Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     4
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.8   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku bangsa, dan sifat.

Bahasa Indonesia
3.5.10 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.6   Menemukan peran permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.

SBdP
3.1.1   Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.4   Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan dengan teliti.
¡  Dengan membaca teks kegiatan Udin dan Edo, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keberagaman suku bangsa dengan percaya diri.
¡  Dengan bercerita, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, suku bangsa, dan sifat dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
¡  Dengan mengamati potongan gambar, siswa dapat menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Makna hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Mengidentifikasi peran permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan.
¡  Bentuk-bentuk kegiatan bersama teman.
¡  Perilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah.
¡  Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
¡  Gambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tiga siswa yang sedang melakukan percakapan dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar tiga siswa yang sedang melakukan percakapan (mengamati).
§  Siswa diarahkan membaca teks percakapan yang dilakukan Udin, Edo, dan Badu (mengumpulkan informasi).
§  Siswa diarahkan menemukan bentuk permintaan maaf pada teks percakapan (menalar).
§  Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan berdasarkan teks percakapan Udin dan Edo (menanya).
§  Masing-masing siswa menukarkan pertanyaannya dengan teman di sampingnya (menalar).
§  Siswa menjawab pertanyaan temannya sesuai pertanyaan yang diajukan (menalar).
§  Masing-masing siswa menyampaikan jawaban yang telah ditulis sesuai pertanyaan temannya (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban temannya (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan Udin dan Edo melalui tulisan dengan bahasa yang santun (mencoba).
§  Siswa menceritakan kegiatan Udin dan Edo melalui tulisan (mencoba).
§  Siswa memeriksa tulisan yang telah dibuatnya di bawah bimbingan guru.
§  Masing-masing siswa membacakan tulisan yang telah dibuatnya (mengomunikasikan).
§  Siswa yang lain mengomentari cerita temannya (mengomu-nikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk menggunting dan menempel dengan percaya diri.
§  Siswa mengamati gambar pola yang harus digunting (mengamati).
§  Siswa diajak menggunting gambar sesuai garis yang ada (mencoba).
§  Siswa kemudian menempelkan potongan gambar yang telah digunting (mencoba).
§  Tempelan disesuaikan dengan kesukaan siswa (mencoba).
§  Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur (mencoba).
§  Siswa diarahkan untuk membuat sebuah kalimat permohonan maaf kepada temannya di bawah karya yang telah ditulisnya (mencoba).
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa (menanya dan menalar).
§  Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§  Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar berbagi pola yang akan digunting.
¡  Teks percakapan.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis
Tes Tertulis: Skor
Penilaian: Daftar Periksa

Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman



Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
Nama Siswa
Kriteri 1
Kriteri 2
Kriteri 3
T
BT
T
BT
T
BT
1
Ekal






2
Aisy






3
Zidan






4
Oscar






...
.........







3.   Keterampilan
Penilaian: Observasi (pengamatan)

Lembar Pengamatan Kegiatan Membuat Pertanyaan tentang Percakapan Kegiatan Bersama Teman
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda baca pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Pengamatan Membuat Pertanyaan dari Gambar yang Diamati
No
Nama Siswa
Kriteri 1
Kriteri 2
Kriteri 3
T
BT
T
BT
T
BT
1
Ekal






2
Aisy






3
Zidan






4
Oscar






...
.........







Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi cerita sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi cerita sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi cerita sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai
2.
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Setengah atau lebih tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Kurang dari setengah tulisan menggunakan ejaan yang tepat
Seluruh tulisan belum menggunakan ejaan yang tepat

Rubrik Penilaian Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Bentuk dan Tekstur
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Pementukan pola baru
Mampu membuat pola baru dengan sangat rapi
Mampu membuat pola baru dengan rapi
Mampu membuat pola baru dengan cukup rapi
Belum mampu membuat pola dengan rapi
2.
Mengolah Bentuk dan Tekstur
Mampu mengolah bentuk dan tekstur sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Mampu mengolah bentuk gambar dengan sedikit tekstur
Mampu mengolah bentuk gambar dengan tekstur yang kurang
Belum mampu mengolah bentuk dan tekstur gambar


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar