RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2
Bertanggung jawab atas pelanggaran
terhadap aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.3
Menegur anggota keluarga yang melakukan
pelanggaran terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
PPKn
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku
yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2
Bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.3
Menegur anggota keluarga yang melakukan
pelanggaran terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Matematika
3.5.6
Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek
dan jarum panjang) untuk waktu tertentu.
4.5.3
Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan
waktu tertentu.
SBdP
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.11.3 Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media
yang lain.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh
perilaku yang sesuai dengan aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah secara
percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan akibat melanggar
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan menceritakan pengalamannya, siswa dapat bertanggung
jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan disiplin.
¡ Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menegur anggota
keluarga yang melakukan pelanggaran terhadap aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat menunjukkan sikap menjaga
dokumen milik keluarga dengan baik secara cermat.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat mencatat hal-hal pokok
berdasarkan dokumen milik keluarga dengan cermat.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan
masing-masing dokumen milik keluarga dengan percaya diri.
¡ Dengan media gambar, siswa dapat menentukan posisi jarum
jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu dengan cermat.
¡ Berdasarkan keterangan gambar, siswa dapat menggambarkan
letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu dengan cermat.
¡ Dengan petunjuk gerak, siswa dapat menirukan gerakan
bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan pengamatan dengan cermat.
¡ Dengan melakukan gerak simbolik, siswa dapat
mengidentifikasi gerak simbolik dengan disiplin.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
¡ Menjelaskan akibat melanggar aturan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
¡ Bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
¡ Mencatat hal-hal pokok berdasarkan dokumen milik keluarga.
¡ Menyebutkan kegunaan masing-masing dokumen milik keluarga.
¡ Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum
panjang) untuk waktu tertentu.
¡ Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu
tertentu.
¡ Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik
berdasarkan pengamatan.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan
keluarga berada di ruang tamu di sore hari dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar Siti dan keluarga berada di ruang
tamu di sore hari (mengamati).
§
Siswa mengamati teks bacaan tentang aturan di rumah Siti (mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar Siti dan keluarga berada di
ruang tamu di sore hari (menanya).
§
Siswa menanya tentang aturan yang terdapat di rumah Siti (menanya).
§
Siswa menyebutkan seluruh aturan di rumah (mengasosiasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks (mengasosiasi).
§
Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi tentang akibat melanggar
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
§
Siswa berdiskusi tentang akibat melanggar aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menceritakan pengalamannya melanggar aturan (mengomunikasikan).
§
Siswa berdiskusi tentang tanggung jawab atas pelanggaran terhadap
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa berdiskusi tentang menegur anggota keluarga yang melakukan
pelanggaran terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
(mengomunikasikan).
§
Siswa menjelaskan alasan pendapatnya di depan kelas (mengasosiasikan).
§
Siswa mengamati gambar Siti merawat dokumen keluarga (mengamati).
§
Siswa menanya tentang kegiatan membantu orang tua merawat
dokumen yang pernah dilakukan (menanya).
§
Siswa menanya tentang dokumen yang pernah dibersihkan (menanya).
§
Siswa menanya tentang cara merawat dokumen keluarga (menanya).
§
Siswa menunjukkan sikap menjaga dokumen milik keluarga
(mengomunikasikan).
§
Siswa mencatat hal-hal pokok berdasarkan dokumen milik
keluarga berupa isi kartu keluarga (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mencatat hal-hal pokok berdasarkan dokumen milik
keluarga berupa isi identitas rapor (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menyebutkan kegunaan masing-masing dokumen milik
keluarga (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menentukan posisi jarum jam
(jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu dengan disiplin.
§
Siswa menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum
panjang) untuk waktu tertentu (mengasosiasi).
§
Siswa menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu
tertentu (mengasosiasi).
§
Siswa menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan
pengamatan (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi gerak simbolik (mengumpulkan informasi).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks tentang aturan di rumah Siti.
¡ Gambar Siti merawat dokumen keluarga.
¡ Foto kopi dokumen keluarga.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar