RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 4 : Tugasku
Dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila
PJOK
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum
dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan
sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2.1
Menulis cerita sederhana tentang
kegiatan sehari-hari
PPKn
3.1.9
Menjelaskan perilaku yang mencerminkan
sila kelima
4.1.4
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
nilai mencerminkan nilai sila kelima Pancasila
PJOK
3.9.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang
biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.2
Mengelompokkan kegiatan yang boleh
dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.3
Mengelompokkan kegiatankegiatan yang
perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.1
Melakukan kegiatan pendinginan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.9.2
Menceritakan kegiatan yang perlu
dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar anak melakukan lari estafet
dengan bendera, siswa dapat mendeskripsikan gambar dengan cermat.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat membaca lancar teks
cerita dengan memperhatikan EYD dengan cermat.
¡ Dengan membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan
cermat dan percaya diri.
¡ Dengan penugasan membuat daftar pertanyaan, siswa dapat
menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
¡ Dengan penugasan dan diskusi kelas, siswa dapat
mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik,
dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan penugasan dan diskusi kelas, siswa dapat
mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
¡ Dengan penugasan mengelompokkan kegiatan yang dilakukan
setelah melaksanakan aktivitas fisik, siswa dapat melakukan kegiatan
pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah
melakukan aktivitas fisik, siswa dapat menceritakan kegiatan yang boleh
dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan mengurutkan gambar seri tentang gerakan pendinginan,
siswa dapat menulis cerita sederhana tentang kegiatan sehari-hari dengan EYD
secara cermat.
¡ Dengan menulis cerita, siswa dapat membacakan tulisannya
dengan percaya diri ke depan kelas.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat memprediksi teks
bacaan dengan penuh percaya diri.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat membaca lancar teks
bacaan dengan menggunakan menggunakan EYD secara cermat.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat menjawab
pertanyaan dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan membaca dan diskusi kelas, siswa dapat menjelaskan
perilaku yang mencerminkan sila kelima dengan cermat.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menuliskan perilaku yang
mencerminkan sila kelima.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengurutkan gambar seri
¡ Mengidentifikasi gerakan pemanasan dan pendinginan
¡ Membaca dongeng
¡ Mengidentifikasi perilaku Pancasila.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan
dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa mengamati gambar anak melakukan
lari estafet dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar Beni melakukan lari estafet menggunakan
bendera (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa dalam mendeskripsikan gambar dengan
pertanyaan menuntun tentang aturan lari estafet yaitu:
-
siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
setiap kelompok memindahkan bendera secara estafet dari
satu botol ke botol yang lain
-
pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memindahkan
bendera
§
Siswa membaca teks bacaan berkaitan dengan gambar yang
diamati (mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks
bacaan (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban dari petanyaan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa membuat daftar pertanyaan berdasarkan isi teks
bacaan (menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang
dibuat kepada temannya (menanya)
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan (mengasosiasi)
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa berdiskusi tentang akibat apabila tidak melakukan pendinginan
setelah melakukan gerakan fisik (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengamati gambar gerakan pemanasan, lari bendera,
dan gerakan pendinginan (mengamati).
§
siswa mendeskripsikan gambar yang diamati tentang gerakan
pemanasan, lari bendera, dan gerakan pendinginan (mengomunikasikan).
§
Siswa membaca teks bacaan berkaitan dengan gerakan pendinginan
(mengamati).
§
Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan
lari estafet dengan menggunakan waktu dengan disiplin.
§
Siswa melakukan gerakan lari bendera yang didahului
gerakan pemanasan dan diakhiri gerakan pendinginan (mengomunikasikan)
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan
gerakan pendinginan (mengasosiasi)
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan
informasi)
§
Siswa mendiskusikan akibat tidak melakukan gerakan
pendinginan (mengumpulkan informasi)
§
Guru membimbing siswa mengamati gambar seri yang masih
tersusun secara acak untuk membentuk gambar seri dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar seri yang disusun secara acak
tentang gerakan lari bendera (mengamati)
§
Siswa mengurutkan gambar seri yang diamati (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa menulis dengan percaya diri.
§
Siswa menulis cerita dari gambar seri yang diamati
(mengomunikasikan)
§
Siswa membacakan tulisannya di depan kelas
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar Singa dan Tikus yang bergandengan tangan
(mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengomunikasikan)
§
Siswa menyimak teks yang dibacakan guru tentang dongeng yang
berjudul “Singa dan Tikus” (mengamati).
§
• Siswa menjawab pertanyaan.
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar anak melakukan lari estafet menggunakan bendera
merah putih.
¡ Gambar Seri permainan estafet menggunakan bendera merah
putih.
¡ Gambar Singa dan Tikus bergandengan tangan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar