RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 4
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.8
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku bangsa, dan sifat.
Bahasa
Indonesia
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
4.5.6
Menemukan peran permintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.
SBdP
3.1.1
Mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa.
4.1.4
Menggambar ekspresi dengan mengolah
bentuk dan tekstur.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna hidup
rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan dengan
teliti.
¡ Dengan membaca teks kegiatan Udin dan Edo, siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keberagaman suku bangsa dengan percaya diri.
¡ Dengan bercerita, siswa dapat berperilaku rukun dengan
setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku
bangsa, dan sifat dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
¡ Dengan mengamati potongan gambar, siswa dapat menggambar
ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡ Mengidentifikasi peran permintaan maaf untuk menjaga sikap
hidup rukun dalam kemajemukan.
¡ Bentuk-bentuk kegiatan bersama teman.
¡ Perilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
¡ Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
¡ Gambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tiga siswa
yang sedang melakukan percakapan dengan teliti (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar tiga siswa yang sedang melakukan
percakapan (mengamati).
§
Siswa diarahkan membaca teks percakapan yang dilakukan
Udin, Edo, dan Badu (mengumpulkan informasi).
§
Siswa diarahkan menemukan bentuk permintaan maaf pada
teks percakapan (menalar).
§
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan berdasarkan teks
percakapan Udin dan Edo (menanya).
§
Masing-masing siswa menukarkan pertanyaannya dengan teman
di sampingnya (menalar).
§
Siswa menjawab pertanyaan temannya sesuai pertanyaan yang
diajukan (menalar).
§
Masing-masing siswa menyampaikan jawaban yang telah
ditulis sesuai pertanyaan temannya (mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
temannya (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan Udin
dan Edo melalui tulisan dengan bahasa yang santun (mencoba).
§
Siswa menceritakan kegiatan Udin dan Edo melalui tulisan
(mencoba).
§
Siswa memeriksa tulisan yang telah dibuatnya di bawah
bimbingan guru.
§
Masing-masing siswa membacakan tulisan yang telah
dibuatnya (mengomunikasikan).
§
Siswa yang lain mengomentari cerita temannya
(mengomu-nikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menggunting dan menempel
dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati gambar pola yang harus digunting
(mengamati).
§
Siswa diajak menggunting gambar sesuai garis yang ada
(mencoba).
§
Siswa kemudian menempelkan potongan gambar yang telah
digunting (mencoba).
§
Tempelan disesuaikan dengan kesukaan siswa (mencoba).
§
Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan
tekstur (mencoba).
§
Siswa diarahkan untuk membuat sebuah kalimat permohonan
maaf kepada temannya di bawah karya yang telah ditulisnya (mencoba).
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa
(menanya dan menalar).
§
Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar
siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§
Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar berbagi pola yang akan digunting.
¡ Teks percakapan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis
Tes Tertulis: Skor
Penilaian: Daftar Periksa
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman
|
|
|
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteri
1
|
Kriteri
2
|
Kriteri
3
|
|||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Oscar
|
|
|
|
|
|
|
...
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
3. Keterampilan
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar
Pengamatan Kegiatan Membuat Pertanyaan tentang Percakapan Kegiatan Bersama
Teman
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda baca pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Hasil
Pengamatan Membuat Pertanyaan dari Gambar yang Diamati
No
|
Nama Siswa
|
Kriteri
1
|
Kriteri
2
|
Kriteri
3
|
|||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Oscar
|
|
|
|
|
|
|
...
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
|
Seluruh isi cerita sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih isi cerita sesuai judul atau tema
|
Kurang dari setengah isi cerita sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Ketepatan ejaan
|
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
|
Setengah atau lebih tulisan
menggunakan ejaan yang tepat
|
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang tepat
|
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat
|
Rubrik
Penilaian Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Bentuk dan Tekstur
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Pementukan pola baru
|
Mampu membuat pola baru dengan sangat rapi
|
Mampu membuat pola baru dengan rapi
|
Mampu membuat pola baru dengan cukup rapi
|
Belum mampu membuat pola dengan rapi
|
2.
|
Mengolah Bentuk dan Tekstur
|
Mampu mengolah bentuk dan tekstur sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Mampu mengolah bentuk gambar dengan sedikit tekstur
|
Mampu mengolah bentuk gambar dengan tekstur yang kurang
|
Belum mampu mengolah bentuk dan tekstur gambar
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar