Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 2 (Hidup Rukun dengan Teman Bermain) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 2                   :     Hidup Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe           :     5
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

SBdP
3.3    Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
4.11       Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.1.2   Mengidentifikasi konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
4.1.2   Mempraktekan konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan.

Bahasa Indonesia
3.5.11 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

PPKn
3.3.9   Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
3.3.11 Mengidentifkasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa
4.3.8   Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah

SBdP
3.3.1   Mengelompokkan berbagai gerak dengan memerhatikan tempo gerak
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan menggunakan media rekam.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar menirukan gerakan bebek berjalan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
¡  Dengan menirukan gerakan, siswa dapat mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak dengan teliti.
¡  Dengan menirukan gerakan itik berjalan, siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan dengan teliti.
¡  Dengan instruksi guru, siswa dapat mempraktekkan konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar dan balon percakapan tentang permintaan maaf, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
¡  Dengan memaknai isi teks percakapan, siswa dapat menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan teliti.
¡  Dengan menuliskan pengalaman, siswa dapat menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Gerakan bermain melalui koordinasi anggota tubuh.
¡  Mengelompokkan berbagai gerakan.
¡  Mengidentifikasi konsep variasi pola gerak dasar lokomotor.
¡  Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor.
¡  Manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡  Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan kegemaran.
¡  Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan suku bangsa.
¡  Menerima keberagaman teman di sekitar rumah.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar anak menirukan gerakan bebek dengan teliti (mengamati).
§  Bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menalar dan mengomunikasikan).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
§  Guru memberikan contoh menirukan gerakan bebek berjalan.
§  Siswa diajak melakukan gerakan-gerakan yang sudah diajarkan pada pembelajaran 2, yaitu gerakan langkah ke depan, langkah ke belakang, lari ke depan, ke belakang, ke samping (mencoba).
§  Selain itu, dibimbing gerakan lompat ke depan, ke belakang, dan ke samping (mencoba).
§  Setelah gerakan dapat dilakukan dengan baik, siswa diajak untuk melakukan gerakan menirukan bebek berjalan (mencoba).
§  Siswa diajak melakukan gerakan dengan memperhatikan koordinasi gerakan kepala, kaki, tangan, dan badan. Gerakan dipandu hitungan ritmik (mencoba).
§  Bila sudah kompak, gerakan dapat dilakukan dengan iringan musik atau dengan menyanyikan lagu “Potong Bebek Angsa”.
§  Setelah beraktivitas, tanyakan kepada siswa:
-       Bagaimana jika gerakan tidak kompak?
-       Bagaimana jika ada yang salah geraknnya?
§  Siswa mengamati gambar percakapan tentang permintaan maaf (mengamati).
§  Siswa diarahkan membaca dan menemukan makna yang terkandung dalam teks percakapan (menalar).
§  Bertanya jawab tentang teks percakapan.
§  Siswa memberikan tanggapan terhadap teks percakapan dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar tentang permohonan maaf dengan teliti (mengamati).
§  Siswa membuat pertanyaan dari gambar yang diamati (mencoba).
§  Siswa menukar pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi perilaku yang mengharuskan seseorang meminta maaf (menalar)
§  Siswa menjelaskan manfaat meminta maaf dari perilaku yang salah (mengomunikasikan)
§  Siswa membaca teks bacaan tentang berlatih menari yang mencangkup materi permintaan maaf dan keberagaman suku bangsa (mengumpulkan informasi)
§  Siswa bertanya kepada teman tentang keberagaman suku bangsa (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannnya (mengomunikasikan).
§  Siswa diajak menulis nama teman dan suku bangsanya
§  Siswa membaca tulisan yang telah dibuat.
§  Bertanya jawab tentang pengalaman dalam permintaan maaf kepada teman.
§  Siswa menuliskan pengalaman masing-masing dengan huruf lepas.
§  Setelah menulis dengan huruf lepas, diarahkan untuk menulis dengan huruf tegak bersambung pada kolom yang disediakan.
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§  Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar berbagai gerakan tari
¡  Teks percakapan disertai gambar
¡  Teks bacaan “Berlatih Menari”

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
Kriteria
Tercapai
Ya
tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan bar dengan bahasa sendiri


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Tercapai (P)
Tidak Ter-capai (P)
Tercapai (P)
Tidak Ter-capai (P)
1.
Ekal




2.
Aisy




3.
Zidan




4.
………






3.   Keterampilan
a. Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
Penilaian: Observasi (Pengamatan)

Lembar Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai iringan musik



Hasil Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan dengan Iringan Musik
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







b. Menulis Kalimat Sesuai Gambar
Rubrik Menulis Kalimat Sesuai Gambar
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Kesesuaian kalimat dengan gambar

Kalimat efektif dan sesuai dengan gambar
Kalimatsesuai dengan gambar, namun kurang efetif
Kalimat kurang sesuai dengan gambar
Kalimat tidak sesuai dengan gambar

2
Penggunaan huruf besar dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

c. Membaca Teks Berlatih Menari
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Membaca Teks Berlatih Menari
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lancar
Siswa mampu membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
Siswa kurang mampu membaca.

Siswa belum mampu membaca teks
2.
Lafal
Teks dilafalkan dengan tepat dan jelas
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.

Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

d. Menulis Pengalaman tentang Berbuat Salah kepada Teman Menggunakan Huruf Tegak Bersambung
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Menulis Pengalaman tentang Berbuat Salah kepada Teman Menggunakan Huruf Tegak Bersambung

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
Seluruh karangan yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai tema
Seluruh isi teks belum sesuaidengan tema
3
Penulisan

Penulisan kata sudah tepat

Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
4
Tampilan

Tulisan jelas, rapi, dan bersih
Tulisan jelas, tetapi kurang rapi atau bersih
Tulisan kurang jelas

Tulisan tidak bisa dibaca



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….


Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.





Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar