Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 3 (Hidup Rukun di Sekolah) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 3                   :     Hidup Rukun di Sekolah
PembelajaranKe           :     5
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.6    Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.6.2   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama ( ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik
3.6.4   Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar nonlokomotor sesuai irama ( ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik
4.6.3   Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik.
4.6.4   Melangkah keberbagai arah sesuai irama dengan iringan musik
4.6.5   Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik

Bahasa Indonesia
3.5.11 Menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.

PPKn
3.3. 7 Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa
3.3.8   Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita.
4.3.4   Menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar senam irama dengan iringan musik, siswa dapat mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡  Dengan mengamati gambar senam irama dengan iringan musik, siswa dapat mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat bergerak bebas meng-ikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar gerakan gajah malenggang, siswa dapat melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik dengan percaya diri.
¡  Dengan bermain membisikan kalimat, siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat pertanyaan dengan huruf tegak bersambung secara rapi berdasarkan kalimat yang dibisikkan dengan teliti.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat dengan teliti.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa dengan santun
¡  Dengan mengamati gambar aktivitas jasmani, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dengan teliti.
¡  Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan teliti dan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan tentang cita-citanya di depan kelas dengan percaya diri.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik.
¡  Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar.
¡  Melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik.
¡  Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa.
¡  Menunjukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.
¡  Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita.
¡  Menceritakan tentang cita-citanya di depan kelas.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik dengan teliti.
§  Siswa mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar dengan santun (menanya).
§  Siswa mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (menalar).
§  Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan bimbingan guru (mencoba).
§  Siswa mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar dengan bimbingsn guru (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar gerakan gajah malenggang (mengamati).
§  Siswa mendengarkan petunjuk guru tentang permainan gajah malenggang (mengamati).
§  Siswa menirukan gerakan gajah malenggang diiringi musik (mencoba).
§  Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan membisikan kalimat secara berkelompok dengan percaya diri.
§  Siswa dibagi ke dalam tiga kelompok dan berbaris dengan rapi (mencoba)
§  Siswa melakukan permainan membisikan kalimat secara berkelompok berdasarkan petujuk guru (mencoba).
§  Siswa menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah ketika bermain (mencoba)
§  Siswa ditugaskan guru membuat pertanyaan yang jawababnya adalah salah satu kalimat yang dibisikan (menalar).
§  Siswa menuliskan pertanyaan dengan huruf tegak bersambung secara rapi dengan menggunakan kalimat tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana (menalar).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat (menalar).
§  Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa (menalar).
§  Siswa mengamati gambar aktivitas jasmani (mengamati).
§  Siswa menceritakan tentang gambar aktivitas jasmani (mengkomunikasikan).
§  Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan gambar (menalar)
§  Siswa menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman (menalar).
§  Siswa menujukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk menceritakan cita-citanya di depan kelas dengan bahasa yang santun.
§  Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita (menalar).
§  Siswa menceritakan cita-citanya di depan kelas (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar siswa senam dengan iringan musik.
¡  Gambar gerakan gajah malenggang.
¡  Gambar tiga kelompok anak berbaris rapi.
¡  Gambar aktivitas jasmani.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar orang sedang melakukan aktivitas jasmani.
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 1 buah

Kunci jawaban
Badan terasa sehat dan bersemangat

b.   Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 3 buah

Kunci jawaban
1. Nama teman-teman dalam kelompok ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
2. Jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa
3. Senang, ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)

c.   Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar orang sedang melakukan aktivitas jasmani
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 2 buah

Kunci jawaban:
1. Memutar badan dengan hati-hati agar tidak menyentuh tangan teman
2. Menolong teman jatuh dan meinta maaf

3.   Penilaian Keterampilan
a.   Rubrik Penilaian Gerakan Bersama sesuai dengan Irama (Ketukan)dengan Iringan Musik.

Penilaian: Pengamatan (Observasi).
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan.


3.
Siswa mampu bergerak bebas mengikuti irama ketukan den­gan iringan musik .


4.
Siswa mampu melangkah ke berbagai arah susuai dengan iringan musik.


5.
Siswa mampu melakukan gerakan gajah Malenggang


6.
Siswa mampu mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik



Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Bersama sesuai dengan Irama Ketukan dengan Iringan Musik.
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







b.   Penilaian: Observasi (pengamatan)

Lembar Pengamatan Membuat Pertanyaan berdasarkan jawaban pada permainan membisikkan kalimat.
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda baca pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan jawaban


4.
Menggunakan kata tanya yang ber­variasi



Hasil Pengamatan Membuat Pertanyaan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







c.   Penilaian : Lembar pengamatan/obseravi

Rubrik Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam Teman
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Sikap mau bermain dengan siapa saja (tidak memilih-milih teman)


2.
Sikap menghargai teman.


3.
Tidak membeda-bedakan teman


4.
Sikap menerima dengan senang hati kelebi­han dan kekurangan teman



Hasil Pengamatan Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam Teman
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………







Rubrik Menulis Kalimat Tanya dengan Huruf Tegak Bersambung
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ketepatan kalimat tanya yang digunakan
Terlihat 3 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat.
Terlihat 2 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat.
Terlihat 1 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat.
Tidak ada kalimat tanya yang digunakan dengan tepat.
2.
Kebersihan dan Kerapian tulisan tegak bersambung
Tulisan tegak bersambung yang di buat sangat bersih dan sangat rapi.
Tulisan tegak bersambung yang di buat bersih dan rapi.
Tulisan tegak bersambung yang di buat kurang bersih dan kurang rapi.
Tulisan tegak bersambung yang di buat tidak rapi dan tidak bersih.


Rubrik Menceritakan Gambar Orang Melakukan Aktivitas Jasmani
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan dalam menyesuaikan cerita dengan gambar
Siswa bercerita sesuai dengan gambar secara lancar
Setengah bagian cerita disampaikan sesuai gambar dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan sesuai gambar dengan lancar
Belum mampu bercerita sesuai gambar dengan lancar
2.
Volume suara.
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas

Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

Rubrik Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.

Tanpa intonasi.

4.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.

Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar