RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
SBdP
3.1.2
Mengelompokkan benda-benda yang bisa
digunakan dalam menciptakan karya seni rupa.
4.1.3
Menggambar ekspresi dengan mengolah
bentuk dan tekstur.
4.3.2
Mewarnai gambar imajinatif yang telah
dibuat.
PPKn
3.4.2
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.11 Memberikan bantuan kepada teman sekolah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter).
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks cerita
tentang berwisata ke pantai secara bergantian dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis
kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan berbagai
aktivitas ke pantai berdasarkan teks cerita tentang berwisata ke pantai dengan
percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman
kegemaran/ hobi dengan percaya diri.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat menuliskan kembali
cerita tentang berwisata ke pantai menggunakan huruf kapital dengan bertanggung
jawab.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membacakan cerita
narasi tentang berwisata ke pantai yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi
yang jelas dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar acak tentang berwisata ke
pantai, siswa dapat mengurutkan gambar dengan cermat.
¡ Dengan gambar tentang berwisata ke pantai, siswa dapat
menunjukkan contoh sikap memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda
jenis kelamin, kegemaran, agama,suku dan sifat (karakter) dengan bertanggung
jawab.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar tentang berwisata ke pantai dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengelompokkan
benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa dengan
cermat.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat mewarnai gambar
imajinatif dengan menggunakan cat air dengan percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjawab pertanyaan
tentang warna gambar dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan mengamati gambar membantu teman, siswa dapat
berdiskusi menjawab pertanyaan tentang sikap memberikan bantuan kepada teman
sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku dan sifat (karakter)
dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan berbagai aktifitas bermain di tempat wisata
¡ Membaca cerita narasi berdasarkan aktifitas bermain di
tempat wisata.
¡ Menjelaskan arti arti bersatu keberagaman.
¡ Menggambar imaginatif dengan memanfaatkan beragam media
di lingkungan sekitar.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar (mengamati).
§ Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang sikap yang
harus dilakukan dalam memberikan bantuan kepada teman sekolah yang berbeda
jenis kelamin, kegemaran, agama,suku dan sifat (karakter) (mengumpulkan
informasi).
§ Guru membimbing siswa untuk membaca teks cerita tentang
berwisata ke pantai secara bergantian dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati teks cerita tentang berwisata ke pantai
(mengamati).
§ Siswa menanya tentang teks cerita berwisata ke pantai
(menanya).
§ Siswa membaca teks cerita tentang berwisata ke pantai
secara bergantian (mengomunikasikan).
§ Siswa bertanya jawab berdasarkan teks cerita tentang
berwisata ke pantai (menanya).
§ Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman-teman satu kelas mengenai keragaman jenis kelamin (mengomunikasikan).
§ Siswa menceritakan berbagai aktivitas di pantai
berdasarkan gambar (mengasosiasi).
§ Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama
teman-teman satu kelas mengenai keragaman kegemaran/ hobi (mengomunikasikan).
§ Guru membimbing siswa untuk menuliskan kembali cerita
tentang berwisata ke pantai menggunakan huruf kapital dengan cermat
(mengomunikasikan).
§ Siswa membacakan cerita narasi tentang berwisata ke
pantai yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
(mengomunikasikan).
§ Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan
kegiatan dengan cermat.
§ Siswa mengamati gambar acak tentang berwisata ke pantai
(mengamati).
§ Siswa mengurutkan gambar acak tentang berwisata ke pantai
(mengasosiasi).
§ Siswa menunjukkan contoh sikap memberikan bantuan kepada
teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama,suku dan sifat
(karakter) berdasarkan gambar (mengamati).
§ Siswa ditugaskan guru menjawab pertanyaan berdasarkan
gambar tentang berwisata ke pantai (mengumpulkan informasi).
§ Guru membimbing siswa untuk menggambar dan mewarnai
gambar imajinatif dengan menggunakan cat air dengan percaya diri
(mengomunikasikan).
§ Siswa mengelompokkan benda-benda yang ada di pantai untuk
digunakan dalam menciptakan karya seni rupa (mengumpulkan informasi).
§ Siswa menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam
media di lingkungan sekitar berdasarkan petunjuk guru (mengasosiasi).
§ Siswa menggunakan empat warna dasar. Kemudian
mencampurkan warna dasar untuk mendapatkan warna lain (mengumpulkan
informasi).
§ Siswa mencatat warna yang terlihat sebagai hasil
mencampurkan (mengomunikasikan).
§
Siswa mewarnai gambar imajinatif
dengan menggunakan cat air (mengasosiasi).
§
Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang warna gambar
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks
cerita tentang berwisata ke pantai
¡ Gambar
acak tentang berwisata ke pantai
¡ Buku
gambar, cat air dan pensil
¡ Gambar
membantu teman
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Mengurutkan gambar berwisata ke pantai
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 1 buah
Kunci Jawaban:
Gambar 187, (no 1)
Gambar 184, (no2)
Gambar 188,( no3)
Gambar 187, (no 4)
Gambar 185, (no 5)
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
berwisata ke pantai
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 4 buah
Kunci Jawaban:
1) Membagi tes manis hangat
2) Meminjamkan pensil
3) Saling berbagi atau saling membantu
4) Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa
c. Mencatat warna sebagai hasil mencampur
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 6 buah
Kunci Jawaban:
Merah + biru = ungu
Merah + kuning = orange
Biru + kuning = hijau
Merah + putih = pink (merah muda)
Biru + putih = biru muda
Kuning + putih = kuning muda
d. Menjawab pertanyaan dengan berdiskusi
berdasarkan gambar Siti, Beni, Lani dan Edo
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 2 buah
Kunci Jawaban:
Saling membantu, saling membutuhkan
Bersatu
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas Ke
Pantai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
b. Rubrik Penilaian Menulis Kembali Cerita
Narasi dengan Menggunakan Huruf Kapital
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Menulis menggunakan huruf kapital dengan benar
|
Seluruh kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital
dengan benar
|
Setengah kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital
dengan benar
|
Kurang dari setengah kata yang tepat ditulis dengan
huruf kapital dengan benar
|
Seluruh isi tekskata yang tepat ditulis dengan huruf
kapital dengan benar
|
2.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan yang
sebenarnya
|
keseluruhan isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
Sebahagaian isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
Kurang dari sebahagaian isi teks yang ditulis sesuai
dengan yang sebenarnya
|
Tidak ada isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
c. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Cerita
Narasi yang Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi
yang jelas
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa belum mampu membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
2.
|
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
|
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh
kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
|
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas
tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
|
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya
terdengar bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Pemahaman isi teks
|
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan
yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu manjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
d. Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
Gambar Imajinatif.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian gambar dengan paduan warna yang diberikan
|
Hasil gambar yang dibuat sangat sesuai dengan paduan
warna yang diberikan
|
Hasil gambar yang dibuat sesuai dengan paduan warna
yang diberikan
|
Hasil gambar yang dibuat kurang sesuai dengan paduan
warna yang diberikan
|
Hasil gambar yang dibuat tidak sesuai dengan paduan
warna yang diberikan
|
2.
|
Kerapian dan kebersihan dalam menggambar dan mewarnai
|
Gambar yang dibuat sangat bersih dan diwarnai dengan
sangat rapi
|
Gambar yang dibuat bersih dan diwarnai dengan rapi
|
Gambar yang dibuat kurang bersih dan diwarnai dengan
kurang rapi
|
Gambar yang dibuat tidak bersih dan diwarnai dengan
tidakrapi
|
3.
|
Keindahan
|
Gambar yang dihasilkan siswa sangat indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa kurang indah
|
Gambar yang dihasilkan siswa tidak indah
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar