RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain
di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Matematika
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan strategi
pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.5
Mengidentifikasi berbagai aktivitas
bermain di lingkungan sekolah.
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang
aktivitas bermain di lingkungan rumah sekolah dengan memperhatikan penulisan
EYD.
PPKn
3.3.5
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6
Menyebutkan keberagamn teman-teman satu
kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.4
Menceritakan perilaku rukun dengan teman
di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran.
Matematika
3.2.5
Menentukan gambar yang bersesuaian
dengan pembagian yang ditentukan.
4.2.2
Menaksir hasil bagi bilangan terdiri
dari dua angka dengan bilangan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke
puluhan terdekat.
SBdP
3.2.1
Mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa (poster).
3.2.2
Mengelompokkan benda-benda yang bisa
digunakan dalam menciptakan karya seni rupa (poster).
4.13.1 Membuat gambar imajinatif berupa poster dengan
memanfaatkan bergam media di lingkungan sekolah.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan media gambar, siswa dapat mengamati gambar pada
teks percakapan dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membaca
percakapan dengan suara nyaring dan menarik dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan yang telah dibaca, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekolah dengan
cermat.
¡ Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat
menyebutkan keberagaman jenis kelamin pada teks dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan diskusi dan mengamati teks percakapan, siswa
dapat menuliskan nama permainan kegemaran berdasarkan teks percakapan dengan
cermat.
¡ Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan,
siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda
jenis kelamin dan kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengisi tabel
permainan kegemaran teman-teman satu kelas dengan cermat.
¡ Dengan tabel permainan kegemaran teman sekelas yang
dibuat, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan
jenis kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan tabel permainan kegemaran teman sekelas yang
dibuat, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan
kegemaran dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan
perilaku rukun dengan teman di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran
dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis
cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain berdasarkan teks percakapan
dengan EYD yang benar dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan gambar
yang bersesuaian dengan pembagian yang ditentukan dengan cermat.
¡ Dengan penugasan dan bimbingan guru, siswa dapat
menaksir hasil bagi bilangan terdiri dari dua angka dengan bilangan satu angka
(kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa (poster) di lingkungan sekolah dengan
cermat .
¡ Dengan mengamati lingkungan, siswa dapat mengelompokkan
benda-benda yang bisa digunakan dalam mencipta karya senirupa (poster) dengan
percaya diri.
¡ Dengan memanfaatkan beragam media dilingkungan, siswa
dapat menggambar imajinatif berupa poster dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar imajinatif yang telah diwarnai,
siswa dapat menceritakan gambar ke depan kelas dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di
lingkungan sekolah.
¡ Menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain.
¡ Menyebutkan keberagaman teman sekelas berdasarkan jenis
kelamin dan kegemaran/hobi.
¡ Menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah.
¡ Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan berbagai media
di lingkungan sekolah.
¡ Menentukan gambar yang bersesuaian dengan pembagian yang
ditentukan.
¡ Menaksir hasil bagi bilangan .
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar.
§ Siswa membaca teks bermain di lingkungan sekolah yang ada
pada buku (mengamati).
§ Siswa diarahkan oleh guru untuk melakukan kegiatan
bertanya tentang kegiatan bermain di lingkungan sekolah dengan cara
menuliskan pertanyaan dan jawabannya dengan cermat.
§ Siswa menuliskan pertanyaan berdasarkan gambar yang
diamati pada buku (menanya).
§ Siswa mengamati gambar pada teks percakapan dengan
bimbingan guru (mengamati).
§ Siswa membaca teks percakapan dengan percaya diri di
depan kelas dengan suara nyaring dan menarik di depan kelas (mengamati).
§ Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain di
lingkungan sekolah (mengumpulkan informasi).
§ Siswa melakukan kegiatan diskusi dengan cernat
(mengumpulkan informasi).
§ Siswa menyebutkan keberagaman jenis kelamin pada teks
(mengomunikasikan).
§ Siswa menuliskan nama permainan kegemaran berdasarkan
teks percakapan (mengumpulkan informasi).
§ Siswa menjawab pertanyaan pada buku teks (mengasosiasi).
§ Siswa menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah
yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran berdasarkan pertanyaan pada buku
teks (mengomunikasikan).
§ Siswa mengisi tabel permainan kegemaran teman-teman satu
kelas (mengasosiasi).
§ Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan jenis kelamin (mengomunikasikan).
§ Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan kegemaran (mengomunikasikan).
§ Siswa menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah
yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran (mengomunikasikan).
§ Siswa dibimbing dan diarahkan menulis cerita narasi
dengan cermat.
§ Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas
bermain berdasarkan teks percakapan dengan EYD yang benar (mengomunikasikan).
§ Siswa mengamati gambar dengan cermat (mengamati).
§ Siswa melingkari gambar menjadi kelompok-kelompok sesuai
pembagian yang ditentukan (mengasosiasi).
§ Siswa mencari benda-benda yang dapat digunakan dalam
kegiatan mengelompokkan benda (mengasosiasi).
§ Siswa menuliskan proses pembagian yang sesuai dengan
pengelompokkan benda (mengomunikasikan).
§ Siswa menaksir hasil bagi bilangan terdiri dari dua angka
dengan bilangan satu angka (kurang dari 5) dengan pembulatan ke puluhan
terdekat (mencoba).
§ Siswa diarahkan oleh guru melakukan kegiatan berkreasi
dengan percaya diri.
§ Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dilingkungan sekolah
yang dapat digunakan dalam membuat karya seni rupa (poster) (mengamati).
§ Siswa mengelompokkan benda-benda yang dapat digunakan
untuk mencipta karya senirupa (poster) (mengasosiasi).
§ Siswa menggambar imajinatif poster dengan memanfaatkan
beragam media di lingkungan sekolah (mengasosiasi).
§ Siswa menceritakan hasil karyanya di depan kelas
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar Beni bermain bola di halaman sekolah dan teman-teman
lain bermain lompat tali.
¡ Gambar Beni berdiri dengan teman-teman di dalam kelas.
¡ Teks percakapan bermain di sekolah.
¡ Gambar berkaitan dengan operasi pembagian (balpoin,
ransel, botol plastik mineral, dan kertas).
¡ Kertas HVS, pensil warna, pensil dan penghapus
(menggambar poster).
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Menulis pertanyaan dan jawaban bermain di Lingkungan sekolah
berdasarkan gambar.
Banyak soal : 2 buah
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 50)
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 50)
a. Mengisi tabel permainan berdasarkan teks
Percakapan.
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban :
1. Benteng-bentengan
(skor 25)
2. Congklak (skor 25)
3. Kayu malele (skor
25)
4. Bersatu (skor 25)
b. Mengisi tabel permainan berdasarkan
teman-teman sekelas.
Banyak soal : 5 buah
Kunci jawaban :
1. Jawaban disesuaikan
dengan pendapat siswa (skor 20)
2. Jawaban disesuaikan
dengan pendapat siswa (skor 20)
3. Jawaban disesuaikan
dengan pendapat siswa (skor 20)
4. Jawaban disesuaikan
dengan pendapat siswa (skor 20)
5. Jawaban disesuaikan
dengan pendapat siswa (skor 20)
c. Menyelesaikan operasi pembagian dengan bantuan
gambar.
Banyak soal : 4 buah
Kunci jawaban operasi pembagian
1. 3 (skor 25)
2. 8 (skor 25)
3. Jawaban bervariasi,
seperti : (pilih salah satu jawaban) (skor 25).
30 : 3 = 10 3
dilingkari
30 : 10 = 3 10
dilingkari
30 : 2 = 15 2
dilingkari
30 : 15 = 2 15
dilingkari
Jawaban disesuiakan dengan jenis gambar dan jumlah yang dibuat
siswa (skor 25)
d.
Menaksir hasil pembagian.
Banyak soal : 3 buah
Skor maksimal : 3
Kunci jawaban operasi pembagian
1. 10 (skor 1)
2. 10 (skor 1)
3. 10 (skor 1)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian
Kemampuan Membaca Teks Percakapan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
3.
|
Suara saat membaca teks
|
Suara siswa sangat nyaring dan sangat menarik saat
membaca teks percakapan
|
Suara siswa nyaring dan menarik saat membaca teks percakapan
|
Suara siswa kurang nyaring dan kurang menarik saat
membaca teks percakapan
|
Suara siswa tidak nyaring dan tidak menarik saat
membaca teks percakapan
|
b. Rubrik Penilaian
Menulis Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Penggunaan EYD (tanda titik, tanda tanya, tanda seru,
dan tanda kapital)
|
Menggunakan semua EYD yang diharapkan (tanda titik,
tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
|
Menggunakan 3 EYD dai 4 EYD yang diharapkan (tanda
titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
|
Menggunakan 2 EYD dari 4 EYD yang diharapkan (tanda
titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
|
Menggunakan 1 EYD dari 4 EYD yang diharapkan (tanda
titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kapital)
|
c. Rubrik
Penilaian Membuat Gambar Imajinatif berupa Poster dengan Memanfaatkan Beragam
Media di Lingkungan Sekolah
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Komposisi gambar
|
siswa mampu menggambar dengan hasil gambar sangat
seimbang kiri dan kanan tanpa bimbingan guru
|
siswa mampu menggambar dengan hasil gambar seimbang
kiri dan kanan dengan bimbingan guru
|
Siswa mampu menggambar namun hasilnya kurang seimbang
kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru.
|
Siswa mempu menggambar namun hasil gambar tidak
seimbang kiri dan kanan walaupun dengan bimbingan guru
|
2.
|
Proporsi gambar
|
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang sangat
sesuai.
|
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang cukup
sesuai.
|
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang kurang
sesuai.
|
Terlihat hasil gambar mempunyai proporsi yang tidak
sesuai.
|
3.
|
Memanfaatkan media dari lingkungan
|
Siswa sangat memanfaatkan media dari lingkungan
|
Siswa memanfaatkan media dari lingkungan
|
Siswa kurang memanfaatkan media dari lingkungan
|
Siswa tidak memanfaatkan media dari lingkungan
|
4.
|
Kerapian dan kebersihan dalam menggambar
|
Gambar yang dibuat sangat rapi serta bersih pada
bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat rapi serta sedikit bersih pada
bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat kurang rapi serta kurang bersih
pada bidang dasaran
|
Belum mampu menggambar dengan rapi dan bersih
|
d. Rubrik
Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin
dan Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Sebagian besar cerita disampaikan dengan lancar
|
Sebagian kecil cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar