RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain
di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
PJOK
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.7 Membuat jadwal harian berdasarkan aktivitas
di lingkungan sekolah
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang
aktivitas bermain di lingkungan rumah sekolah dengan memperhatikan penulisan
EYD.
PPKn
3.3.5
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6
Menyebutkan keberagamn teman-teman satu
kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.6
Menceritakan perilaku rukun dengan teman
di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat(karakter) agama dan
suku bangsa.
PJOK
3.2.3
Menjelaskan konsep pola gerak
manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan.
4.3.7
Melakukan gerakan manipulatif dalam
permainan sederhana.
4.3.8
Melakukan gerakan manipulatif dalam
permainan tradisional.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca buku, siswa dapat menyebutkan jenis
permainan dari Sumatera Utara dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks Pecah Piring, siswa dapat membaca
dengan suara nyaring dan menarik di dengar dengan cermat.
¡ Berdasarkan teks yang dibaca, siswa dapat menulis cerita
narasi yang ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan cermat.
¡ Dengan melakukan kegiatan, siswa dapat melakukan tanya
jawab tentang waktu bermain yang baik dengan percaya diri.
¡ Berdasarkan kegiatan dan aktivitas yang dilakukan, siswa
dapat membuat jadwal harian dengan cermat dan bertanggung jawab.
¡ Berdasarkan jadwal yang dibuat, siswa dapat menandai
waktu kegiatan bermain dilakukan dengan huruf spidol biru dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat mendiskusikan
permainan yang dimainkan sendiri atau berkelompok dengan cermat.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menjelaskan
konsep pola gerak manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan dengan
cermat dan percaya diri.
¡ Dengan praktik, siswa dapat melakukan gerakan
manipulatif dalam permainan sederhana dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar dengan cermat.
¡ Dengan pengalaman yang pernah dilakukan, siswa dapat
menceritakan perilaku rukun dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman
sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat (karakter), agama, dan
suku dengan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat bermain piring pecah
secara bersama-sama dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan bimbingan dan instruksi guru, siswa dapat
melakukan gerakan manipulatif dalam permainan sederhana dengan cermat dan
percaya diri
¡ Berdasarkan pengalaman guru, siswa dapat melengkapi
kalimat berdasarkan permainan pecah piring dengan cermat.
¡ Dengan menggunakan gambar, siswa dapat memasangkan
gambar dengan keterangan bentuk gerakan manipulatifnya dengan cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Gerakan dasar lokomotor
¡ Menceritakan aktivitas bermain mencari harta karun
¡ Bermain peran bersatu dalam keberagaman
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa mengamati gambar permainan Pecah
Piring dengan cermat (mengamati).
§ Siswa mendeskripsikan gambar yang diamatinya
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa membaca teks tentang permainan yang berasal dari
daerah Sumatera Utara (mengamati).
§ Siswa bertanya tentang permainan yang diamatinya
(menanya).
§ Siswa membaca teks tentang Permainan Pecah Piring dengan
intonasi yang tepat (mengamati).
§ Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan
dengan cermat.
§ Siswa menulis cerita narasi dengan menggunakan EYD
(mencoba).
§ Siswa melakukan tanya jawab tentang waktu bermain yang
baik (menanya).
§ Siswa membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan dan
aktivitas yang dilakukan (mengasosiasi).
§ Siswa menandai jadwal ketika boleh bermain dengan huruf
spidol berwarna biru (mengasosiasi).
§ Siswa mengamati gambar seri tentang pola permainan
manipulatif (mengamati).
§ Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diarahkan oleh
guru untuk berdiskusi dengan bertanggung jawab (mengamati).
§ Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang diberikan
(menalar).
§ Siswa menceritakan contoh sikap kerjasama dalam gambar
permainan yang diamati (menalar).
§ Siswa membaca petunjuk sederhana berkaitan dengan sikap
yang harus dilakukan dalam permainan pecah piring (mengamati).
§ Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiaan
bermain Pecah Piring dengan percaya diri (mengamati).
§ Siswa bermain piring pecah secara bersama-sama
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa melakukan gerak manipulatif dalam permainan
tradisional yaitu pecah piring (mengumpulkan informasi).
§ Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan keberagaman
kegemaran teman-teman satu kelas (menanya).
§ Siswa melengkapi kalimat rumpang tentang sikap dalam
permainan pecah piring (mengasosiasi).
§ Siswa menceritakan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan
sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran saat
bermain (mengomunikasikan).
§ Siswa diberi arahan oleh guru melakukan kegiatan dengan
cermat.
§ Siswa mengamati gambar konsep pola gerak manipulatif yang
akan dipasangkan (mengamati).
§ Siswa memasangkan gambar dengan keterangan di sebelah
kanan pada buku masing-masing (mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks Permainan Pecah Piring.
¡ Gambar pola gerak manipulatif dalam permainan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar konsep
pola gerak manipulatif
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban : (skor 100)
1) Tidak terlaksana dengan baik.
2) Saling Bekerjasama.
3) Jawaban bervariasi sesuai dengan pendapat siswa. Seperti :
bekerjasama dalam permainan bola kasti saat salah satu pemain memukul dan
pemain lain siap berlari di base masing-masing.
b. Memasangkan gambar dengan keterangannya
tentang pola gerak manipulatif
Banyak soal : 5 buah
Kunci jawaban :
Gambar 134 – b (skor 20)
Gambar 135 – a (skor 20)
Gambar 136 – e (skor 20)
Gambar 137 – d (skor 20)
Gambar 138 – e (skor 20)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Membaca Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
b. Rubrik Penilaian Menulis Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
|
Sebagian besar karangan sesuai judul atau tema
|
Sebagian kecil karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan
tanda kapital)
|
Menggunakan semua EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 3 EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 2 EYD yang diharapkan
|
Menggunakan 1 EYD yang diharapkan
|
c. Membuat Penilaian Jadwal Harian Berdasarkan
Aktifitas Siswa
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian Jadwal harian aktifitas bermain dengan topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain sangat sesuai dengan
topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain sesuai dengan topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain kurang sesuai dengan
topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain tidaksesuai dengan topik
|
2.
|
Kerapian dan kebersihan kerja dalam membuat jadwal harian
aktifitas bermain
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan sangat rapi
dan sangat bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan rapi dan
bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan kurang rapi
dan kurang bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan tidak rapi
dan tidak bersih
|
d. Rubrik Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun
dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin dan Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume suara.
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
Penilaian
: Lembar pengamatan/observasi
e. Lembar Pengamatan Melakukan Permainan Pecah
Piring dengan Variasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Melempar bola ke arah tumpukan piring / lawan
|
|
|
2.
|
Menangkap pola yang
dilambungkan lawan dengan benar
|
|
|
3.
|
Menunjukkan sikap bekerjasama dalam permainan
|
|
|
Hasil Pengamatan Permainan
Pecah Piring dengan Melakukan Variasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar