RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain
di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat,
panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain
dengan topik tertentu.
4.2.1
Menyimpulkan isi cerita narasi yang
telah ditulis.
PPKn
3.3.1
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.2 Menyebutkan keberagamn teman-teman satu kelas
berdasarkan kegemaran.
4.3.1
Menceritakan kerjasama dalam
melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran, sifat (karakter), agama, dan suku bangsa.
Matematika
3.2.1
Mengidentifikasi gambar benda konkret
yang bersesuaian dengan perkalian yang hasilnya ditentukan
4.5.1
Menjelaskan langkah-langkah menentukan
faktor yang belum diketahui jika faktor lain dan hasilnya diketahui
SBdP
3.4.1
Menjelaskan cara mengolah bahan alam
yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13.1 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda
dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Berdasarkan pengalaman di rumah, siswa dapat
menceritakan jadwal kegiatan yang dilakukan di rumah dengan suara nyaring dan
menarik di dengar dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru siswa dapat mencatat hal-hal pokok
aktivitas bermain yang diceritakan temannya di depan kelas dengan cermat.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis jadwal yang
diceritakan oleh temannya dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks bacaan tentang kegiatan Beni dan
teman-teman di sekolah, siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai
dengan memperhatikan gambar dengan cermat.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan
kerjasama dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda
jenis kelamin dan kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks cerita, siswa dapat menyimpulkan isi
cerita narasi dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar tentang kelompok benda, siswa
mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian yang
hasilnya ditentukan dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat
menjelaskan langkah-langkah menentukan faktor yang belum diketahui jika faktor
lain dan hasilnya diketahui dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara
mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan percaya
diri.
¡ Dengan mengamati lingkungan, siswa dapat membuat karya
kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan
sekitar melalui kegiatan menempel dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menjawab pertanyaan dengan berdiskusi berdasarkan gambar
yang telah diurutkan siswa.
¡ Mengisi tabel berdasarkan ciri-ciri fisik teman
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi
siswa
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta
karun yang telah dilakukan
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar berkaitan dengan kelompok benda
dengan jumlah yang sama (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Siswa mengamati contoh soal tentang proses perkalian
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi gambar benda konkret yang
bersesuaian dengan perkalian yang hasilnya telah ditentukan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menjelaskan langkah-langkah menentukan faktor yang
belum diketahui jika faktor lain dan hasilnya diketahui (mengomunikasikan).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang petunjuk sederhana
dalam bercerita (mengamati).
§
Siswa mendengarkan arahan guru untuk bercerita dengan
percaya diri (mengamati).
§
Siswa menceritakan jadwal kegiatan di rumah dengan suara
nyaring dan intonasi yang (mengkomunikasikan).
§
Siswa mencatat hal-hal pokok tentang aktivitas bermain
yang diceritakan temannya di depan kelas (mengumpulkan informasi).
§
Siswa bertanya kepada temannya tentang cerita yang
didengarnya (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya
(mengasosiasi).
§
Siswa menulis jadwal yang diceritakan oleh temannya
dengan pertanyaan menuntun yang ada pada buku teks (mengasosiasi).
§
Siswa mengamati gambar tentang tugas piket (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati.
§
Siswa diarahkan guru melakukan kegiatan dengan cermat.
Siswa membaca teks pada buku tentang kegiatan Beni dan teman-temannya (mengamati).
§
Siswa melengkapi kalimat rumpang berdasarkan pengamatan
gambar (mengasosiasi).
§
siswa membacakan kalimat yang telah dilengkapi
(mengomunikasikan)
§
siswa mendiskusikan jawaban dari kalimat rumpang
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
(mengasosiasi).
§
Siswa melakukan tanya jawab tentang keberagaman jenis
kelamin teman satu kelas. (menanya).
§
Siswa melakukan tanya jawab tentang keberagaman
berdasarkan kegemaran/hobi teman satu kelas (menanya).
§
Siswa menceritakan kerjasama yang dilakukan dalam
melaksanakan kegiatan dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan
kegemaran (mengomunikasikan).
§
Siswa menyimpulkan isi cerita narasi (mengasosiasi).
§
Siswa diberi arahan oleh guru untuk berkreasi dengan
percaya diri (mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang membuat karya mozaik
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi bahan yang diperlukan dalam
membuat karya mozaik (mengumpulkan informasi).
§
Siswa membuat gambar yang akan dibuat untuk karya mozaik
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa membuat mozaik dari gambar yang telah dibuat
(mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks kegiatan Beni dan teman-temannya di sekolah.
¡ Gambar Teks kegiatan Beni dan teman-temannya di sekolah.
¡ Gambar operasi pembagian.
¡ Kertas dasaran berupa HVS atau kertas jerami.
¡ Biji-bijian, bunga, daun kering, kerikil, dan pasir.
¡ Lem dan gunting.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Melengkapi kalimat berdasarkan cerita
Kegiatan Beni dan teman-temannya.
Banyak soal : 10 buah
Kunci jawaban :
Menyapu kelas (skor 10)
Menulis jadwal pelajaran hari ini di papan tulis (skor 10)
Tanaman (skor 10)
7. 30 (skor 10)
Masuk (skor 10)
Berbaris (skor 10)
Ibu guru (skor 10)
Sepakbola (skor 10)
Beni dan teman-teman kembali ke kelas untuk melanjutkan
pelajaran (skor 10)
Berjalan kaki pulang (skor 10)
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks kegiatan
Beni dan teman-temanya (skor 100)
Banyak soal : 3 buah.
Kunci jawaban :
1) Bermain sepak bola di lapangan.
2) Mengerjakan piket, bermain sepakbola.
3) Piket bersama-sama, gotong royong, dll.
b. Menyelesaikan soal pembagian dengan bantuan
gambar.
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1) 5 x 4 = 20 (skor 33)
2) 6 x 8 = 48 (skor 33)
3) 7 x 5 = 35 (skor 33)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Mencatat Hal-Hal Pokok
Aktivitas Bermain di Lingkungan Sekolah.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan mencatat hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat keseluruhan
hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat
sebahagian besar hal-hal pokok
|
Siswa mampu mencatat
sebahagian kecil hal-hal pokok
|
Siswa belum mampu mencatat
hal-hal pokok
|
2.
|
Ketetapan isi dalam mencatat
hal-hal pokok
|
Siswa sangat tepat mencatat
hal-hal pokok
|
Siswa cukup tepat mencatat
hal-hal pokok dengan tepat
|
Siswa kurang tepat mencatat hal-hal
pokok
|
Siswa belum tepat mencatat
hal-hal pokok
|
3.
|
Ketepatan penulisan dalam
mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa sangat tepat
dalam mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa cukup tepat dalam
mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa kurang tepat dalam
mencatat hal-hal pokok
|
Penulisan siswa belum tepat
dalam mencatat hal-hal pokok
|
b. Rubrik Penilaian Menyimpulkan Isi Cerita
Narasi yang Telah Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi simpulan dengan isi cerita
|
Seluruh isi simpulan sesuai dengan isi cerita
|
Sebagian besar isi simpulan sesuai dengan isi cerita
|
Sebagian kecil isi simpulan sesuai dengan isi cerita
|
Seluruh isi simpulan sesuai dengan isi cerita
|
2.
|
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan
tanda kapital)
|
Menggunakan semua EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 3 EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 2 EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 1 EYD yang diharapkan
|
c. Rubrik Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun
dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin dan Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita
disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian
cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak
terdengar
|
d. Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Karya
Kreatif sebagai Penghias Benda menggunakan Bahan Alam dengan kegiatan menempel
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan menempel bahan alam
pada bidang dasaran
|
Bahan alam yang ditempel merekat
dan tersusun rapat
|
Bahan alam yang ditempel
merekat dan renggang
|
Bahan alam yang ditempel
kurang merekat dan renggang
|
Bahan alam yang ditempel tidak
merekat dan jarang-jarang
|
2.
|
Kerapian dalam kegiatan menempel
|
Tidak terdapat bekas lem di
sekitar bidang penempelan
|
Terdapat sebagian kecil bekas lem
di sekitar bidang penempelan atau sebaliknya
|
Terdapat sebagian besar bekas
lem di sekitar bidang penempelan
|
Terdapat bekas lem pada semua
bidang dasaran
|
3.
|
Keindahan karya yang dihasilkan
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan rasa kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan kurang enak dilihat
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan tidak enak dilihat
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar