RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
PembelajaranKe : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar
non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.2
Menyebutkkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
4.3.2
Menceritakan kebersamaan keluarga dengan
anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Bahasa
Indonesia
3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4
Mencatat peran masing-masing anggota
keluarga.
4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan
keluarga yang telah ditulis.
4.3.3
Menyimpulkan isi teks buku harian yang
telah ditulis.
Matematika
3.1.2
Menyebutkan banyak benda dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100.
PJOK
3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola
gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1
Melakukan gerakan variasi pola gerak
dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan
Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
¡ Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa
dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya
diri.
¡ Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan
percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus
satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
menen-tukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan
teliti.
¡ Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita
tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga
yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang
kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
¡ Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga,
siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian
tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
¡ Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis,
siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan
percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor.
¡ Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
¡ Membaca lambang bilangan.
¡ Membilang loncat.
¡ Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran setiap
anggota keluarga.
¡ Mencatat peran setiap anggota keluarga.
¡ Menulis teks buku harian.
¡ Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar gerak badan
yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak
mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.mengamati).
§ Siswa bertanya tentang gambar yang
diamati (menanya).
§ Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati
(mengomu-nikasikan).
§ Siswa dibimbing menirukan gerakan
berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
§ Siswa mengamati gambar permainan
lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
§ Siswa diberi penjelasan tentang
permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan
(mengamati).
§ Siswa melakukan permainan lingkaran
besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
§ Siswa membaca teks tentang kegemaran
(mengamati).
§ Siswa menyebutkan berbagai
kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
§ Siswa menyebutkan kegemaran/hobi
anggota keluarganya (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati gambar cara
menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
§ Siswa menyebutkan banyak benda
sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati contoh dan tabel
cara membaca lambang bilangan (mengamati).
§ Siswa membaca lambang bilangan
berdasarkan tabel. (mengamati).
§ Siswa membaca lambang bilangan dari
beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati gambar sisi halaman
buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
§ Siswa dan guru melakukan tanya jawab
terkait gambar yang diamati (menanya).
§ Siswa mengamati barisan bilangan
berdasarkan gambar (mangamati).
§ Siswa menyebutkan pola bilangan dari
barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
§ Siswa dibimbing membuat barisan
bilangan dengan pola +2 (mengamati).
§ Siswa berlatih membuat barisan
bilangan dengan pola +2 (menalar).
§ Siswa diminta bertanya kepada teman
tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan
teliti (menanya).
§ Siswa membaca contoh cerita tentang
kegemaran (mengamati).
§ Siswa bercerita kepada teman tentang
cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran
(mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati gambar dan membaca
teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).
§ Siswa mengelompok berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
§ Siswa mencatat peran masing-masing
anggota keluarga (menalar).
§ Siswa menulis teks buku harian
tentang kegiatan hari ini (mencoba).
§ Siswa membaca teks yang telah
ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).
§ Siswa menjawab beberapa pertanyaan
yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
§ Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan
dari teks buku harian (mengamati).
§ Siswa menyimpulkan isi teks buku
harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara.
¡ Gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran besar.
¡ Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
¡ Tabel cara membaca lambang bilangan.
¡ Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan
bilangan.
¡ Gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku
harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci jawaban :
Disesuaikan dengan teks buku harian yang ditulis siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +2
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1. 34, 36, 38, 40, 42
2. 25, 27, 29, 31, 33
3. 44, 46, 48, 50, 52
4. 16, 18, 20, 22, 24
5. 33. 35, 37, 39, 41
2. Ketrampilan
a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi.
|
|
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan.
|
|
|
Hasil pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No
|
Nama Siswa
|
Kriteri
1
|
Kriteri
2
|
Kriteri
3
|
Kriteri
4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Oscar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
membaca lambang bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan membaca lambang bilangan.
|
Membaca dengan tepat dan lancar.
|
Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar.
|
Pembacaan kurang tepat.
|
Belum mampu membaca.
|
2.
|
Volume suara.
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Semua isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
3.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Semua isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
4.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks.
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lancar.
|
Siswa mampu membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar.
|
Siswa kurang mampu membaca.
|
Siswa belum mampu membaca teks.
|
2.
|
Volume Suara.
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
3.
|
Kemampuan Menyimpulkan.
|
Simpulan singkat dan mewakili isi teks.
|
Simpulan agak panjang dan mewakili isi teks.
|
Simpulan kurang mewakili isi teks.
|
Simpulan tidak mewakili isi teks.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai
kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Ch.
Jerni Purwati, S.Pd
NIP .......................................................
|
|
Guru Kelas 2
Iqbal
Yulianto, S.Pd
NIP ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar