Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 3 (Hidup Rukun di Sekolah) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 3                   :     Hidup Rukun di Sekolah
PembelajaranKe           :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5    Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.6   Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
4.1.4   Menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu.

Bahasa Indonesia
3.5.7   Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.4   Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemejemukan teman.

PPKn
3.3.6   Mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3   Menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat.

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmik.
4.5.1   Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.




D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan teks bacaan, siswa dapat menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan kerukunan Udin dan Beni dengan teliti.
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmik dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan secara lisan isi lagu menggunakan bahasa daerah dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan teks lagu Peramah dan Sopan, siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat dengan percaya diri.
¡  Dengan cerita lisan, siswa dapat menulis kesimpulan isi lagu dengan menggunakan tulisan tegak bersambung dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca puisi sahabat di depan kelas dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati teks puisi, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak dengan teliti.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu secara teliti.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan arti kata sahabat dengan teliti dan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (pendiam, ramah, suka menolong, dan sabar) dengan cermat.
¡  Dengan mengamati teks permintaan maaf, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun dan percaya diri.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Teks hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.
¡  Teks isi lagu menggunakan bahasa daerah.
¡  Teks perilaku rukun dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat.
¡  Membaca puisi sahabat di depan kelas.
¡  Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
¡  Menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola tertentu.
¡  Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati media gambar pada buku dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati media gambar pada buku (mengamati).
§  Siswa membaca teks hidup rukun dalam kemajemukan teman (mengamati).
§  Guru membimbing siswa bertanya dengan percaya diri.
§  Siswa membuat kartu tanya jawab (mencoba).
§  Siswa menuliskan pertanyaan pada kartu tanya jawab berdasarkan teks (mencoba).
§  Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman berdasarkan bimbingan guru (mencoba).
§  Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan temannya (menalar).
§  Siswa melakukan tanya jawab mengidentifikasi contoh sikap rukun dalam kemajemukan teman (menanya).
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Peramah dan Sopan menggunakan pola irama yang bervariasi dengan percaya diri.
§  Siswa mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmik (menalar).
§  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan pola irama yang bervariasi (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan dengan teliti.
§  Siswa melakukan tanya jawab untuk menceritakan secara lisan isi lagu menggunakan bahasa daerah masing-masing (menanya).
§  Siswa menceritakan perilaku rukun dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan kesimpulan isi lagu dengan huruf tegak bersambung secara rapi (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk membaca puisi sahabat di depan kelas dengan santun.
§  Siswa membaca puisi sahabat di depan kelas (mencoba).
§  Guru membimbing siswa membandingkan dua kumpulan benda dengan teliti.
§  Siswa mengamati media teks puisi dan gambar balok dienes pada buku (mengamati).
§  Siswa membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak (menalar).
§  Siswa menuliskan beberapa deret bilangan dengan pola +7 (mencoba).
§  Siswa menentukan pola bilangan dari baris bilangan tertentu (mencoba).
§  Siswa melakukan tanya jawab untuk menyebutkan arti kata sahabat (menanya).
§  Siswa mengidentifikasi keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (pendiam, ramah, suka menolong, dan sabar) (menalar).
§  Siswa mengamati media gambar permohonan maaf (mengamati).
§  Siswa membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman (mencoba).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar Udin dan Beni saling berbagi bekal.
¡  Teks lagu peramah dan sopan.
¡  Teks puisi sahabat.
¡  Balok dienes/satuan untuk membandingkan kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak.
¡  Kartu deret bilangan.
¡  Teks permintaan maaf.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skoring
a.   Membandingkan dua kumpulan benda lebih banyak atau lebih sedikit.
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Banyak soal : 2 buah (skor 100)

Kunci jawaban

Bait Pertama
Bait Kedua
Banyak Kata
16
18
Banyak huruf
112
93
Jadi :
Banyak bilangan baik kedua lebih banyak daripada bait pertama.
Banyak huruf pada bait pertama lebih banyak dari pada banyak huruf pada bait ke dua.

b.   Melengkapi barisan bilangan dengan pola +7.
Instrumen penilaian : tes tertulis
Banyak soal : 5 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
1. 47 54 61 68 75
2. 46 53 60 67 74
3. 50 57 64 71 78
4. 50 57 64 71 78
5. 60 67 73 80 87

c.   Menentukan pola bilangan dari barisan bilangan tertentu.
Instrumen penilaian : tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)

Kunci jawaban :
1. 77      79        86        88        95
+2  +7 +2 +7

2. 74      80        82        88        90
+6 +2 +6 +2


3.   Keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja


Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Hidup Rukun
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan




Rubrik Penilaian Menulis Kesimpulan Isi Lagu dengan Menggunakan Tulisan tegak bersambung
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai

2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata
35 sampai 49 kata

15 sampai 34 kata

kurang dari 15 kata

3.
Tulisan yang digunakan
Menggunakan tulisan tegak bersambung yang halus dan indah

Menggunakan tulisan tegak bersambung yang halus tapi kurang indah
Menggunakan tulisan tegak bersambung yang kasar tapi indah
Tidak menggunakan tulisan tegak bersambung

Rubrik Penilaian Menyanyi Lagu Peramah dan Sopan dengan Memainkan Alat Musik Ritmik
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembang-kan ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disaji­kan, tapi tidak mampu untuk mengembang­kan
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.

Rubrik Penilaian Membaca Puisi Sahabat
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan teks secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan teks namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan teks.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Lafal
teks dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.

Tanpa intonasi.



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar