RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2 : Tugasku
Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama empat
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
4.2.1
Menulis cerita sederhana tentang
kegiatan di sekolah
4.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
sekolah.
Matematika
3.5.5
Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6
Menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.7
Membuat kartu jam
4.5.9
Menulis kegiatan yang dilakukan
berdasarkan waktu yang ditunjukkan jarum jam
SBdP
3.2.5
Menyanyikan lagu berkaitan dengan
kegiatan sekolah
4.6.1
Melakukan kegiatan tepuk tangan
memainkan pola irama bervariasi lagu
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar tentang kegiatan melakukan
tebak-tebakan, siswa dapat memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
¡ Dengan teks cerita tentang kegiatan melakukan
tebak-tebakan, siswa dapat membaca lancar dengan memperhatikan EYD secara
cermat.
¡ Dengan teks cerita tentang melakukan permainan
tebak-tebakan, siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi teks bacaan dengan
percaya diri.
¡ Dengan jawaban dari pertanyaan teks bacaan, siswa dapat
mendiskusikan jawaban pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri.
¡ Dengan cerita pada teks bacaan, siswa dapat menceritakan pengalaman
tentang tugasnya di sekolah dengan percaya diri.
¡ Dengan gambar jam analog, siswa dapat membaca waktu yang
ditunjukkan jarum jam dengan cermat.
¡ Dengan gambar jam analog, siswa dapat menulis waktu yang
ditunjukkan jam analog dengan cermat dan penuh percaya diri.
¡ Dengan menulis waktu yang ditunjukkan jam analog, siswa
dapat menulis kegiatan yang dilakukan sesuai jarum jam yang ditunjukkan secara
cermat dan dan dibuat dengan penuh kedisiplinan.
¡ Dengan penugasan dan tanya jawab, siswa dapat membuat kartu
jam dengan penuh percaya diri dan disiplin.
¡ Dengan teks lagu, siswa dapat menyanyikan lagu berkaitan
dengan kegiatan sekolah dengan disiplin dan percaya diri.
¡ Dengan menyanyikan lagu, siswa dapat melakukan gerakan
tepuk tangan dengan pola irama lagu bertanda birama empat dengan cermat dan
penuh percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Kegiatan di lingkungan sekolah
¡ Menyanyikan lagu sambil memainkan pola irama lagu
¡ Membuat Kartu Jam
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar tentang aktivitas kegiatan bermain
tebak-tebakan secara berpasangan (mengamati).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan bermain tebak-tebakan
(mengamati).
§
Siswa menjawab pertanyaan dari teks cerita yang telah dibaca
(mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa membuat pertanyaan tentang aktivitas yang dilakukan
pada gambar (menanya).
§
Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada temannya
(menanya).
§
Guru membimbing siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
temannya dengan percaya diri.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapat (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa membaca petunjuk kerja sederhana tentang tugas membuat
kartu jam (mengamati).
§
Guru membimbing siswa membuat kartu jam dengan percaya
diri.
§
Siswa membuat kartu jam berdasarkan petunjuk kerja (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa bermain tebak-tebakan menggunakan kartu jam yang dibuat secara berpasangan
(mengumpulkan informasi).
§
Guru membimbing siswa mengamati gambar jam analog dengan
cermat.
§
Siswa mengamati gambar tentang gambar jam analog (mengamati).
§
Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan pada jam analog (mengasosiasi).
§
Siswa menuliskan kegiatan sekolah yang dilakukan pada jam
tersebut (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Jika Ku Besar”
dengan percaya diri
§
Siswa mengamati lagu “Jika Ku Besar” disertai not
angkanya (mengamati).
§
Siswa menyanyikan lagu “Jika Aku Besar” disertai not angkanya
disertai gerakan tepuk tangan dengan ritme yang tepat (mengomunikasikan).
§
Siswa menulis daftar tugas yang telah dipelajarinya pada hari
ini (mengasosiasi).
§
Siswa membaca tugas yang telah ditulisnya (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar siswa melakukan tebak-tebakan secara berpasangan
¡ Gambar jam analog
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar