Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah) Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3                   :     Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke          :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3.   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Matematika
3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13       Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1   Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis.

PPKn
3.3.1   Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.2   Menyebutkan keberagamn teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.1   Menceritakan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat (karakter), agama, dan suku bangsa.

Matematika
3.2.1   Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian yang hasilnya ditentukan
4.5.1   Menjelaskan langkah-langkah menentukan faktor yang belum diketahui jika faktor lain dan hasilnya diketahui

SBdP
3.4.1   Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13.1 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Berdasarkan pengalaman di rumah, siswa dapat menceritakan jadwal kegiatan yang dilakukan di rumah dengan suara nyaring dan menarik di dengar dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain yang diceritakan temannya di depan kelas dengan cermat.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis jadwal yang diceritakan oleh temannya dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks bacaan tentang kegiatan Beni dan teman-teman di sekolah, siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai dengan memperhatikan gambar dengan cermat.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks cerita, siswa dapat menyimpulkan isi cerita narasi dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar tentang kelompok benda, siswa mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian yang hasilnya ditentukan dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah menentukan faktor yang belum diketahui jika faktor lain dan hasilnya diketahui dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati lingkungan, siswa dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel dengan percaya diri dan bertanggung jawab.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menjawab pertanyaan dengan berdiskusi berdasarkan gambar yang telah diurutkan siswa.
¡  Mengisi tabel berdasarkan ciri-ciri fisik teman
¡  Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi siswa
¡  Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar berkaitan dengan kelompok benda dengan jumlah yang sama (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§  Siswa mengamati contoh soal tentang proses perkalian (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian yang hasilnya telah ditentukan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjelaskan langkah-langkah menentukan faktor yang belum diketahui jika faktor lain dan hasilnya diketahui (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang petunjuk sederhana dalam bercerita (mengamati).
§  Siswa mendengarkan arahan guru untuk bercerita dengan percaya diri (mengamati).
§  Siswa menceritakan jadwal kegiatan di rumah dengan suara nyaring dan intonasi yang (mengkomunikasikan).
§  Siswa mencatat hal-hal pokok tentang aktivitas bermain yang diceritakan temannya di depan kelas (mengumpulkan informasi).
§  Siswa bertanya kepada temannya tentang cerita yang didengarnya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya (mengasosiasi).
§  Siswa menulis jadwal yang diceritakan oleh temannya dengan pertanyaan menuntun yang ada pada buku teks (mengasosiasi).
§  Siswa mengamati gambar tentang tugas piket (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati.
§  Siswa diarahkan guru melakukan kegiatan dengan cermat. Siswa membaca teks pada buku tentang kegiatan Beni dan teman-temannya (mengamati).
§  Siswa melengkapi kalimat rumpang berdasarkan pengamatan gambar (mengasosiasi).
§  siswa membacakan kalimat yang telah dilengkapi (mengomunikasikan)
§  siswa mendiskusikan jawaban dari kalimat rumpang (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa melakukan tanya jawab tentang keberagaman jenis kelamin teman satu kelas. (menanya).
§  Siswa melakukan tanya jawab tentang keberagaman berdasarkan kegemaran/hobi teman satu kelas (menanya).
§  Siswa menceritakan kerjasama yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran (mengomunikasikan).
§  Siswa menyimpulkan isi cerita narasi (mengasosiasi).
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk berkreasi dengan percaya diri (mengamati).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang membuat karya mozaik (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi bahan yang diperlukan dalam membuat karya mozaik (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat gambar yang akan dibuat untuk karya mozaik (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat mozaik dari gambar yang telah dibuat (mengasosiasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks kegiatan Beni dan teman-temannya di sekolah.
¡  Gambar Teks kegiatan Beni dan teman-temannya di sekolah.
¡  Gambar operasi pembagian.
¡  Kertas dasaran berupa HVS atau kertas jerami.
¡  Biji-bijian, bunga, daun kering, kerikil, dan pasir.
¡  Lem dan gunting.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2. Penilaian Pengetahuan
Melengkapi kalimat berdasarkan cerita
Kegiatan Beni dan teman-temannya.
Banyak soal : 10 buah

Kunci jawaban :
Menyapu kelas (skor 10)
Menulis jadwal pelajaran hari ini di papan tulis (skor 10)
Tanaman (skor 10)
7. 30 (skor 10)
Masuk (skor 10)
Berbaris (skor 10)
Ibu guru (skor 10)
Sepakbola (skor 10)
Beni dan teman-teman kembali ke kelas untuk melanjutkan pelajaran (skor 10)
Berjalan kaki pulang (skor 10)

a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks kegiatan Beni dan teman-temanya (skor 100)

Banyak soal : 3 buah.
Kunci jawaban :
1) Bermain sepak bola di lapangan.
2) Mengerjakan piket, bermain sepakbola.
3) Piket bersama-sama, gotong royong, dll.

b.   Menyelesaikan soal pembagian dengan bantuan gambar.
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1) 5 x 4 = 20 (skor 33)
2) 6 x 8 = 48 (skor 33)
3) 7 x 5 = 35 (skor 33)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok Aktivitas Bermain di Lingkungan Sekolah.

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan mencatat hal-hal pokok

Siswa mampu mencatat keseluruhan hal-hal pokok

Siswa mampu mencatat sebahagian besar hal-hal pokok
Siswa mampu mencatat sebahagian kecil hal-hal pokok
Siswa belum mampu mencatat hal-hal pokok

2.
Ketetapan isi dalam mencatat hal-hal pokok
Siswa sangat tepat mencatat hal-hal pokok
Siswa cukup tepat mencatat hal-hal pokok dengan tepat
Siswa kurang tepat mencatat hal-hal pokok
Siswa belum tepat mencatat hal-hal pokok

3.
Ketepatan penulisan dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa sangat tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa cukup tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa kurang tepat dalam mencatat hal-hal pokok
Penulisan siswa belum tepat dalam mencatat hal-hal pokok

b.   Rubrik Penilaian Menyimpulkan Isi Cerita Narasi yang Telah Ditulis

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi simpulan dengan isi cerita

Seluruh isi simpulan sesuai dengan isi cerita

Sebagian besar isi simpulan sesuai dengan isi cerita
Sebagian kecil isi simpulan sesuai dengan isi cerita

Seluruh isi simpulan sesuai dengan isi cerita
2.
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
Menggunakan semua EYD yang diharapkan

Menggunakan 3 EYD yang diharapkan

Menggunakan 2 EYD yang diharapkan

Menggunakan 1 EYD yang diharapkan


c.   Rubrik Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin dan Kegemaran

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar

Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume Suara

Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

d.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Karya Kreatif sebagai Penghias Benda menggunakan Bahan Alam dengan kegiatan menempel
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan menempel bahan alam pada bidang dasaran
Bahan alam yang ditempel merekat dan tersusun rapat

Bahan alam yang ditempel merekat dan renggang

Bahan alam yang ditempel kurang merekat dan renggang
Bahan alam yang ditempel tidak merekat dan jarang-jarang
2.
Kerapian dalam kegiatan menempel

Tidak terdapat bekas lem di sekitar bidang penempelan

Terdapat sebagian kecil bekas lem di sekitar bidang penempelan atau sebaliknya
Terdapat sebagian besar bekas lem di sekitar bidang penempelan

Terdapat bekas lem pada semua bidang dasaran

3.
Keindahan karya yang dihasilkan

Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan tidak enak dilihat



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar