Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3                   :     Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke          :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3.   Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

PJOK                       
3.3    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.7   Membuat jadwal harian berdasarkan aktivitas di lingkungan sekolah
4.2.2   Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah sekolah dengan memperhatikan penulisan EYD.

PPKn
3.3.5   Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6   Menyebutkan keberagamn teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.6   Menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat(karakter) agama dan suku bangsa.

PJOK
3.2.3   Menjelaskan konsep pola gerak manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan.
4.3.7   Melakukan gerakan manipulatif dalam permainan sederhana.
4.3.8   Melakukan gerakan manipulatif dalam permainan tradisional.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca buku, siswa dapat menyebutkan jenis permainan dari Sumatera Utara dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks Pecah Piring, siswa dapat membaca dengan suara nyaring dan menarik di dengar dengan cermat.
¡  Berdasarkan teks yang dibaca, siswa dapat menulis cerita narasi yang ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan cermat.
¡  Dengan melakukan kegiatan, siswa dapat melakukan tanya jawab tentang waktu bermain yang baik dengan percaya diri.
¡  Berdasarkan kegiatan dan aktivitas yang dilakukan, siswa dapat membuat jadwal harian dengan cermat dan bertanggung jawab.
¡  Berdasarkan jadwal yang dibuat, siswa dapat menandai waktu kegiatan bermain dilakukan dengan huruf spidol biru dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat mendiskusikan permainan yang dimainkan sendiri atau berkelompok dengan cermat.
¡  Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menjelaskan konsep pola gerak manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan praktik, siswa dapat melakukan gerakan manipulatif dalam permainan sederhana dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis kelamin dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan kegemaran dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dengan cermat.
¡  Dengan pengalaman yang pernah dilakukan, siswa dapat menceritakan perilaku rukun dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, sifat (karakter), agama, dan suku dengan percaya diri.
¡  Dengan mempraktikkan, siswa dapat bermain piring pecah secara bersama-sama dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan bimbingan dan instruksi guru, siswa dapat melakukan gerakan manipulatif dalam permainan sederhana dengan cermat dan percaya diri
¡  Berdasarkan pengalaman guru, siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan permainan pecah piring dengan cermat.
¡  Dengan menggunakan gambar, siswa dapat memasangkan gambar dengan keterangan bentuk gerakan manipulatifnya dengan cermat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Gerakan dasar lokomotor
¡  Menceritakan aktivitas bermain mencari harta karun
¡  Bermain peran bersatu dalam keberagaman

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa mengamati gambar permainan Pecah Piring dengan cermat (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamatinya (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membaca teks tentang permainan yang berasal dari daerah Sumatera Utara (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang permainan yang diamatinya (menanya).
§  Siswa membaca teks tentang Permainan Pecah Piring dengan intonasi yang tepat (mengamati).
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa menulis cerita narasi dengan menggunakan EYD (mencoba).
§  Siswa melakukan tanya jawab tentang waktu bermain yang baik (menanya).
§  Siswa membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan dan aktivitas yang dilakukan (mengasosiasi).
§  Siswa menandai jadwal ketika boleh bermain dengan huruf spidol berwarna biru (mengasosiasi).
§  Siswa mengamati gambar seri tentang pola permainan manipulatif (mengamati).
§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diarahkan oleh guru untuk berdiskusi dengan bertanggung jawab (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang diberikan (menalar).
§  Siswa menceritakan contoh sikap kerjasama dalam gambar permainan yang diamati (menalar).
§  Siswa membaca petunjuk sederhana berkaitan dengan sikap yang harus dilakukan dalam permainan pecah piring (mengamati).
§  Siswa diberi arahan oleh guru untuk melakukan kegiaan bermain Pecah Piring dengan percaya diri (mengamati).
§  Siswa bermain piring pecah secara bersama-sama (mengumpulkan informasi).
§  Siswa melakukan gerak manipulatif dalam permainan tradisional yaitu pecah piring (mengumpulkan informasi).
§  Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan keberagaman kegemaran teman-teman satu kelas (menanya).
§  Siswa melengkapi kalimat rumpang tentang sikap dalam permainan pecah piring (mengasosiasi).
§  Siswa menceritakan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan sekolah dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran saat bermain (mengomunikasikan).
§  Siswa diberi arahan oleh guru melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar konsep pola gerak manipulatif yang akan dipasangkan (mengamati).
§  Siswa memasangkan gambar dengan keterangan di sebelah kanan pada buku masing-masing (mengasosiasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks Permainan Pecah Piring.
¡  Gambar pola gerak manipulatif dalam permainan.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar konsep pola gerak manipulatif
Banyak soal : 3 buah

Kunci jawaban : (skor 100)
1) Tidak terlaksana dengan baik.
2) Saling Bekerjasama.
3) Jawaban bervariasi sesuai dengan pendapat siswa. Seperti : bekerjasama dalam permainan bola kasti saat salah satu pemain memukul dan pemain lain siap berlari di base masing-masing.

b.   Memasangkan gambar dengan keterangannya tentang pola gerak manipulatif
Banyak soal : 5 buah

Kunci jawaban :
Gambar 134 – b (skor 20)
Gambar 135 – a (skor 20)
Gambar 136 – e (skor 20)
Gambar 137 – d (skor 20)
Gambar 138 – e (skor 20)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja
a.   Rubrik Penilaian Membaca Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan


b.   Rubrik Penilaian Menulis Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema

Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema

Sebagian besar karangan sesuai judul atau tema
Sebagian kecil karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi karangan belum sesuai

2.
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
Menggunakan semua EYD yang diharapkan

Menggunakan 3 EYD yang diharapkan

Menggunakan 2 EYD yang diharapkan

Menggunakan 1 EYD yang diharapkan



c.   Membuat Penilaian Jadwal Harian Berdasarkan Aktifitas Siswa

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian Jadwal harian aktifitas bermain dengan topik
Jadwal harian aktifitas bermain sangat sesuai dengan topik
Jadwal harian aktifitas bermain sesuai dengan topik
Jadwal harian aktifitas bermain kurang sesuai dengan topik
Jadwal harian aktifitas bermain tidaksesuai dengan topik
2.
Kerapian dan kebersihan kerja dalam membuat jadwal harian aktifitas bermain
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan sangat rapi dan sangat bersih
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan rapi dan bersih

Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan kurang rapi dan kurang bersih
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan tidak rapi dan tidak bersih

d.   Rubrik Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin dan Kegemaran
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume suara.
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas

Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

Penilaian : Lembar pengamatan/observasi
e.   Lembar Pengamatan Melakukan Permainan Pecah Piring dengan Variasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Melempar bola ke arah tumpukan piring / lawan


2.
Menangkap pola yang dilambungkan lawan dengan benar


3.
Menunjukkan sikap bekerjasama dalam permainan



Hasil Pengamatan Permainan Pecah Piring dengan Melakukan Variasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar