Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 4 (Tugasku Dalam Kehidupan Sosial) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4                   :     Tugasku Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke          :     2
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila

Matematika
3.5    Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

PJOK
3.10       Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10       Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.5   Membaca lancar teks bacaan
4.2.1   Menulis cerita dari teks bacaan
4.2.7   Membacakan cerita narasi yang ditulis

PPKn
3.1.4   Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.6   Menunjukkan perilaku yang menunjukkan nilai Pancasila

Matematika
3.5.7   Menentukan waktu lebih lama
3.5.8   Menentukan waktu lebih sedikit
3.5.9   Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan waktu
4.5.3   Menggambar jam analog dari soal cerita yang ditunjukkan.

PJOK
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar tentang beberapa anak bermain lompat tali, siswa dapat mendeskripsikan gambar yang diamati dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan teks bacan tentang kegiatan bermain lompat tali, siswa dapat membaca lancar teks bacaan dengan memperhatikan EYD dengan cermat.
¡  Dengan teks bacaan yang dibaca, siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
¡  Dengan identifikasi kegiatan yang bisa dilakukan sebelum aktivitas fisik, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri dan disiplin.
¡  Dengan pengelompokan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat melakukan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan teks bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan cermat.
¡  Dengan teks bacaan, siswa dapat membaca lancar teks bacaan dengan cermat.
¡  Dari teks bacaan dan pengamatan gambar tentang kegiatan siswa bermain tali, siswa dapat menentukan waktu lebih lama dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan teks bacaan dan pengamatan gambar, siswa dapat menentukan waktu lebih sedikit dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan waktu dengan cermat dan mengerjakannya dengan penuh kedisiplinan.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menggambar jam analog dari soal cerita yang ditanyakan dengan disiplin dan percaya diri.
¡  Dengan teks bacaan tentang kegiatan musyawarah pada permainan lompat tali, siswa dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat Pancasila dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan isi teks bacaan dan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan sila keempat dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan cerita yang ditulis, siswa dapat menunjukkan perilaku yang menunjukkan nilai Pancasila.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca lancar teks bacaan
¡  Melakukan gerakan pemanasan
¡  Membandingkan lama kegiatan
¡  Pentingnya musyawarah dalam kehidupan

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa mengamati gambar anak bermain lompat tali dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar beberapa anak bermain lompat tali (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar anak bermain lompat tali (mengomunikasikan).
§  Guru menuntun siswa menemukan aturan bermain lompat tali dengan percaya diri yaitu: dua orang anak memegang tali dan memutarnya searah
§  siswa yang lain melompat ke dalam putaran tali
§  Siswa membaca teks bacaan berkaitan dengan gambar yang diamati (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa membuat pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (menanya).
§  Siswa mengajukan pertanyaan yang diberikan kepada temannnya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai gerakan pemanasan (mengasosiasi).
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa melakukan gerakan dengan disiplin sesuai dengan instruksi guru sehingga dapat terlihat kompak.
§  Siswa melakukan gerakan pemanasan berdasarkan pengamatan gambar (mengomunikasikan).
§  Siswa melakukan gerakan lompat tali (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar gerakan pendinginan (mengamati).
§  Siswa melakukan kegiatan pendinginan berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan manfaat gerakan pemanasan (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca teks bacaan (mengamati).
§  Guru membimbing siswa mengamati gambar gerakan pemanasan dan memberikan pertanyaan menggali dan menuntun siswa.
§  Siswa mengamati gambar tentang gerakan pemanasan (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi kegiatan pemanasan yang dilakukan sebelum aktivitas fisik (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengamati gambar 3 kelompok anak bermain lompat tali dilengkapi keterangan penggunaan waktu dalam permainan (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan berkaitan dengan penggunaan waktu lebih lama dan lebih (mengasosiasi).
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengungumpulkan informasi).
§  Siswa membaca teks bacaan berkaitan dengan kegiatan musyawarah yang sesuai dengan pengamalan sila keempat (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan sila keempat (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjelaskan perilaku yang mencerminkan sila keempat (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan cerita berkaitan dengan permainan lompat tali dengan memuat waktu mulai dan berakhirnya permainan (mengomunikasikan).
§  Siswa membacakan tulisan yang dibuatnya di depan kelas (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca catatan kegiatan hari ini.

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar kegiatan bermain lompat tali
¡  Gambar bermain lompat tali dengan waktu tertentu




I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar