd
NIP ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar