RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku
Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membaca lancar teks petunjuk sederhana
4.2.1
Menulis cerita teks petunjuk sederhana
4.2.7
Membacakan cerita narasi yang ditulis
Matematika
3.5.7
Menentukan waktu lebih lama
3.5.8
Menentukan waktu lebih sedikit
3.5.9
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan waktu
4.5.3
Menggambar jam analog dari soal cerita
yang dikerjakan
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi gerakan dalam permainan
buaya
4.11.5 Memperagakan gerakan dalam permainan buaya
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar permainan buaya berlomba, siswa
dapat mendeskripsikan gambar dengan cermat.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat membaca lancar teks
petunjuk sederhana dengan cermat.
¡ Dengan teks bacaan tentang permainan buaya berlomba,
siswa dapat membuat pertanyaan dari teks petunjuk permainan buaya berlomba
dengan cermat dan penuh percaya diri.
¡ Dengan pertanyaan yang dibuat, siswa dapat menjawab
pertanyaan yang diberikan temannya dengan cermat dan penuh percaya diri.
¡ Dengan teks bacaan dan pengamatan gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gerakan permainan buaya dengan cermat dan penuh percaya diri.
¡ Dengan mengidentifikasi gerakan permainan buaya dan
pengamatan gambar, siswa dapat memperagakan gerakan permainan buaya dengan
percaya diri dan penuh kedisiplinan.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat menentukan penggunaan
waktu lebih sedikit dengan cermat.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat menentukan penggunaan
waktu lebih lama dengan cermat.
¡ Dengan contoh soal yang diberikan, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan waktu secara cermat dan
percaya diri.
¡ Dengan teks petunjuk sederhana, siswa dapat menulis
cerita teks sederhana dengan memuat penggunaan waktu secara cermat dan penuh
kedisiplinan.
¡ Dengan soal cerita yang dikerjakan, siswa dapat
menggambar jam analog dari soal cerita yang dikerjakan dengan percaya diri.
¡ Dengan cerita yang ditulis, siswa dapat membacakan tulisannya
di depan kelas dengan percaya diri.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menirukan gerakan dalam permainan
¡ Menghitung lama kegiatan
¡ Menulis tugas di lingkungan sosial
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa untuk
mengamati gambar dengan cermat.
§ Siswa mengamati gambar permainan
buaya berlomba (mengamati).
§ Siswa mendeskripsikan gambar yang
diamati (mengasosiasi) dengan arahan jawaban:
- Ada dua buah garis sejajar A dan B
- Panjang garis tersebut lebih kurang
4 meter
- jarak antar 2 garis tersebut lebih
kurang 15 meter
- ada 3 regu berjalan jongkok dengan tangan memegang bahu
temannya.
§ Siswa membaca teks tentang permainan
buaya berlomba (mengamati).
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi)
§ Siswa membuat daftar pertanyaan
berdasarkan isi teks bacaan (menanya).
§ Siswa memberikan pertanyaan yang dibuatnya kepada teman sebangkunya
(mengasosiasi).
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (mengasosiasi).
§ Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan bersama temannya
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa bercerita tentang hasil belajar Edo dan kawan-kawan
di depan kelas (mengomunikasikan).
§ Siswa melakukan permainan Buaya Berlomba (mengomunikasikan).
§ Guru membimbing siswa mengamati
gambar dengan cermat serta memberikan pertanyaan menggali dan menuntun
§
Siswa
mengamati gambar tentang gerakan pada permainan buaya berlomba (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi gerakan pada permainan buaya berlomba
(mengumpulkan informasi) yaitu:
-
Gerakan kepala yaitu kepala ke kiri dan ke kanan.
-
Gerakan badan yaitu bergerak ke kiri dan ke kanan.
-
Gerakan tangan yaitu kedua lengan ditekuk mengayun ke
depan bergantian.
-
Gerakan kaki yaitu berjalan jongkok.
§
Guru membimbing siswa untuk melakukan gerakan dengan percaya
diri.
§
Siswa melakukan gerakan permainan buaya berlomba dari gambar
yang diamati (mengomunikasikan).
§
Siswa membaca bacaan berkaitan dengan penggunaan waktu
dalam permainan buaya berlomba tentang penggunaan waktu lebih lama dan lebih
sebentar (mengasosiasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks bacaan tentang
penggunaan waktu lebih banyak dan lebih sedikit (mengamati).
§
Guru membimbing siswa berdiskusi dengan disiplin.
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan berkaitan dengan
teks bacaan tentang penggunaan waktu lebih banyak dan lebih sedikit
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penggunaan
waktu yang juga memuat tentang aktivitas
§
sesuai pertanyaan yang diberikan yaitu :
-
Gambar permainan buaya berlomba
-
Gambar Edo menulis
-
Gambar Lani membaca (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menulis cerita tentang permainan buaya berlomba dan
mencatat waktu mulai dan berakhirnya kegiatan menulis cerita
(mengomunikasikan).
§
Siswa membacakan tulisannnya di depan kelas (mengomunikasikan).
§ Siswa membaca kegiatan hari ini.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar siswa memainkan permainan buaya berlomba.
¡ Gambar gerakan permainan buaya.
¡ Gambar anak sedang bermain.
¡ Gambar siswa sedang menulis.
¡ Gambar siswa sedang membaca.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar