RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
PembelajaranKe : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.5.5
Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
3.5.6
Menjelaskan akibat tidak hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3
Menemukan peran permintaan maaf terhadap
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
PPKn
3.3.4
Menunjukkan keberagamaan anggnota
keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3
Menceritakan kerja sama dalam
melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
SBdP
3.2.4
Menunjukkan pola irama rata pada alat
musik ritmis.
4.8.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan samapai 500 dengan teliti.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan santun dan
percaya diri.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak
rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama
rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
¡ Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”,
siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan
teliti dan percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Membilang loncat.
¡ Membaca lambang bilangan sampai 500.
¡ Manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
¡ Akibat tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
¡ Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
¡ Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun
Binatang” (mengamati).
§
Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata
yang tersedia (menalar).
§
Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi
dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan
yang terdapat pada teks (mengamati).
§
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan
yang telah diamati (menalar).
§
Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang
bervariasi (mengamati).
§
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan
yang telah diamati (manalar).
§
Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi
(+2 +3 +2 +3) (menalar).
§
Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan
ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
§
Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada
buku siswa. (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang
(mengamati).
§
Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan
lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
§
Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan
teliti (mengomunikasikan).
§
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5
siswa.
§
Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang
keinginan udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
§
Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan
manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
§
Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar
tepuk tangan (mengamati).
§
Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis
dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
§
Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”
sambil bertepuk tangan (mencoba).
§
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan
lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”.
¡ Gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan.
¡ Teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
Kunci jawaban :
1. Bangun
2. Bekal
3. Macet
4. Mobil
5. Tiket
6. Bernomor
b. Melengkapi barisan bilaangan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1. 27, 29, 32, 34, 37
2. 30, 32, 35, 37, 40
3. 36, 38, 41, 43, 46
4. 35, 37, 40, 42, 45
5. 41, 43, 46, 48, 51
3. Ketrampilan
a. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan membaca lambang bilangan.
|
Membaca dengan tepat dan lancar.
|
Membaca dengan tepat, tetapi
kurang lancar.
|
Pembacaan kurang tepat.
|
Belum mampu membaca.
|
2.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang hidup rukun
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan menjawab pertanyaan .
|
Seluruh pertanyaan dijawab dengan benar.
|
Ada 1 pertanyaan yang dijawab dengan tidak tepat.
|
Lebih dari 1 pertanyaan yang dijawab dengan tidak tepat .
|
Tidak mampu menjawab semua pertanya-an.
|
2.
|
Kemampuan membuat kesimpulan.
|
Simpulan singkat dan mewakili isi teks.
|
Simpulan agak panjang dan mewakili isi teks.
|
Simpulan kurang mewakili isi teks.
|
Simpulan tidak sesuai dengan teks.
|
c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan lagu.
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama tepat.
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau
sebaliknya.
|
Siswa hafal sebagian kecil syair lagu.
|
Siswa belum hafal syair lagu.
|
2.
|
Kemampuan bertepuk sesuai irama lagu.
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama lagu.
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada setengah lagu
atau lebih.
|
Siswa mampu bertepuk sesuai irama pada kurang dari
setengah lagu.
|
Belum mampu bertepuk sesuai irama lagu.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Lembar Evaluasi
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
……………………………………………………………………………………..……………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar