RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan
memperhatikan tempo gerak
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung
atau dengan media rekam
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.1.2
Mengidentifikasi konsep gerak variasi
pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
4.1.2
Mempraktekan konsep gerak variasi pola
gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan.
Bahasa
Indonesia
3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
PPKn
3.3.9
Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
3.3.11 Mengidentifkasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan suku bangsa
4.3.8
Menerima keberagaman teman bermain di
sekitar rumah
SBdP
3.3.1
Mengelompokkan berbagai gerak dengan
memerhatikan tempo gerak
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui koordinasi
gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan menggunakan media rekam.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar menirukan gerakan bebek
berjalan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui koordinasi gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
¡ Dengan menirukan gerakan, siswa dapat mengelompokkan
berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak dengan teliti.
¡ Dengan menirukan gerakan itik berjalan, siswa dapat
mengidentifikasi konsep gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan dengan
teliti.
¡ Dengan instruksi guru, siswa dapat mempraktekkan konsep
gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar dan balon percakapan tentang
permintaan maaf, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan
teman dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan memaknai isi teks percakapan, siswa dapat
menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan
teliti.
¡ Dengan menuliskan pengalaman, siswa dapat menerima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Gerakan bermain melalui koordinasi anggota tubuh.
¡ Mengelompokkan berbagai gerakan.
¡ Mengidentifikasi konsep variasi pola gerak dasar lokomotor.
¡ Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor.
¡ Manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡ Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan kegemaran.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan suku bangsa.
¡ Menerima keberagaman teman di sekitar rumah.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar anak menirukan gerakan bebek dengan
teliti (mengamati).
§
Bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menalar dan
mengomunikasikan).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
§
Guru memberikan contoh menirukan gerakan bebek berjalan.
§
Siswa diajak melakukan gerakan-gerakan yang sudah
diajarkan pada pembelajaran 2, yaitu gerakan langkah ke depan, langkah ke
belakang, lari ke depan, ke belakang, ke samping (mencoba).
§
Selain itu, dibimbing gerakan lompat ke depan, ke
belakang, dan ke samping (mencoba).
§
Setelah gerakan dapat dilakukan dengan baik, siswa diajak
untuk melakukan gerakan menirukan bebek berjalan (mencoba).
§
Siswa diajak melakukan gerakan dengan memperhatikan
koordinasi gerakan kepala, kaki, tangan, dan badan. Gerakan dipandu hitungan
ritmik (mencoba).
§
Bila sudah kompak, gerakan dapat dilakukan dengan iringan
musik atau dengan menyanyikan lagu “Potong Bebek Angsa”.
§
Setelah beraktivitas, tanyakan kepada siswa:
-
Bagaimana jika gerakan tidak kompak?
-
Bagaimana jika ada yang salah geraknnya?
§
Siswa mengamati gambar percakapan tentang permintaan maaf
(mengamati).
§
Siswa diarahkan membaca dan menemukan makna yang
terkandung dalam teks percakapan (menalar).
§
Bertanya jawab tentang teks percakapan.
§
Siswa memberikan tanggapan terhadap teks percakapan
dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar tentang permohonan maaf dengan
teliti (mengamati).
§
Siswa membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
(mencoba).
§
Siswa menukar pertanyaan yang dibuat kepada temannya
(menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
§
Siswa mengidentifikasi perilaku yang mengharuskan
seseorang meminta maaf (menalar)
§
Siswa menjelaskan manfaat meminta maaf dari perilaku yang
salah (mengomunikasikan)
§
Siswa membaca teks bacaan tentang berlatih menari yang
mencangkup materi permintaan maaf dan keberagaman suku bangsa (mengumpulkan
informasi)
§
Siswa bertanya kepada teman tentang keberagaman suku
bangsa (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannnya
(mengomunikasikan).
§
Siswa diajak menulis nama teman dan suku bangsanya
§
Siswa membaca tulisan yang telah dibuat.
§
Bertanya jawab tentang pengalaman dalam permintaan maaf
kepada teman.
§
Siswa menuliskan pengalaman masing-masing dengan huruf
lepas.
§
Setelah menulis dengan huruf lepas, diarahkan untuk
menulis dengan huruf tegak bersambung pada kolom yang disediakan.
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§
Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar berbagai gerakan tari
¡ Teks percakapan disertai gambar
¡ Teks bacaan “Berlatih Menari”
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan bar dengan bahasa sendiri
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar
Periksa
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai (P)
|
Tidak Ter-capai (P)
|
Tercapai (P)
|
Tidak Ter-capai (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
3. Keterampilan
a. Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan
Iringan Musik
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
|
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai iringan musik
|
|
|
Hasil Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan
Iringan Musik
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
b. Menulis Kalimat Sesuai Gambar
Rubrik Menulis Kalimat Sesuai Gambar
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kesesuaian kalimat dengan gambar
|
Kalimat efektif dan sesuai dengan gambar
|
Kalimatsesuai dengan gambar, namun kurang efetif
|
Kalimat kurang sesuai dengan gambar
|
Kalimat tidak sesuai dengan gambar
|
2
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda
titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
c. Membaca Teks Berlatih Menari
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membaca Teks Berlatih Menari
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lancar
|
Siswa mampu membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
|
Siswa kurang mampu membaca.
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Lafal
|
Teks dilafalkan dengan tepat
dan jelas
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
3.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
d. Menulis Pengalaman tentang Berbuat Salah kepada Teman
Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Pengalaman tentang Berbuat
Salah kepada Teman Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
|
Seluruh karangan yang ditulis sesuai tema
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai tema
|
Seluruh isi teks belum sesuaidengan tema
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
|
4
|
Tampilan
|
Tulisan jelas, rapi, dan bersih
|
Tulisan jelas, tetapi kurang rapi atau bersih
|
Tulisan kurang jelas
|
Tulisan tidak bisa dibaca
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar