RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.3.5 Mengidentifikasi dokumen milik keluarga.
4.3.2
Menulis teks buku harian tentang dokumen
milik keluarga.
PPKn
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku
yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Berperilaku yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan
tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau
media yang lain.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
dokumen milik keluarga dengan percaya diri.
¡ Dengan membuat pertanyaan, siswa dapat menunjukkan beberapa
contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah secara percaya diri.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa berperilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan disiplin.
¡ Dengan foto kopi dokumen keluarga, siswa dapat menentukan
isi dokumen keluarga dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks lagu, siswa dapat menyanyikan lagu
dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar tentang dokumen keluarga, siswa
dapat menulis teks buku harian tentang dokumen milik keluarga dengan disiplin.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menentukan isi dokumen keluarga.
¡ Menyanyikan lagu.
¡ Menirukan gerakan mencangkul melalui gerakan kepala,
tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan.
¡ Menulis teks buku harian tentang dokumen milik keluarga.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Ayah dan Ibu
merapikan lemari yang dibantu oleh Siti dan Ali menata rapor dan
lembar-lembaran kertas dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar Ayah dan Ibu merapikan lemari yang
dibantu oleh Siti dan Ali menata rapor dan lembar-lembaran kertas
(mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang gambar (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar (menanya).
§
Siswa membuat pertanyaan tentang teks bacaan berkaitan dengan
contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks (mengasosiasi).
§
Siswa mengamati gambar dokumen keluarga Siti (mengamati).
§
Siswa mengamati dokumen pribadi (mengamati).
§
Siswa mengamati dokumen keluarga (mengamati).
§
Siswa menanya tentang dokumen yang ditemukan pada gambar
(menanya).
§
Siswa menanya tentang dokumen pribadi (menanya).
§
Siswa menanya tentang dokumen keluarga (menanya).
§
Siswa menanya tentang perbedaan dokumen keluarga yang di
rumah dengan dokumen keluarga Siti (menanya).
§
Siswa menulis tugas yang dilakukan Siti dalam membantu orang
tua (mengasosiasi)
§
Siswa mempraktikkan tugas Siti di rumah ke depan kelas (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa mengamati isi kartu keluarga.
§
Siswa mengamati demonstrasi guru menyanyikan lagu “Menanam
Jagung” sambil bertepuk tangan dan jalan ditempat dengan berbagai pola birama
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan
guru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerakan
tepuk tangan dan jalan di tempat dengan pola birama empat (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menulis teks buku harian tentang
dokumen milik keluarga dengan disiplin.
§
Siswa memperhatikan gambar tentang kegiatan merapikan dokumen
keluarga (mengamati).
§
Siswa menirukan gerakan mencangkul.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar Ayah dan Ibu merapikan dokumen keluarga yang di
bantu oleh Siti dan Ali (adiknya Siti).
¡ Teks kegiatan merapikan dokumen keluarga.
¡ Foto kopi dokumen keluarga.
¡ Gambar dokumen keluarga.
¡ Gambar Paman mencangkul.
¡ Teks lagu “Menanam Jagung”.
¡ Gambar kegiatan Siti.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar